DISDIK JABAR , SMKN 1 Soreang, Kabupaten Bandung berhasil memborong lima piala pada Lomba Kepramukaan Se-Jawa Barat bertajuk “Netuci Scout Competition” yang digelar SMKN 2 Cimahi, Jalan Kamarung No. 69, Kota Cimahi, Sabtu (30/11/2019).

SMKN 1 Soreang Pemenang Lomba Kepramukaan Tingkat Jabar 2019

Kelima piala tersebut diraih dari juara I lomba keterampilan baris-berbaris, juara I materi pengetahuan putra, peringkat II materi pengetahuan putri, juara I semapur morse sandi (samosa) putra, dan danton terbaik.

Wakil Kepala SMKN 1 Soreang, Susan Novianty mengatakan, prestasi tersebut tak lepas dari pembinaan yang dilakukan pihak sekolah terhadap ekstrakurikuler (ekskul) pramuka. “Persiapan sudah dilakukan cukup lama, bahkan berminggu-minggu karena udah beberapa kali juga mengikuti lomba,” ujarnya .



Pramuka juga sebagai ekskul wajib di sekolah SMKN 1 Soreang. Hal tersebut selaras dengan kurikulum 2013 yang diterapkan. “Kelas X kita wajibkan. Setiap Sabtu antara pukul 10.00 hingga 11.30 WIB, mereka mengikuti kegiatan pramuka yang dibimbing oleh pembina pramuka dan diberi materi seputar kepramukaan,” tuturnya.

Susan menilai, melalui ekskul pramuka, siswa mampu berlatih dan meningkatkan pendidikan karakter, seperti mandiri, disiplin, toleransi, kerja sama, dan loyalitas. Ia pun mengajak seluruh siswa di Jabar agar bisa mengembangkan diri melalui ekskul. “Mari sama-sama mewujudkan potensi yang dimiliki melalui ekskul. Sehingga, potensi tersebut bisa diasah serta dibuktikan melalui ekskul dan prestasi,” .

Salah seorang anggota ekskul pramuka, Annisa Innayati Tsaqilah mengaku senang atas prestasi yang telah diraih. Melalui pramuka dirinya mendapat banyak ilmu dan pelajaran. “Mulai dari manajemen organisasi, pelatihan kepemimpinan, melatih berbicara hingga sopan santun. Pokoknya, banyak sekali pelajarannya,” ungkap Annisa.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Hari Disabilitas Internasional

apresiasi kepada guru 2019 Disdik Jabar
Apresiasi Kepada Guru 2019 Disdik Jabar

Siswa Berprestasi Tingkat Nasional dan Provinsi Jabar dari SMA Sekar Kemuning Cirebon

Close