Soal dan Jawaban SD Kelas 1-3 dan 4-6 Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 18 Agustus 2020. Kemendikbud menyelenggarakan program Belajar dari Rumah yang akan tayang di stasiun TVRI. Program ini merupakan upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat pandemi virus corona COVID-19.



Soal dan Jawaban SD Kelas 1-3 dan 4-6 Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 18 Agustus 2020

Tayangan dalam program BDR (Belajar Darii Rumah) meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR  (Belajar Darii Rumah) ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR (Belajar Darii Rumah) adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Program Belajar dari Rumah TVRI kali ini sudah memasuki Minggu ke 19. Seperti biasa, para siswa akan mendapatkan soal atau tugas setelah menonton tayangannya di TVRI.

Inilah jadwal program belajar di rumah TVRI 17-23 Agustus 2020 untuk tingkat PAUD, SD, SMP, hingga SMA.



Selasa, 18 Agustus 2020

  • 08.00 – 08.30 : Kidi & Widi: Aku Bisa Membereskan Mainanku Sendiri (PAUD)
  • 08.30 – 09.00 : Sahabat Pemberani (SD Kelas 1-3)
  • 09.00 – 09.30 : Sejarah: Peristiwa Rengasdengklok (SD Kelas 4-6)
  • 09.30 – 10.00 : Relasi dan Fungsi (SMP)
  • 10.00 – 10.05 : Bahasa Inggris : Ini Lingkunganku
  • 10.05 – 10.30 : Persamaan Trigonometri untuk Sinus (SMA/SMK)
  • 10.30 – 11.00 : Budaya Lokal dan Toleransi (Keluarga Indonesia)

Jawaban Soal TVRI 18 Agustus 2020 SD Kelas 1 – 3

Pertanyaan setelah menonton video 1:
Tuliskan apa yang bisa kalian lakukan untuk ikut mengisi kemerdekaan!

Pertanyaan setelah menonton video 2:
Apa yang membuatmu bangga sebagai orang Indonesia?

Jawaban :

Pertanyaan 1

  1. Belajar dengan giat, rajin dan tekun.
  2. Ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di masyarakat.
  3. Ikut membantu upaya kesejahteraan rakyat.
  4. Saling menghormati antar sesama.
  5. Terlibat aktif di dalam kegiatan sosial.

Pertanyaan 2

Kita harus bangga menjadi warga negara Indonesia, mengapa demikian? Kita harus bangga karena kita beruntung memiliki status warga negara yg sah yaitu Indonesia.

Indonesia adalah salah satu negara terbesar di dunia. Indonesia memiliki banyak keanekaragaman perbedaan, mulai dari agama, suku, ras, budaya, bahasa dan masih banyak yang lainnya.

Dari banyaknya perbedaan itulah yang harusnya menjadikan kita sebagai warga negara Indonesia barus bangga terhadap negara Indonesia. Karena banyaknya perbedaan itupula, Indonesia semakin kaya dan semakin dikenal oleh bangsa lainnya.

————————————-

Jawaban Soal TVRI 18 Agustus 2020 SD Kelas 4 – 6

Pertanyaan setelah menonton video 1:
Menurut pendapatmu, mengapa kita perlu mempelajari Sejarah?

Pertanyaan setelah menonton video 2:
Mengapa para pemuda membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok menjelang proklamasi kemerdekaan?

Pertanyaan setelah menonton video 3:
Bagaimana caranya agar kita bisa memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi seperti Soekarno?

Jawaban

  1. Tujuan dari mempelajari sejarah yakni agar kita dapat mengetahui kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lalu.

Pembahasan:

Tujuan dalam mempelajari sejarah antara lain:

a.       Mengetahui kehidupan manusia di masa lampau. Sebagai sebuah ilmu, maka dalam penulisan sejarah harus menggunakan prinsip=prinsip umum yang diakui kebenarannya dan universal.

b.      Sebagai pendidikan moral.

Dengan mengetahui fakta masa lampau, maka segala aktivitas manusia patut dijadikan contoh dan kebnearan yang akhirnya selalu menang melawan kejahatan. Dengan belajar sejarah, manusia mampu menentukan mana yang baik dan mana yang buruk. Keberanian para pejuang pergerakan dan dalam perasng kemerdekaan merupakan kajian sejarah yagn banyak mmeberikan pendidikan moral bagi generasi sekarang.

c.       Sejarah sebagai pendidikan politik.

