SMK Jurusan Animasi Semakin Diminati. Pernah dengar tokoh kartun lokal bernama Nussa dan Rara? Atau Adit Sopo Jarwo? Itu hanya sebagian hasil dari tangan lihai animator asal Indonesia. Jika Sobat Phi ingin bisa membuat animasi seperti Nussa, maka sekolah di SMK jurusan Animasi adalah jalan yang tepat.

SMK Jurusan Animasi Semakin Diminati

Contohnya Fakhri Muzaki Ramadhan, siswa SMK yang mendapat sambutan hangat karena membuat film animasi berjudul Lily The Little Hope pada tahun lalu. Film yang pada awalnya dibuat untuk memenuhi tugas akhir sekolahnya, memperoleh tanggapan positif dari berbagai kalangan karena dianggap memiliki kualitas mirip kartun besutan Walt Disney. Fakhri, adalah siswa kelas XII jurusan animasi di SMKN 1 Bogor.



Saat ini dunia animasi berkembang dengan pesat karena tren dan zaman yang memang sudah serba digital. Semua pekerjaan yang tidak berkaitan dengan animasi pasti akan bersinggungan walaupun sedikit. Seperti pembuatan film, iklan, game, bumper, ataupun presentasi. Hal sederhana seperti mengunggah Instagram Story di Instagram pun juga dapat menggunakan animasi sederhana berupa GIF.

Belajar Jadi Animator Sekelas Disney

Ada beberapa peluang yang bisa Sobat Phi dapatkan dengan belajar animasi. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Bagus untuk Strategi Marketing

Animasi membuat informasi menjadi lebih menarik. Penggunaan format story telling dalam animasi juga membantu penonton memahami informasi yang diberikan. Misalnya, iklan TitipJual OLX yang dulu ditayangkan di berbagai kanal seperti televisi dan YouTube menggunakan animasi agar terlihat lebih menarik. Dibutuhkan kreativitas dari pembuat animasi untuk memastikan penonton mengerti isi informasi secara mendetail.



  1. Berpeluang Jadi Narasumber

Dengan mempelajari animasi, Sobat Phi dapat menjadi narasumber ataupun pembicara dalam berbagai event. Event merupakan kesempatan bagi kita untuk memperoleh tambahan penghasilan dan menambah network. Jaringan baru yang ada mungkin dapat bermanfaat ke depannya seperti menjadi partner dalam kolaborasi animasi. Tidak hanya itu, bertemu dengan pekerja animasi lainnya dapat menambah pengetahuan mengenai animasi maupun tentang event tertentu terkait animasi.

  1. Membuat Film Sendiri

Menguasai animasi, berarti memiliki kemampuan untuk membuat tokoh-tokoh dan story line sendiri. Atau, bekerja sama dengan teman yang bisa menarasikan cerita, dan juga bersama teman-teman yang lain dengan jobdesc sesuai kebutuhan produksi adalah hal yang dapat dipertimbangkan.



Nah, tertarik jadi animator? Pilihlah sekolah yang memiliki jurusan animasi di SMK, atau ikuti kursus animasi. Jika tekun dan bekerja keras, dijamin masa depan cerah menanti kamu, Sobat Phi.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Minggu 24 Mei 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Minggu 24 Mei 2020

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Sabtu 23 Mei 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Sabtu 23 Mei 2020

Cek Akreditasi Jurusan dan Program Studi Universitas di Indonesia
Cek Akreditasi Jurusan dan Program Studi Universitas di Indonesia

Close