Seru Belajar Jarak Jauh dalam Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Meskipun tren penularan virus corona di Indonesia belum menunjukkan penurunan, namun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan tahun ajaran baru sekolah tidak akan diundur dan tetap dilaksanakan pada Juli 2020. Sebanyak 94% wilayah di Indonesia belum berada di zona hijau, yang berarti pelaksanaan belajar di rumah masih mendominasi.



Seru Belajar Jarak Jauh dalam Era Adaptasi Kebiasaan Baru

“Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah”. (Ki Hadjar Dewantara)

Pertanyaannya, bagaimana transformasi pendidikan di Indonesia dalam masa kebiasaan baru? Bagaimana penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh melalui optimalisasi digital tool? Sebagai solusi, GTK Dinas Pendidikan Jawa Barat menyuguhkan workshop yang menghadirkan para Guru Berprestasi Jabar.

Pembelajaran jarak jauh

Apa yang dimaksud pembelajaran jarak jauh?

Pembelajaran jarak jauh (juga disebut juga pendidikan jarak jauh) merupakan pelatihan yang diberikan kepada peserta atau siswa yang tidak berkumpul bersama di satu tempat secara rutin untuk menerima pelajaran secara langsung dari instruktur. Bahan-bahan dan instruksi-instruksi detail yang bersifat khusus dikirimkan atau disediakan untuk para peserta yang selanjutnya melaksanakan tugas-tugas yang akan dievaluasi oleh instruktur. Dalam kenyataannya dapat dimungkinkan instruktur dan peserta tersebut terpisah tidak hanya secara geografis namun juga waktu.



Mengapa digunakan pembelajaran jarak jauh?

Pembelajaran jarak jauh memungkinkan para peserta mengambil kelas kapanpun dan dimanapun. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyesuaikan pendidikan dan pelatihannya dengan tanggung jawab dan komitmen-komitmen lainnya, seperti keluarga dan pekerjaan. Ini juga memberi kesempatan kepada para peserta yang mungkin tidak dapat  belajar karena keterbatasan waktu, jarak atau dana untuk ikut serta. Dan juga memungkinkan subyek-subyek yang dianggap tidak begitu umum diajarkan tersedia bagi lebih banyak peserta.



View this post on Instagram

GTK Disdik Jabar: Seru Belajar Jarak Jauh dalam Era Adaptasi Kebiasaan Baru . . “Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah”. (Ki Hadjar Dewantara) . Meskipun tren penularan virus corona di Indonesia belum menunjukkan penurunan, namun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan tahun ajaran baru sekolah tidak akan diundur dan tetap dilaksanakan pada Juli 2020. Sebanyak 94% wilayah di Indonesia belum berada di zona hijau, yang berarti pelaksanaan belajar di rumah masih mendominasi. . Pertanyaannya, bagaimana transformasi pendidikan di Indonesia dalam masa kebiasaan baru? Bagaimana penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh melalui optimalisasi digital tool? . Sebagai solusi, GTK Dinas Pendidikan Jawa Barat menyuguhkan workshop yang menghadirkan para Guru Berprestasi Jabar, cek jadwalnya di atas 😉 . Jangan lewatkan dan silakan berbagi informasi bersama jejaringnya 😃🎉 . @ridwankamil @ruzhanul @swangsaatmaja @m.dedi_supandhi @wahyu_mijaya @humas_jabar . #DisdikJabar #Pendidikan #SemuaAnakBisaSekolah #SemuaAnakBisaJuara #MerdekaBelajar #JabarTanggapCovid19 #JabarJuara

A post shared by DISDIK JABAR (@disdikjabar) on

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Tentang Garam
Tentang Garam

5 Jurusan Menarik di Fakultas Ilmu Olahraga
5 Jurusan Menarik di Fakultas Ilmu Olahraga

Jadwal Belajar Dari Rumah di TVRI Senin 6 Juli 2020
Jadwal Belajar Dari Rumah di TVRI Senin 6 Juli 2020

Close