SOAL Jawaban Kelas 11 SMA SMK MA Bahasa Indonesia Halaman 78 Materi Ceramah Pidato Khutbah. Berikut adalah ulasan terkait penjabaran jawaban dari soal yang terdapat di halaman 78 materi Ceramah, Pidato, dan Khutbah untuk kelas 11 SMA SMK MA. Siswa diharapkan berusaha menyelesaikan tugas sekolah tersebut secara mandiri terlebih dahulu. Hal ini guna mengasah kemampuan kognitif dan keterampilan berbahasa mereka menjadi semakin lebih baik.

Simak ulasan terkait kunci jawaban soal Bahasa Indonesia kelas 11 SMA SMK MA materi Ceramah, Pidato, dan Khutbah pada halaman 78. Ulasan penjabaran jawaban berikut ini hanya direkomendasikan sebagai referensi pegangan bahan evaluasi hasil kerja siswa khusus untuk guru dan pendamping belajar siswa saja.


SOAL Jawaban Kelas 11 SMA SMK MA Bahasa Indonesia Halaman 78 Materi Ceramah Pidato Khutbah

Tugas kali ini dalam bentuk pertanyaan uraian yang harus dijawab dalam bentuk uraian kalimat juga. Ada 2 soal saja yang harus dijawab. Simak ulasan jawaban berikut dengan cermat dan secara seksama. Kunci jawaban soal Bahasa Indonesia kelas 11 SMA SMK MA materi Ceramah, Pidato, dan Khutbah pada halaman 78.

1. Jawablah dengan benar dan jelas!

a. Apa manfaat jika kamu mendengarkan ceramah?

Jawaban

Bertambahnya wawasan dan pengetahuan tentang agama dan dengan mendengarkan ceramah kita dapat mengintropeksi diri kita menjadi lebih baik lagi.

SOAL Jawaban Kelas 11 SMA SMK MA Bahasa Indonesia Halaman 78 Materi Ceramah Pidato Khutbah

b. Apa manfaat jika kamu menyajikan ceramah?

Baca Juga :  KODE REDEEM ML 3 Desember 2022 Dapatkan Item Menarik Lainnya

Jawaban

Mengasah kemampuan berbicara kita di hadapan orang banyak, mendorong kita untuk memperdalam pengetahuan sebagai bekal materi ceramah.

SOAL Jawaban Kelas 11 SMA SMK MA Bahasa Indonesia Halaman 78 Materi Ceramah Pidato Khutbah

c. Kapan dan di mana saja kesempatan mendengarkan ceramah itu dapat kita ikuti?

Jawaban

Kapanpun dimanapun, baik di tempat ibadah, di kampus, di sekolah, di tempat-tempat yang kita dapat mendengarkan ceramah.

d. Bagaimana persamaan dan perbedaan antara ceramah dengan pidato serta khutbah?

Jawaban

Persamaan khutbah, ceramah, dan pidato adalah sebagai berikut.

– Sama-sama menyampaikan secara lisan/verbal suatu pesan.

– Sama-sama di sampaikan di depan umum.

– Bahan materi atau wacana terlebih dahulu di siapkan sebelum menyampaikannya.

– Sama-sama menggunakan teks eksposisi

SOAL Jawaban Kelas 11 SMA SMK MA Bahasa Indonesia Halaman 78 Materi Ceramah Pidato Khutbah

Perbedaan ceramah, khutbah, dan pidato adalah sebagai berikut:

– Khutbah

>> Topik pembicaraannya keagamaan tertentu tidak dapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar sama sekali, di tunjukkan hanya untuk kalangan penganut agama tertentu,biasanya dilakukan di dalam tempat ibadah agama tertentu.

– Ceramah

>> Topik pembicaraannya bersifat pengetahuan ataupun keagamaan namun tidak di khususkan untuk agama tertentu terdapat interaksi tanya jawab antara sang pembicara dengan sang pendengar, biasanya di lakukan di tempat ibadah, di kampus, di sekolah dan sebagainya.

