Soal Dan Jawaban SD Kelas 1 2 3 4 5 6 BDR TVRI Rabu 3 Februari 2021. Kemendikbud menyelenggarakan program Belajar dari Rumah yang akan tayang di TVRI. Program ini merupakan upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat pandemi virus corona COVID-19.



Soal Dan Jawaban SD Kelas 1 2 3 4 5 6 BDR TVRI Rabu 3 Februari 2021

Memasuki penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengingatkan kembali kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai prioritas utama dalam menentukan pola pembelajaran baik secara tatap muka maupun jarak jauh.

Untuk mendukung pendidikan jarak jauh (PJJ) serta sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi, Kemendikbud menyiapkan program Belajar Dari Rumah (BDR) yang ditayangkan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD). Tayangan tersebut akan di mulai dari bulan Januari s.d. Maret 2021, Rabu s.d. Jumat, pukul 08.00 sampai 11.30 WIB.

Pada jenjang PAUD tayangan pembelajaran dimulai pukul 08.00 s.d. 08.30 WIB, dan jenjang SD kelas 1 pukul 08.30 s.d. 09.00 WIB, SD kelas 2 pukul 09.00 s.d. 09.30 WIB, SD kelas 3 pukul 09.30 s.d. 10.00 WIB, SD kelas 4 pukul 10.00 s.d. 10.30 WIB, SD kelas 5 pukul 10.30 s.d. 11.00 WIB, dan SD kelas 6 pukul 11.00 s.d. 11.30 WIB. “Tayangan untuk SD mengikuti modul pembelajaran sesuai kurikulum (darurat) dengan mengutamakan pemenuhan kompetensi literasi, numerasi, dan penguatan karakter,” terang Jumeri.

Selain pembelajaran melalui TVRI, Kemendikbud menyediakan kanal pembelajaran secara dalam jaringan (daring) yang dapat diakses melalui akun pembelajaran dengan domain belajar.id. Akun elektronik tersebut dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik. Tayangan pembelajaran juga dapat disaksikan TV Edukasi dan Radio Edukasi. Televisi dibawah naungan Kemendikbud tersebut dapat diakses pada satelit Telkom-4 frekuensi 4125/V/5500. Informasi mengenai TV Edukasi dapat diakses di laman resmi https://tve.kemdikbud.go.id.

Sumber pembelajaran secara daring juga disediakan di aplikasi Rumah Belajar dan para pendidik juga dapat saling berbagi pola pembelajaran yang dapat diakses melalui laman Guru Berbagi. Selain itu, bahan bacaan, lembar aktifitas, panduan berkegiatan bersama anak-anak dan remaja juga tersedia pada laman bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id.

Tayangan dalam program BDR (Belajar Darii Rumah) meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR  (Belajar Darii Rumah) ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.



Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR (Belajar Darii Rumah) adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Rabu, 3 Februari 2021

  • 08.00 – 08.30 : Jaga Kesehatanmu (PAUD)
  • 08.30 – 09.00 : Benda Padat Yang Terbuat Dari Kertas (SD Kelas 1)
  • 09.00 – 09.30 : Bermain Kertas (SD Kelas 2)
  • 09.30 – 10.00 : Kertas dan Garis Bilangan (SD Kelas 3)
  • 10.00 – 10.30 : Tenggang Rasa Kepada Teman Kita (SD Kelas 4)
  • 10.30 – 11.00 : Pulau Besar di Indonesia (SD Kelas 5)
  • 11.00 – 11.30 : Dokumen Perjalanan Antar Negara (SD Kelas 6)

Pada materi pembelajaran TVRI 3 Februari 2021 ini, para siswa tidak mendapat tugas atau soal, namun hanya materi saja.

Materi BDR TVRI 3 Februari 2021

SD Kelas 1

Di episode kali ini, Indah mengajak para penonton untuk menyebutkan benda-benda apa saja yang terbuat dari kertas dan memberikan contohnya. Setelah itu Indah mengajak audience membaca buku berjudul “Bermain Kertas”. Kemudian ia menanyakan beberapa pertanyaan terkait cerita tersebut, dan memandu untuk mengerjakan soal-soal.

Contoh Soal dan jawaban

Soal

Sebutkan contoh benda terbuat dari kertas!

