Soal Dan Jawaban SD Kelas 1 2 3 4 5 6 BDR TVRI Kamis 4 Februari 2021. Kemendikbud menyelenggarakan program Belajar dari Rumah yang akan tayang di TVRI. Program ini merupakan upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat pandemi virus corona COVID-19.


Baca Yuk :

Soal Dan Jawaban SD Kelas 1 2 3 4 5 6 BDR TVRI Kamis 4 Februari 2021

Memasuki penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengingatkan kembali kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai prioritas utama dalam menentukan pola pembelajaran baik secara tatap muka maupun jarak jauh.

Untuk mendukung pendidikan jarak jauh (PJJ) serta sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi, Kemendikbud menyiapkan program Belajar Dari Rumah (BDR) yang ditayangkan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD). Tayangan tersebut akan di mulai dari bulan Januari s.d. Maret 2021, Kamis s.d. Jumat, pukul 08.00 sampai 11.30 WIB.

Pada jenjang PAUD tayangan pembelajaran dimulai pukul 08.00 s.d. 08.30 WIB, dan jenjang SD kelas 1 pukul 08.30 s.d. 09.00 WIB, SD kelas 2 pukul 09.00 s.d. 09.30 WIB, SD kelas 3 pukul 09.30 s.d. 10.00 WIB, SD kelas 4 pukul 10.00 s.d. 10.30 WIB, SD kelas 5 pukul 10.30 s.d. 11.00 WIB, dan SD kelas 6 pukul 11.00 s.d. 11.30 WIB. “Tayangan untuk SD mengikuti modul pembelajaran sesuai kurikulum (darurat) dengan mengutamakan pemenuhan kompetensi literasi, numerasi, dan penguatan karakter,” terang Jumeri.

Selain pembelajaran melalui TVRI, Kemendikbud menyediakan kanal pembelajaran secara dalam jaringan (daring) yang dapat diakses melalui akun pembelajaran dengan domain belajar.id. Akun elektronik tersebut dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik. Tayangan pembelajaran juga dapat disaksikan TV Edukasi dan Radio Edukasi. Televisi dibawah naungan Kemendikbud tersebut dapat diakses pada satelit Telkom-4 frekuensi 4125/V/5500. Informasi mengenai TV Edukasi dapat diakses di laman resmi https://tve.kemdikbud.go.id.

Sumber pembelajaran secara daring juga disediakan di aplikasi Rumah Belajar dan para pendidik juga dapat saling berbagi pola pembelajaran yang dapat diakses melalui laman Guru Berbagi. Selain itu, bahan bacaan, lembar aktifitas, panduan berkegiatan bersama anak-anak dan remaja juga tersedia pada laman bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id.

Tayangan dalam program BDR (Belajar Darii Rumah) meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR  (Belajar Darii Rumah) ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.



Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR (Belajar Darii Rumah) adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Tayangan dalam program Belajar Dari Rumah di TVRI meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Kamis, 4 Februari 2021

  • 08.00 – 08.30 : Sehat itu Menyenangkan (PAUD)
  • 08.30 – 09.00 : Benda Padat Yang Terbuat Dari Batu dan Keramik (SD Kelas 1)
  • 09.00 – 09.30 : Batu Yang Kuat, Keramik Yang Cantik (SD Kelas 2)
  • 09.30 – 10.00 : Ayo Melipat! (SD Kelas 3)
  • 10.00 – 10.30 : Apa itu Tengara? (SD Kelas 4)
  • 10.30 – 11.00 : Tengara Wisata Indonesia (SD Kelas 5)
  • 11.00 – 11.30 : Bangga Indonesia (SD Kelas 6)

Pada materi pembelajaran TVRI 4 Februari 2021 ini, para siswa tidak mendapat tugas atau soal, namun hanya materi saja.

Materi BDR TVRI 4 Februari 2021

SD Kelas 1

Indah menghampiri ibu yang sedang mengulek bumbu di dapur, lalu bertanya tentang benda padat yang terbuat dari batu dan keramik. Ibu mencontohkan beberapa benda yang ada di dapur, yaitu ulekan dan gelas mug. Ia kemudian mengajak penonton di rumah untuk mendengarkan penjelasan tentang benda padat yang terbuat dari batu dan keramik.