SOAL Jawaban Kelas 11 SMA SMK MA Bahasa Indonesia Halaman 78 Materi Ceramah Pidato Khutbah

Baca Juga :  Kode Redeem Call of Duty Mobile CODM 3 Desember 2022, Klaim Segera Dapatkan Skin Terbaru

– Pidato

>> Topik pembicaraannya bersifat umum,tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar di tunjukan untuk semua kalangan (kalangan umum), dilakukan pada acara tertentu dan tempat tertentu pula.

e. Informasi/pengetahuan apa saja yang dapat kamu peroleh dari teks ceramah di atas? Jelaskan!

Jawaban

Kurangnya etika dan sopan santun terhadap anak zaman sekarang, ini di sebabkan karena pergaulan bebas, dan didikan orang tua kepada anaknya yang tidak baik.

SOAL Jawaban Kelas 11 SMA SMK MA Bahasa Indonesia Halaman 78 Materi Ceramah Pidato Khutbah

2. Kerjakan latihan berikut sesuai dengan instruksinya!

a. Guru atau teman kamu akan membacakan teks di bawah ini. Selain itu, guru dapat pula menggunakan teks lain yang diperdengarkan melalui rekaman/tayangan.

Jawaban

Teks Pidato Presiden Ir Soekarno

b. Secara berkelompok, diskusikanlah tentang jenis teks tersebut: apakah termasuk ke dalam jenis ceramah, pidato, atau khotbah? Jelaskanlah alasan-alasannya!

Jawaban

Jenis teks tersebut di atas termasuk kedalam khutbah dan pidato alasannya ialah khutbah merupakan bentuk komunikasi berupa pengungkapan gagasan dan pikiran pembicara yang berkaitan dengan agama/kerohanian. Pidato merupakan bentuk komunikasi suatu arah berupa pengungkapan gagasan dan pikiran pembicara tentang suatu hal kepada banyak orang (umum) dan tidak mendapatkan tanggapan langsung dari pendengar.

c. Catatlah hal-hal yang kamu anggap penting/bermanfaat dari isi teks tersebut!

Jawaban
Hal-hal yang penting atau bermanfaat dari teks tersebut adalah pada tanggal 10 November atau yang disebut dengan hari pahlawan. Pada hari itu kita seluruh bangsa Indonesia mengenang kembali peristiwa besar sebagai momentum sejarah yang terjadi di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Sudah sewajarnya jika kita Bangsa Indonesia menghormati jasa mereka dengan memanjatkan doa kepada Allah agar arwah mereka di terima-Nya dengan kemuliaan yang setinggi-tingginya.

Baca Juga :  Fasilitas Bukit Cinta Anti Galau, Destinasi Wisata Cirebon yang Instagrammable

Disamping itu kita perlu ketahui bahwa menghormati jasa para pahlawan bukan saja kita harus mendoakan mereka, tetapi yang lebih penting lagi ialah meneladani mereka dengan penuh semangat serta meneruskan tekad dan perjuangan yang bulat. Barangkali akan menyesallah mereka jika para generasi muda tidak berani menyirnakan kemungkaran. Bukanlah Bangsa yang besar, jika kita tidak bisa menghormati para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Keberanian dan tekad mereka , kita jadikan cermin pemandu yang dapat menbimbing kita menuju kepada keutamaan amal dan menyemangati kita untuk berjuang dalam usaha membangun negara dan bengsa yang aman, tenteram, dan sentosa.

Disclaimer : Segala perbedaan jawaban dengan ulasan di atas, akan dikembalikan kepada kebijakan guru dan pendamping belajar siswa masing-masing. Ini hanya sekedar referensi semata. Bukan tolok ukur jawaban yang mutlak paling benar.

Demikian ulasan terkait kunci jawaban soal bahasa Indonesia kelas 11 SMA SMK MA materi Ceramah, Pidato, dan Khutbah pada halaman 78. Sekian. Semoga membantu dan bermanfaat.

SOAL Jawaban Kelas 11 SMA SMK MA Bahasa Indonesia Halaman 78 Materi Ceramah Pidato Khutbah

Sumber :

 


Tags : , , , , , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming