Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Live Streaming

Siapkan KTP Untuk Cek Bansos Penerima BLT BBM 2022 di Link cekbansos.kemensos.go.id. Mengutip dari Instagram @kemensos.go.id, BLT BBM disalurkan pemerintah kepada 20,65 juta KPM penerima. Pemerintah menyalurkan bansos melalui program BLT BBM untuk menjaga daya beli serta menjaga kebutuhan masyarakat miskin agar tetap terpenuhi.

Bantuan senilai Rp 150.000 diberikan tiap bulannya kepada masyarakat selama 4 bulan, yaitu dari bulan September hingga Desember 2022. Simak cara cek penerima bansos program BLT BBM tahun 2022 secara online.


Siapkan KTP Untuk Cek Bansos Penerima BLT BBM 2022 di Link cekbansos.kemensos.go.id

Pemerintah melalui Kemensos memutuskan memberikan bansos BLT BBM 2022 bagi Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) senilai Rp300.000, yang cair sebanyak 2 kali.

Warga yang ingin memastikan status penerimaan bansos bisa cek nama penerima BLT BBM 2022 melalui situs resmi Kemensos, yaitu cekbansos.kemensos.go.id.

Cara cek nama penerima BLT BBM 2022 lewat situs cekbansos.kemensos.go.id akan diulas dalam artikel ini. Adapun tujuan penyaluran bansos BLT BBM 2022 guna membantu warga yang terdampak lonjakan harga bahan bakar minyak (BBM).

Pasalnya, BLT BBM 2022 tahap 1 mulai cair bagi sejak tanggal 31 Agustus 2022 dan akan berlangsung hingga tanggal 30 September 2022.

BLT BBM disalurkan sebanyak 2 kali, jadi masing-masing penerima akan menerima bansos sebanyak Rp 300.000. Segera cek penerimanya melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id, gunakan data pada KTP untuk login.

Siapkan KTP Untuk Cek Bansos Penerima BLT BBM 2022 di Link cekbansos.kemensos.go.id

Cek Penerima BLT BBM:

  • – Pertama klik link cekbansos.kemensos.go.id
  • – Kemudian masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan berdasarkan data pada KTP
  • – Masukkan nama Penerima Manfaat, sesuai dengan KTP Anda
  • – Lalu ketikkan 8 huruf kode seperti yang tertera pada kotak kode
  • – Apabila kode kurang jelas, tekan refresh
  • – Selanjutnya Anda akan mendapatkan huruf kode baru
  • – Setelah itu ketik kode dengan benar sesuai dengan yang ada pada kotak kode
  • – Terakhir pilih cari data

Apabila Anda termasuk dalam data penerima BLT BBM, nama dan data Anda akan tertera. Jika tidak data Anda tidak akan termuat dalam laman DTKS cekbansos.kemensos.go.id.

Cara Daftar atau Ajukan Sebagai Penerima BLT BBM:

  1. Download dan instal Aplikasi Cek Bansos di Play Store
  2. Setelah itu klik tombol menu “Daftar Usulan”
  3. Lalu klik tombol “Tambah Usulan”
  4. Selanjutnya isi formulir data diri sesuai dengan data pada Kartu Keluarga.
  5. Klik menu “Pilih Jenis Bantuan Sosial”
  6. Kemudian pilih jenis bantuan sosial (BPNT/PKH)
  7. Jika NIK terdaftar di data DTKS, maka Anda akan diminta untuk mengunggah 2 foto, swafoto dengan KTP serta rumah tampak depan.
  8. Pemilik akun Cek Bansos dapat mendaftarkan dirinya, keluarga hingga masyarakat lain pada aplikasi Cek Bansos.
  9. Kemensos kemudian akan melakukan pengecekan dan verifikasi lagi pada data penerima bansos di lapangan.
  10. Penerima bantuan, harus melakukan geo tagging rumah agar menjaga validitas bantuan tepat sasaran.

BLT BBM akan disalurkan oleh Kementerian Sosial melalui PT Pos Indonesia. Sementara bagi masyarakat yang sakit, lansia, atau tidak dapat mengakses PT Pos Indonesia, nantinya bantuan akan diantarkan langsung ke rumah atau dengan sistem jemput bola.

Dengan sistem Cek Bansos, masyarakat dapat dengan mudah mencari data atau nama penerima BLT BBM secara online. Masyarakat juga dapat memberikan masukan terkait melalui aplikasi Cek Bansos ini.

Pada tahap pencarian data, sistem cekbansos.kemensos.go.id akan membandingkan data yang diinput dengan database DTKS Kemensos.

Siapkan KTP Untuk Cek Bansos Penerima BLT BBM 2022 di Link cekbansos.kemensos.go.id

Apabila valid, maka akan muncul pemberitahuan sebagai penerima bansos BLT BBM 2022, sekaligus penerima bansos PKH dan BPNT. Pemberitahun tersebut meliputi identitas penerima BLT BBM 2022, yakni nama, umur, periode pencairan, hingga notifikasi ‘Ya’.

Penting diketahui, mekanisme untuk cek nama penerima BLT BBM 2022 melelaui cekbansos.kemensos.go.id karena sasaran penerima bantuan ini adalah KPM penerima bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Dengan demikian, untuk cek nama penerima BLT BBM 2022 KPM bisa menggunakan mekanisme pengecekan status penerimaan PKH dan BPNT, salah satunya lewat situs cekbansos.kemensos.go.id.

Siapkan KTP Untuk Cek Bansos Penerima BLT BBM 2022 di Link cekbansos.kemensos.go.id

Dengan total anggaran sebesar Rp19.96 triliun, sebanyak 20,65 juta KPM yang tergabung sebagai penerima PKH dan BPNT akan menerima BLT BBM 2022. Jatah BLT BBM 2022 terhitung empat bulan, mulai September, Oktober, November, dan Desember.

Setiap bulan KPM menerima uang tunai BLT BBM 2022 senilai Rp150.000, namun disalurkan setiap dua bulan sekali senilai Rp300.000. BLT BBM 2022 tahap 1 sedang cair September, sedangkan BLT BBM tahap 2 cair bulan Desember 2022.

Siapkan KTP Untuk Cek Bansos Penerima BLT BBM 2022 di Link cekbansos.kemensos.go.id

Dengan demikian total BLT BBM 2022 yang diterima setiap KPM PKH dan BPNT senilai Rp600.000. KPM bisa mencairkan BLT BBM 2022 melalui Kantor Pos, RT/RW, kelurahan, kecamatan, desa, dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK) asli.

Sementara itu, KPM dengan kategori disabilitas, lansia, dan yang bermukim di daerah 3 T, petugas Kantor Pos akan menghantar langsung dana BLT BBM 2022.

Demikian cara cek nama penerima BLT BBM 2022 lewat situs cekbansos.kemensos.go.id, agar bisa mencairkan bansos Rp300.000 sebanyak 2 kali.

Sumber :


Rekomendasi Untuk Anda :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,