Suka Matematika dan Pemetaan? Jurusan Geodesi Bisa Jadi Pilihan. Bagi Sobat Phi yang masih menimbang-nimbang ingin masuk jurusan apa saat di perguruan tinggi, ada salah satu jurusan kuliah yang menarik untuk dikulik lebih lanjut. Apalagi bagi Sobat Phi yang berminat di dunia pemetaan.

Adapun Geodesi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan perepresentasian dari bumi dan benda-benda langit lainnya. Termasuk medan gaya beratnya masing-masing, dalam ruang tiga dimensi yang berubah dengan waktu.



Melansir laman kagama.co, Sabtu (13/2/2021), Ketua Departemen Teknik Geodesi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Prijono Nugroho Djojomartono memberikan sedikit penjelasan tentang jurusan Geodesi dan prospek kerjanya. Prijono mengatakan, di jurusan ini mahasiswa akan banyak dilatih menentukan posisi obyek yang kemudian direpresentasikan dalam bentuk peta. Selain posisi yang benar, penentuan skala dan kualitas peta yang dihasilkan juga harus baik. Ini yang disebut dengan informasi geospasial.

Suka Matematika dan Pemetaan? Jurusan Geodesi Bisa Jadi Pilihan

“Bidang keilmuan lain akan mengisi informasi geospasial tersebut seperti pertanian, kehutanan, ESDM, dan sebagainya. Teknik Geodesi bertugas mengolah informasi spasial tersebut untuk menghasilkan informasi baru,” kata Prijono.




Jika ingin masuk ke jurusan Geodesi, harus memiliki kemampuan matematika yang kuat sebagai dasar. Menurut Prijono, jika punya kemampuan matematika yang kuat, semua bisa ditangani. Pasalnya, positioning dan mapping perlu ketelitian yang tinggi.

Dalam praktiknya, mahasiswa Geodesi harus paham analisis geospasial, untuk menentukan kesesuaian lahan pemukiman terdapat beberapa faktor yang harus dipenuhi. Hal tersebut meliputi kelerengan, jenis tanah, ketersediaan air. Tugas mahasiswa Teknik Geodesi untuk menganalisis faktor-faktor tersebut secara spasial. Agar bisa mengetahui standar yang harus dipenuhi oleh setiap faktor tersebut.

Prijono mengungkapkan, mahasiswa Geodesi kedepannya akan lebih sering bermain dengan alat. Namun hal ini juga punya tantangan besar yakni pada perkembangan teknologi. Alat-alat pembelajaran di Teknik Geodesi tak terbilang murah. Semakin canggih, maka semakin mahal.



Padahal di sisi lain, dana dari pemerintah minim. Sehingga departemen banyak memanfaatkan alumni yang bekerja di vendor untuk menyediakan peralatan. “Improve alat merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas lulusan yang terlatih dan kompeten. Keterbatasan alat, menjadi tantangan,” beber Prijono.

Prospek Kerja Teknik Geodesi:

  • Badan Informasi Geospasial (BIG)
  • Kementerian Agraria dan Tata Ruang
  • Badan Pertahanan Nasional (BPN)
  • LAPAN

Alumni jurusan Geodesi juga menyasar di bidang konstruksi seperti:

  • Kementerian PUPR
  • PT Waskita Karya



Selain di perusahaan tersebut, ada juga lulusan Geodesi yang bekerja di bidang:

  • Tambang
  • Bank
  • Kementerian Perhubungan
  • Tenaga pengajar di berbagai universitas
  • Mendirikan perusahaan sendiri yang berorientasi pada bidang keilmuannya

“Sekarang banyak pekerjaan bagi lulusan Geodesi. Banyak tugas dan kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi. Sehingga alumni Teknik Geodesi setelah lulus, jarang ada yang menganggur,” tutup Prijono.

Sumber : Suka Matematika dan Pemetaan? Jurusan Geodesi Bisa Jadi Pilihan

https://www.kompas.com/edu/read/2021/02/13/144420871/suka-matematika-dan-pemetaan-jurusan-geodesi-bisa-jadi-pilihan?page=all

Read previous post:
bantuan-langsung-tunai-blt
Info Bansos BLT yang Cair Bulan Maret 2021

Close