Dengan mempelajari sejarah maka kita dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan dari sistem politik yagn dirintis para pendahulu. Hal tersebut memberikan pertimbangan untuk menentukan system politik yang lebih tepat bagi bangsa dan Negara

d.      Sebagai pendidikan keindahan

Peninggalan zman dulu seperti istana, candi, mesjid kuno, nyanyian, keraton dapat diambil nilai-nilai estetikanya atau nilai keindahannya. Contohnya keratoton Surakarta zaman dahulu masih lengkap dengan singgasana rajanya, iringan gamelan dan tarian para penari keraton. Belajar sejarah seperti mengunjungi berbagai keindahan yang memberikan inspirasi bagi manusia masa kini.

e.       Sebagai ilmu bantu

Sejarah berguna bagi ilmu lain seperti sosiologi, hukum , kehutanan, politik. Sejarah sebagai ilmu bantu untuk memahami disiplin ilmu ynag bersangkutan.

f.       Sejarah sebagai bukti.

Sejarah mmebuktikan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia bukanlah pemalas. Tetapi mereka berusaha tiada henti untuk menghadapi perubahan, mengarungi lautan luas, bahkan berhasil mencapai benua lain.

2. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00. WIB, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok, Karawang, untuk kemudian didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia,sampai dengan terjadinya kesepakatan antara golongan tua yang diwakili Soekarno dan Hatta serta Mr. Achmad Subardjo dengan golongan muda tentang kapan proklamasi akan dilaksanakan terutama setelah Jepang mengalami kekalahan dalam Perang Pasifik.

3. Untuk memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi seperti Soekarno, kita harus belajar sejarah dan memahami pengorbanan para pahlawan demi kemerdekaan negeri ini.

Kita juga harus memupuk rasa cinta pada tanah air dengan menggunakan produk dalam negeri, rajin belajar agar bisa mengharumkan nama bangsa dengan prestasi yang kita miliki.


 

Demikianlah informasi mengenai materi soal dan jawaban TVRI 18 Agustus 2020 untuk siswa-siswi SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6, semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan mengenai program acara ini silahkan hubungi pihak Kemdikbud RI atau TVRI, melalui :

Kemdikbud RI :

  1. Website >> Klik
  2. Instagram >> Klik
  3. Youtube >> Klik
  4. Facebook >> Klik
  5. Twitter >> Klik

TVRI :

  1. Instagram >> Klik
  2. Facebook >> Klik
  3. Twitter >> Klik
  4. Website >> Klik
  5. Youtube >> Klik



Berikut link live streaming belajar dari rumah di TVRI Online Jadwal Acara Download PDF Jadwal Acara Program Belajar dari Rumah di TVRI 17-23  Agustus 2020.

 

Download PDF Program Belajar dari Rumah di TVRI 17-23 Agustus 2020 di sini >>  Download

Download PDF Belajar dari Rumah di TVRI



Untuk masukan dan saran mengenai program ini, dapat mengisi survei di s.id/surveibdr, mengunjungi website http://ult.kemdikbud.go.id/, atau mengirim surat elektronik ke pengaduan@kemdikbud.go.id. Untuk yang di daerah 3T, dapat mengirim SMS gratis dengan mengetik BDR dan kirim ke 93456.

Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran COVID-19.

Soal dan Jawaban SD Kelas 1-3 dan 4-6 Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 18 Agustus 2020

Sumber : tvrikemendikbud

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Informasi Webinar Gratis Selasa 18 Agustus 2020
Informasi Webinar Gratis Selasa 18 Agustus 2020

Guru Inspiratif di Sumbawa Gunakan HT untuk Belajar Jarak Jauh
Guru Inspiratif di Sumbawa Gunakan HT untuk Belajar Jarak Jauh

Demi Kelancaran Belajar Online, Setiap RW di Bogor Akan Dipasang WiFi
Demi Kelancaran Belajar Online, Setiap RW di Bogor Akan Dipasang WiFi

Close