Sobat Phi Kalian tahukan lubang resapan biopori? Nah, kali ini kita akan membahas tentang Sosok Inpiratif Pencetus Lubang Resapan Biopori Ir Kamir R. Brata Msc.

Sosok Inpiratif Pencetus Lubang Resapan Biopori
Ir Kamir R. Brata Msc

Bapak  Ir Kamir R. Brata Msc adalah seorang peneliti dan dosen di Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan Institut Pertanian Bogor (IPB). Beliau memiliki falsafah hidup yaitu Melestarikan lingkungan hidup tak perlu teknologi yang sulit-sulit. Berbagi kepada yang miskin juga tidak perlu menunggu kaya.

Bapak Kamir adalah seorang yang mencetuskan teknologi untuk melestarikan fauna tanah dengan lubang resapan biopori (LRB). Dari fungsi meresapkan air ke dalam tanah, LRB secara masif bisa mengurangi risiko banjir.



LRB dibuat dengan alat sederhana sehingga Bapak Kamir menyebut tidaklah perlu teknologi yang sulit untuk melestarikan lingkungan.

lubang resapan biopori (LRB) merupakan lubang silindris pada permukaan tanah. Dengan diameter yang  hanya 10 sentimeter. Kedalamannya cukup satu meter dengan pengertian lebih dari itu akan makin sedikit oksigen sehingga fauna tanah sulit bertahan hidup.

Alat pembuat LRB disusun dari batang pipa besi 3/4 inci. Pada ujung bawah diberi mata bor tanah dengan lebar sesuai dengan diameter lubang yang diinginkan. Pada bagian atas dibuat pipa melintang untuk memudahkan pegangan ketika ingin memakainya.

Pemilik rumah dapat membuat LRB pada tanah terbuka, yang sekaligus menjadi jalur masuk ke rumah. Di sini yang penting lokasi LRB disesuaikan menjadi permukaan paling rendah sehingga air hujan mengalir ke LRB. Jarak LRB satu dengan yang lain juga sangat fleksibel, bisa sampai radius 20 sentimeter dengan perkerasan bibir lubang di permukaan.

Kelebihan lain dari biopori adalah memperkaya kandungan air hujan. Bila sumber air hanya berupa air hujan tanpa tambahan apa-apa berarti kandungannya hanya H2O. Namun setelah diresapkan kedalam tanah lewat biopori yang mengandung lumpur dan bakteri, air akan melarutkan dan kemudian mengandung mineral-mineral yang diperlukan oleh kehidupan.

Sobat Phi, demikian tadi  tentang Sosok Inpiratif Pencetus Lubang Resapan Biopori Ir Kamir R. Brata Msc. semoga bermanfaat ya.

sumber : https://greenp4r4hyangan.wordpress.com/2010/07/21/ir-kamir-r-brata-msc-penemu-biopori/

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Talkshow With Maki Sugimura
Talkshow With Maki Sugimura

Spektrum Frekuensi Radio
Spektrum Frekuensi Radio

Jadwal Pelaksanaan SKD CPNS 2019 Jawa Barat
Jadwal Pelaksanaan SKD CPNS 2019 Jawa Barat

Close