SOAL Ujian Pengetahuan Umum Paskibraka 2023 Disertai Jawaban Lengkap. Dapatkan contoh soal dan jawaban materi pengetahuan umum Paskibraka 2023 secara lengkap dan juga terbaru. Bisa juga konvensi dalam PDF soal lengkap jawaban tentang pengetahuan umum Paskibraka 2023 yang sudah disediakan ini.

Inilah soal dan kunci jawaban pengetahuan umum Paskibraka 2023 secara lengkap sebagai bahan latihan. Adapun soal dan jawaban pengetahuan umum Paskibraka 2023 akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini.

SOAL Ujian Pengetahuan Umum Paskibraka 2023 Disertai Jawaban Lengkap

Sejarah Paskibra

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka). Anggotanya berasal dari pelajar SMA Sederajat kelas 1 atau 2. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus.

Para calon dapat mempelajari contoh soal pengetahuan umum Paskibraka 2023 yang akan disajikan. Adapun contoh soal dan kunci jawaban pengetahuan umum Paskibraka 2023 bisa mempelajarinya di bawah ini:

Gagasan Paskibraka lahir pada tahun 1946, pada saat ibukota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta. Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-1, Presiden Soekarno memerintahkan salah satu ajudannya, Mayor (Laut) Husein Mutahar, untuk menyiapkan pengibaran bendera pusaka di halaman Istana Gedung Agung Yogyakarta. Pada saat itulah, di benak Mutahar terlintas suatu gagasan bahwa sebaiknya pengibaran bendera pusaka dilakukan oleh para pemuda dari seluruh penjuru Tanah Air, karena mereka adalah generasi penerus perjuangan bangsa yang bertugas.

Tetapi, karena gagasan itu tidak mungkin terlaksana, maka Mutahar hanya bisa menghadirkan lima orang pemuda (3 putra dan 2 putri) yang berasal dari berbagai daerah dan kebetulan sedang berada di Yogyakarta. Lima orang tersebut melambangkan Pancasila. Sejak itu, sampai tahun 1949, pengibaran bendera di Yogyakarta tetap dilaksanakan dengan cara yang sama.

Ketika Ibukota dikembalikan ke Jakarta pada tahun 1950, Mutahar tidak lagi menangani pengibaran bendera pusaka. Pengibaran bendera pusaka pada setiap 17 Agustus di Istana Merdeka dilaksanakan oleh Rumah Tangga Kepresidenan sampai tahun 1966. Selama periode itu, para pengibar bendera diambil dari para pelajar dan mahasiswa yang ada di Jakarta.

Baca Juga :  Info Jadwal Libur Sekolah Lebaran 2024 di 38 Provinsi

Tahun 1967, Husein Mutahar dipanggil presiden saat itu, Soeharto, untuk menangani lagi masalah pengibaran bendera pusaka. Dengan ide dasar dari pelaksanaan tahun 1946 di Yogyakarta, dia kemudian mengembangkan lagi formasi pengibaran menjadi 3 kelompok yang dinamai sesuai jumlah anggotanya, yaitu:

  • Pasukan 17 / pengiring (pemandu),
  • Pasukan 8 / pembawa bendera (inti),
  • Pasukan 45/pengawal.

Jumlah tersebut merupakan simbol dari tanggal Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 (17-8-45). Pada waktu itu dengan situasi kondisi yang ada, Mutahar hanya melibatkan putra daerah yang ada di Jakarta dan menjadi anggota Pandu/Pramuka untuk melaksanakan tugas pengibaran bendera pusaka. Rencana semula, untuk kelompok 45 (pengawal) akan terdiri dari para mahasiswa AKABRI (Generasi Muda ABRI) namun tidak dapat dilaksanakan. Usul lain menggunakan anggota pasukan khusus ABRI (seperti RPKAD, PGT, KKO, dan Brimob) juga tidak mudah. Akhirnya diambil dari Pasukan Pengawal Presiden (PASWALPRES) yang mudah dihubungi karena mereka bertugas di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta.

Mulai tanggal 17 Agustus 1968, petugas pengibar bendera pusaka adalah para pemuda utusan provinsi. Tetapi karena belum seluruh provinsi mengirimkan utusan sehingga masih harus ditambah oleh eks-anggota pasukan tahun 1967.

Pada tanggal 5 Agustus 1969, di Istana Negara Jakarta berlangsung upacara penyerahan duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan reproduksi Naskah Proklamasi oleh Suharto kepada Gubernur/Kepala Daerah Tingkat I seluruh Indonesia. Bendera duplikat (yang terdiri dari 6 carik kain) mulai dikibarkan menggantikan Bendera Pusaka pada peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1969 di Istana Merdeka Jakarta, sedangkan Bendera Pusaka bertugas mengantar dan menjemput bendera duplikat yang dikibar/diturunkan. Mulai tahun 1969 itu, anggota pengibar bendera pusaka adalah para remaja siswa SLTA se-tanah air Indonesia yang merupakan utusan dari seluruh provinsi di Indonesia, dan tiap provinsi diwakili oleh sepasang remaja putra dan putri.

