Sosiologi Kelas 12 SMA – Kurikulum 2013. Di sini tempat kamu belajar ilmu Sosiologi kelas XII dengan cara yang seru! Di halaman ini, kalian akan belajar tentang materi perubahaan sosial, lembaga sosial, modernisasi, sampai globalisasi. Kalian tinggal nonton aja video-videonya, tidak usah menghafal isinya, tapi pahami konsepnya.

Sosiologi Kelas 12 SMA – Kurikulum 2013

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial antara individu dengan individu, individu dengan kolompok, dan kelompok dengan kelompok. Manusia sebagai makhluk sosial tidak pernah jauh dengan yang namaya hubungan sosial, karena bagaimanapun hubungan tersebut memengaruhi perilaku orang-orang.

Setiap masyarakat pasti mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi di masyarakat meliputi perubahan norma-norma sosial, pola-pola sosial, interaksi sosial, pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan masyarakat, serta susunan kekuasaan dan wewenang. Kingsley Davis mengatakan bahwa perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagiannya, yaitu kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat, bahkan perubahan dalam bentuk serta aturan organisasi sosial.

Simak di sini untuk persiapan Pelajaran SMA Kelas 12 – Kurikulum 2013 Revisi. Pelajari materi, latihan soal, dan pembahasan Sosiologi Kelas 12 SMA

1.Perubahan Sosial
2.Modernisasi dan Globalisasi
3.Lembaga Sosial
4.Persiapan UTS & Persiapan UAS / PAS

AKIBAT PERUBAHAN SOSIAL

Masyarakat merupakan sebuah sistem, apabila salah satu unsurnya tidak berfungsi dengan baik, keseimbangan sistem akan terganggu secara keseluruhan. Ketidakseimbangan sistem ini akan mengakibatkan timbulnya disorganisasi sosial yang lama kelamaan akan berubah menjadi disintegrasi sosial. Soerjono Sekanto mengatakan bahwa disorganisasi atau disintegrasi sosial adalah proses berpudarnya norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarakat karena perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan.

Apabila terjadi disintegrasi sosial, situasi dalam masyarakat tersebut lama kelamaan akan menjadi chaos (kacau). Pada keadaan demikian akan dijumpai anomie (tanpa aturan), yaitu suatu keadaan di saat masyarakat tidak mempunyai pegangan mengenai apa yang baik dan buruk, dan tidak bisa melihat batasan apa yang benar dan salah.

Proses disintegrasi sebagai akibat perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat antara lain dapat berbentuk:

  1. Pergolakan daerah
  2. Aksi protes dan demonstras
  3. Kriminalitas
  4. Kenakalan remaja

Sosiologi Kelas 12 SMA – Kurikulum 2013

Sumber Link
https://www.zenius.net/cg/1039/sosiologi-kelas-12-sma-kurikulum-2013

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Soal dan Jawaban SMP SMA Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Jumat 7 Agustus 2020
Soal dan Jawaban SMP SMA Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Jumat 7 Agustus 2020

Cloud Bread Bagus untuk Diet
Cloud Bread Bagus untuk Diet

Fitur Baru Kelas Pintar Diklaim Seperti Belajar di Sekolah
Fitur Baru Kelas Pintar Diklaim Seperti Belajar di Sekolah

Close