Jawab:

1. Buku

2. Novel

3. Surat

4. Komik

5. Akta Kelahiran

6. Kartu Keluarga

7. Ijazah

8. Raport

9. Nota

10. Kwitansi

11. Resep Obat

12. Tissue

13. Kartu Nama

14. Undangan

15. Brosur

16. Gambar tempel

17. Kardus

18. Dus Obat

19. Kalender

20. Amplop

21. Map

22. Perangko

23. Materai

24. Pembungkus nasi

25. Uang Kertas

26. Gelas Kertas

27. Kipas

28. Kantong Kertas (Paper Bag)

29. Foto

30. Peta

SD Kelas 2

Bersama Ayu, Yosep dan Bayu, kamu akan diajak untuk belajar tentang kertas. Pada suatu hari, mereka membeli buku dan bertemu Kak Lala, pemilik toko buku yang bernama Bugenvil. Ternyata, bugenvil sering disebut sebagai bunga kertas! Bersama-sama mereka pun mengupas lebih jauh tentang jenis kertas dan ciri-cirinya. Berikutnya, kamu akan belajar mengenai nilai pecahan, dan simetri lipat pada bangun datar.


SD Kelas 3

Pada hari ini, Kak Jo akan membacakan cerita berjudul “Bermain Kertas”. Kak Jo juga mengajak Dodi dan Shinta untuk membuat berbagai bentuk dari kertas lipat. Kira-kira Dodi dan Shinta akan membuat bentuk apa ya dari kertas lipat tersebut? Jangan lupa saksikan episode hari ini.

*Literasi *

1. Tuliskan ciri-ciri makhluk hidup yang kamu telah pelajari!

Jawab:

ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, mengalami pertumbuhan, berkembang biak, makan dan minum, dan peka terhadap stimulan (iritabilitas).

2. Apa yang dapat kamu lakukan untuk bisa tumbuh dan kembang dengan baik?

Jawab:

Makanan, minuman, olahraga, dan gen dari orang tua adalah faktor yang memengaruhi pertumbuhan manusia.

Karena itu, kita harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan juga rajin berolahraga.

3. Jelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan!

Jawab:

pertumbuhan akan terhenti saat kita dewasa, sedangkan perkembangan khususnya pada emosi dan pikiran manusia justru akan terus berkembang.

*Numerasi*

Sebutkan Nama nama bangun datar dan simetri lipat dan simetri putarnya!

Simetri lipat adalah jumlah lipatan yang membuat suatu bangun datar terbagi menjadi dua bagian yang sama dan lipatannya saling menutupi satu sama lain.

Simetri putar adalah jumlah putaran yang dapat dilakukan terhadap suatu bangun datar dimana hasil putarannya akan membentuk pola yang sama sebelum diputar tetapi posisi titik sudutnya berbeda.  Suatu bangun datar tidak memiliki simetri putar jika perputaran bangun datar tersebut akan kembali ke posisi semula jika diputar 360⁰ atau satu putaran penuh

Pembahasan

Bangun datar yang biasanya dipelajari adalah segitiga, segiempat dan lingkaran

Segitiga

a. Segitiga sama sisi

·         memiliki 3 simetri lipat

·         memiliki 3 simetri putar

b. Segitiga sama kaki

·         memiliki 1 simetri lipat

·         tidak memiliki simpetri putar

c. Segitiga sembarang

·         tidak memiliki simetri lipat

·         tidak memiliki simetri putar

Segiempat

a. Persegi

·         memiliki 4 simetri lipat

·         memiliki 4 simetri putar

b. Persegi panjang

·         memiliki 2 simetri lipat

·         memiliki 2 simetri putar

c. Jajar genjang

·         tidak memiliki simetri lipat

·         memiliki 2 simetri putar

d. Belah ketupat

·         memiliki 2 simetri lipat

·         memiliki 2 simetri putar

e. Layang-layang

·         memiliki 1 simetri lipat

·         tidak memiliki simetri putar

f. Trapesium sama kaki

·         memiliki 1 simetri lipat

·         tidak memiliki simetri putar

g. Trapesium siku-siku

·         tidak memiliki simetri lipat

·         tidak memiliki simetri putar

h. Trapesium sembarang

·         tidak memiliki simetri lipat

·         tidak memiliki simetri putar

Lingkaran

·         memiliki tak hingga simetri lipat

·         memiliki tak hingga simetri putar


SD Kelas 4

Pada episode kali ini, kamu akan mempelajari tentang pembatas daerah tempat tinggal, membaca cerita tentang tenggang rasa terhadap sesama teman seumuran, menyebutkan isi dari Pancasila, serta melengkapi kalimat dengan menggunakan kata keterangan tempat ‘di’, ‘ke’, ‘dari’. Berikutnya, kamu belajar menghitung jumlah kotak kecil yang dapat dimuat dalam ruang kosong berbentuk persegi, menghitung panjang sisi dan luas pada gambar peta berbentuk persegi dan persegi panjang.