SOAL Ujian Pengetahuan Umum Paskibraka 2023 Disertai Jawaban Lengkap

Cara Daftar Paskibraka 2023

Seperti diketahui, rekrutmen Pasibraka 2023 sudah dibuka dan dapat melakukan pendaftaran mulai hari ini.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Modern Warships 25 Maret 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

Dalam melakukan pendaftaran maka akan mengikuti rangkaian seleksi seperti tes yang harus diikuti antara lain, Tes Pembinaan Ideologi Pancasila, Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum, Wawancara, serta Penelusuran Minat dan Bakat.

Melansir unggahan akun Instargam @bpipri, berikut cara daftar Paskibraka 2023:

1. Kunjungi laman https://paskibraka.bpip.go.id/

2. Klik tombol ‘Daftar’

3. Isi data diri sesuai dengan KTP/KIA/KK

4. Isi alamat sekolah untuk menjadi tempat bertugas

5. Isi link profil media sosial (masuk ke profil media sosial dan copy link)

6. Isi minat dan bakat sesuai dengan kemampuan masing-masing

7. Jika sudah terisi semua, klik tombol ‘Selanjutnya’

8. Lalu isi kata sandi minimal 6 karakter

9. Jika pendaftaran akun berhasil maka akan tampil halaman LOGIN, peserta dapat memasukan NIK dan PASSWORD yang sudah dibuat sebelumnya

10. Upload foto dan berkas persyaratan, ukuran berkas maksimak 2 Mb

11. Download kartu ujian

SOAL Ujian Pengetahuan Umum Paskibraka 2023 Disertai Jawaban Lengkap

soal dan jawaban pengetahuan umum Paskibraka 2023

1. Mengawasi jalannya pemilu merupakan salah satu tugas dari …

A. Presiden
B. Menteri
C. MPR
D. DPR

Jawaban: D

2. Peristiwa penculikan Ir. Soekarno oleh sejumlah pemuda Indonesia pada 16 Agustus 1945 dinamakan peristiwa …

A. Proklamasi Kemerdekaan RI
B. Bandung Lautan Api
C. Rengasdengklok
D. Pertempuran Ambarawa

Jawaban: C

3. Salah satu kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat yang pernah terjadi di Indonesia dan menarik perhatian dunia pada tahun 1993 adalah …

A. Bandung Lautan Api
B. Peristiwa Marsinah
C. Proklamasi Kemerdekaan RI
D. Pertempuran Ambarawa

Jawaban: A

4. Tragedi penembakan mahasiswa Trisakti terjadi pada …

A. 12 Mei 1998
B. 22 Mei 1998
C. 16 Juni 2000
D. 15 April 2000

Jawaban: A

5. Tragedi … tanggal 19 Oktober 1987 yang mengakibatkan 139 korban tewas dan sekitar 254 orang luka parah adalah tragedi …

A. Bandung
B. Surakarta
C. Bintaro
D. Medan

Jawaban: C

6. Pancasila merupakan dasar negara yang dirumuskan oleh tiga tokoh terkemuka di Indonesia. Berikut yang bukan merupakan perumus Pancasila adalah …

Baca Juga :  KODE REDEEM PUBG 25 Maret 2024 Terbaru

A. Soepomo
B. Soekarno
C. Mohammad Yamin
D. Mohammad Hatta

Jawaban: D

7. Lahirnya Pancasila diperingati setiap tanggal …

A. 1 Juni
B. 17 Agustus
C. 18 Agustus
D. 5 Maret

Jawaban: A

8. PASKIBRAKA merupakan singkatan dari …

A. Pasukan Bendera Pusaka
B. Pengibar Bendera Pusaka
C. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka
D. Pengibar Bendera Pusaka Indonesia

Jawaban: C

SOAL Ujian Pengetahuan Umum Paskibraka 2023 Disertai Jawaban Lengkap

9. Lambang dari anggota Paskibraka adalah …

A. Bunga Teratai
B. Bunga Mawar
C. Bunga Matahari
D. Bunga Melati

Jawaban: A

10. Tahun berapakah Paskibra pertama kali dibentuk?

A. 1945
B. 1946
C. 1968
C. 1970

Jawaban: B

11. Tokoh yang melontarkan suatu nama untuk Pengibar Bendera Pusaka dengan sebutan Paskibraka adalah …

A. Baden Powell
B. Idik Sulaeman
C. Soekarno
D. Soeharto

Jawaban: B

12. Pasukan yang melakukan pengibaran dan penurunan bendera dipimpin oleh …

A. Komandan pasukan
B. Penjuru
C. Inspektur upacara
D. Pelatih Paskibraka

Jawaban: A

13. Indonesia adalah negara pertanian atau juga bisa disebut dengan negara …

A. Maritim
B. Agraris
C. Khatulistiwa
D. Macan Asia

Jawaban: B

14. Indonesia adalah negara yang luas lautan nya lebih besar dari luas daratannya. Oleh karena itu Indonesia diberi julukan sebagai negara …

A. Maritim
B. Agraris
C. Khatulistiwa
D. Macan Asia

Jawaban: A

15. Presiden hanya boleh menjabat selama … periode

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Jawaban: B

SOAL Ujian Pengetahuan Umum Paskibraka 2023 Disertai Jawaban Lengkap

Sumber :