SD Kelas 2

Pada episode kali ini, Ayu dan Bayu yang ditemani Papa dan Mama akan mengajak kamu untuk mempelajari soal benda dari batu dan juga keramik. Selain digunakan untuk bahan bangunan, benda dari batu dan keramik ternyata juga biasa dipakai untuk pajangan hingga alat makan. Setelah itu, kamu akan belajar mengenai nilai pecahan, dan soal terkait simetri lipat bangun datar.

SD Kelas 3

Dalam episode kali ini, Kak Jo, Dodi dan Shinta akan memperkenalkan berbagai benda padat yang biasa kita gunakan di rumah. Beberapa di antaranya terbuat dari logam. Apa saja ya benda-benda tersebut? Kak Jo membaca bacaan “Apa Itu Logam” bergantian dengan Shinta dan Dodi. Selain itu, mereka juga akan megnajak kita belajar melipat kertas bersama-sama. Jangan lupa siapkan bahan-bahannya di rumah

SD Kelas 4

Hari ini adik dan kakak mempelajari tentang tengara. Apa yang sebenarnya dimaksud dengan tengara? Lalu adik dan teman-teman di rumah menggambar tengara dan menuliskan informasi tentangnya. Adik dan kakak juga belajar mencari luas dan keliling dari jembatan yang bentuknya persegi panjang dan juga menentukan panjang, lebar dan sisi dari contoh jembatan yang ukurannya tidak diketahui.

SD Kelas 5

Di episode kali ini, Kak Kinan mengajak kamu untuk melakukan berbagai aktivitas pembelajaran yang meliputi: membaca informasi tentang ragam tanda wisata Indonesia, mengenal sikap terhadap tanda-tanda tersebut, memperbesar dan memperkecil skala pada peta, dan belajar membuat peta sederhana.

SD Kelas 6

Hari ini, Ega mengerjakan tugas tentang tujuh keajaiban dunia. Ia berlatih presentasi karena besok harus menjelaskan di depan kelas. Tak lama, Om Pati, paman Ega yang bekerja sebagai penjaga wilayah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia – Malaysia, datang berkunjung. Maka, Ega sekalian berlatih menjelaskan di depan Om Pati. Nah, Om Pati juga bercerita tentang tengara sebagai penanda budaya berupa monumen kuno dan cara melestarikannya.

======

Demikianlah informasi seputar materi pembelajaran BDR TVRI hari Kamis, 4 Februari 2021, semoga bermanfaat.

Berikut link live streaming belajar dari rumah di TVRI Online Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 4 Februari 2021.

Download PDF Program Belajar dari Rumah di TVRI 1 – 5 Februari 2021 di sini >>  Download

Download PDF Belajar dari Rumah di TVRI




Manfaat Belajar dari Rumah

  1. Program Belajar dari Rumah di TVRI untuk PAUD, pendidikan dasar dan menengah, guru, dan orang tua.
  2. Siswa dapat tontonan informatif dan bisa terus aktif belajar.
  3. Orang tua tidak bingung mencari kegiatan untuk anak, menambah ilmu pengasuhan anak.
  4. Guru sangat terbantu, ada PR yang menyenangkan dan ringan, juga menambah wawasan.
  5. Semakin mengenal budaya Indonesia dan menyaksikan film-film terbaik Indonesia.

Jika ada pertanyaan mengenai program acara ini silahkan hubungi pihak Kemdikbud RI atau TVRI, melalui :

Kemdikbud RI :

  1. Website >> Klik
  2. Instagram >> Klik
  3. Youtube >> Klik
  4. Facebook >> Klik
  5. Twitter >> Klik

TVRI :

  1. Instagram >> Klik
  2. Facebook >> Klik
  3. Twitter >> Klik
  4. Website >> Klik
  5. Youtube >> Klik



Berikut link live streaming belajar dari rumah di TVRI Online Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 4 Februari 2021.

Download PDF Program Belajar dari Rumah di TVRI 1 – 5 Februari 2021 di sini >>  Download

Download PDF Belajar dari Rumah di TVRI



Untuk masukan dan saran mengenai program ini, dapat mengisi survei di s.id/surveibdr, mengunjungi website http://ult.kemdikbud.go.id/, atau mengirim surat elektronik ke pengaduan@kemdikbud.go.id. Untuk yang di daerah 3T, dapat mengirim SMS gratis dengan mengetik BDR dan kirim ke 93456.

Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran COVID-19.

Sumber : tvrikemendikbud

Baca Yuk :