Contoh Soal dan jawaban

Soal Literasi

Berikan 5 contoh sikap tenggang rasa antar sesama teman disekolah

Jawaban

1.) Saling membantu
2.) bekerja sama
3.) saling berbagi
4.) membantu mengerjakan soal
5.) saling memberi
Soal Numerasi

Kolam ikan berbentuk persegi panjang sisi 2 cm. DI gambar skala 1:50,luas permukaan nya adalah…

Jawaban

Skala itu artinya membandingkan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya. Sedangkan rumus skala adalah :

Skala =  , dimana

Jp = jarak pada peta

Js = jarak sebenarnya

Dimisalkan skala pada peta adalah 1 : 10.000 itu artinya 1 cm di peta mewakili 10.000 cm pada sebenarnya.

Pembahasan

Maaf, karena hanya satu sisi yg diketahui berarti kolam tersebut berbentuk persegi. Jika kolam tersebut berbentuk persegi panjang maka diketahui panjang dan lebar kolam tersebut pada peta.

Diketahui :

Sisi persegi pada peta = 2 cm

Skala = 1 : 50

luas permukaan kolam sebenarnya adalah ?

Hitung terlebih dahulu panjang sisi persegi panjang sebenarnya dahulu, yaitu :

= panjang sisi persegi pada peta : skala

= 2 cm :

= 2 cm x

= 100 cm

-> 1 m = 100 cm. Perhatikan tangga satuan panjang terlampir. Turun satu anak tangga maka kalikan 10 akan tetapi jika naik 1 anak tangga maka bagi dengan 10. Karena dari cm ke m dua anak tangga, maka bagi dengan 100.

= ( 100 : 100 ) m

= 1 m

Luas permukaan kolam ikan tersebut sebenarnya adalah :

= 6 x sisi x sisi

= 6 x 1 m x 1 m

= 6 m


SD Kelas 5

Bertemu lagi dengan Kak Kinan, yang akan mengajak kamu untuk membaca cerita tentang pengalaman sila Pancasila, menggambarkan simbolnya, berlatih ejaan Bahasa Indonesia, dan mengenal 5 pulau terbesar beserta ukurannya di Indonesia. Berikutnya, di segmen numerasi, kamu diajak mengukur jarak pada peta dan jarak sebenarnya dengan melakukan perubahan satuan

Contoh Soal dan Jawaban

Soal Literasi

Soal

Sebutkan lambang dan bunyi pancasila!

Jawaban:

Pancasila merupakan dasar negara bagi bangsa Indonesia. “Pancasila” berasal dari bahasa Sansekerta, kata Panca yang mempunyai arti “Lima” dan Sila yang berarti “Dasar“. Secara harfiah Pancasila adalah lima dasar. Pancasila bagi bangsa Indonesia merupakan sebuah dasar negara bangsa Indonesia.

Pembahasan

1. Ketuhanan Yang Maha Esa = Bintang

Kenapa bintang? Karena simbol bintang ini merupakan simbol kesucian dan kesakralan.

2.  Kemanusiaan yang adil dan beradab = Rantai emas

Simbol ini memiliki makna bahwa kehidupan manusia yang turun temurun dan adanya saling keterkaitan antara manusia.

3. Persatuan Indonesia = Pohon beringin

Simbol ini di jadikan simbol kekuatan dan perlindungan sesuai jiwa sila ketiga Pancasila.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan = Kepala banteng

Simbol ini di gunakan sebagai simbol kebesaran. Pada masa perjuangan melawan penjajah pun simbol ini telah di gunakan untuk meningkatkan semangat juang untuk mencapai kemerdekaan.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia = Padi dan kapas

Padi melambangkan kondisi kecukupan makanan dan kapas melambangkan kondisi kecukupan pakaian. Simbol ini bermakna sebagai perwujudan bangsa Indonesia untuk mencapai kehiduan masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

Soal Numerasi

Numerasi 1

1. Apa saja pulau terbesar di Indonesia?

Jawaban

5 Pulau Terbesar di Indonesia
Pulau Jawa (126.700 km2)
Pulau Sulawesi (174.600 km2)
Pulau Sumatera (443.065 km2)
Pulau Kalimantan (743.330 km2)
Pulau Papua (786.000 km2)

Numerasi 2

1. Sebuah gudang digambarkan dengan skala 1 : 50. Jika panjang gudang pada gambar adalah 20 cm , tentukan berapa panjang gudang yang sesungguhnya ?

Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

2. Pada sebuah peta jarak setiap 15 cm mewakili 90 km jarak sebenarnya, tentukan skala pada peta tersebut ?
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

3. Jarak pada peta dengan skala 1:50.000 adalah 75 cm. Berapa Jarak sebenarnya ?
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

4. Bila denah sawah Pak Untung memiliki skala 1:800 dengan panjang pada denah adalah 25 cm dan lebarnya adalah 10 cm. Berapakah luas sawah Pak Untung yang sebenarnya ?
Jawab : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

5. Jarak kota A ke kota B yang sebenarnya adalah 60 km. Tentukan berapa jarak kota A ke kota B pada peta bila skala yang digunakan adalah 1 : 1.000.000 ?.
Jawab : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Jawaban

1. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 50
Panjang gudang pada gambar (Jp)= 20 cm
Ditanya panjang gudang sesungguhnya (jb)?
Jb = Jp : S
Jb = 20 : 1/50
Jb = 20 x 50 = 1.000 cm = 100 m
Jadi, panjang gudang sebenarnya adalah 100 m

2. Pembahasan
Diketahui :
Jarak pada peta = 15 cm
Jarak sebenarnya = 90 km = 9.000.000 cm
Ditanya skala?
S = Jp : Jb
S = 15 : 9.000.000
S = 15 x 1/9.000.000
S = 1/600.000 = 1 : 600.000
Jadi skala peta dalah 1 : 600.000

3. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 50.000
Jarak pada peta = 75 cm
Ditanya jarak sebenarnya?
Jb = Jp : s
Jb = 75 : 1/50.000
Jb = 75 x 50.000
Jb = 3.750.000 cm = 37,5 km

4. Pembahasan
Diketahui :
Skala = 1 : 800
Panjang pada denah = 25 cm, lebar = 10 cm
Panjang sebenarnya = 25 x 800 = 20.000 cm = 200 m
Lebar sebenarnya = 10 x 800 = 8.000 cm = 80 m
Luas = p x l
Luas = 200 x 80 = 16.000 m²
Jadi luas sawah Pak Untung adalah 16.000 m²

5. Pembahasan
Diketahui :
Jarak sebenarnya = 60 km = 6.000.000 cm
Skala peta = 1 : 1.000.000
Ditanya jarak peta ?
Jp = Jb x S
Jp = 6.000.000 x 1/1.000.000
Jp = 6 cm
Jadi, jarak pada peta adalah 6 cm


SD Kelas 6

Eri dan Rena mengerjakan tugas sekolah tentang dokumen perjalanan antarnegara, yaitu paspor dan visa. Mereka belajar membuat paspor, apa itu visa, dan bermain peran sebagai petugas imigrasi di bandara. Eri dan Rena jadi tersadar, betapa berat tugas pegawai imigrasi/ PLBN yang harus melindungi perbatasan Indonesia dan memeriksa keluar- masuk pengunjung negara Indonesia. Mereka pun jadi tertarik mempelajari cara menghitung luas wilayah berbentuk lingkaran memakai persegi satuan.

======

Demikianlah informasi seputar materi pembelajaran BDR TVRI hari Rabu, 3 Februari 2021, semoga bermanfaat.

Berikut link live streaming belajar dari rumah di TVRI Online Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 3 Februari 2021.

Download PDF Program Belajar dari Rumah di TVRI 1 – 5 Februari 2021 di sini >>  Download

Download PDF Belajar dari Rumah di TVRI




Manfaat Belajar dari Rumah

  1. Program Belajar dari Rumah di TVRI untuk PAUD, pendidikan dasar dan menengah, guru, dan orang tua.
  2. Siswa dapat tontonan informatif dan bisa terus aktif belajar.
  3. Orang tua tidak bingung mencari kegiatan untuk anak, menambah ilmu pengasuhan anak.
  4. Guru sangat terbantu, ada PR yang menyenangkan dan ringan, juga menambah wawasan.
  5. Semakin mengenal budaya Indonesia dan menyaksikan film-film terbaik Indonesia.

Jika ada pertanyaan mengenai program acara ini silahkan hubungi pihak Kemdikbud RI atau TVRI, melalui :

Kemdikbud RI :

  1. Website >> Klik
  2. Instagram >> Klik
  3. Youtube >> Klik
  4. Facebook >> Klik
  5. Twitter >> Klik

TVRI :

  1. Instagram >> Klik
  2. Facebook >> Klik
  3. Twitter >> Klik
  4. Website >> Klik
  5. Youtube >> Klik



Berikut link live streaming belajar dari rumah di TVRI Online Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 3 Februari 2021.

Download PDF Program Belajar dari Rumah di TVRI 1 – 5 Februari 2021 di sini >>  Download

Download PDF Belajar dari Rumah di TVRI



Untuk masukan dan saran mengenai program ini, dapat mengisi survei di s.id/surveibdr, mengunjungi website http://ult.kemdikbud.go.id/, atau mengirim surat elektronik ke pengaduan@kemdikbud.go.id. Untuk yang di daerah 3T, dapat mengirim SMS gratis dengan mengetik BDR dan kirim ke 93456.

Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran COVID-19.

Sumber : tvrikemendikbud

Read previous post:
jadwal-belajar-di-rumah-bersama-tvri
Jadwal Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Rabu 3 Februari 2021

Close