Greeone

Sertifikat Vaksin Covid-19 Kini Bisa di Cek Lewat WA, Berikut Caranya. Cek sertifikat vaksin Covid sekarang bisa melalui aplikasi Whatsapp. Kementerian Kesehatan menambahkan layanan pengaduan masyarakat untuk mempercepat respons pengaduan masyarakat terkait sertifikat vaksin.

Sebelumnya, masyarakat yang mengalami kendala mengenai sertifikat vaksin bisa mengajukan kendalanya melalui Call Center PeduliLindungi dan email. Saat ini masyarakat juga bisa mengakses layanan melalui chatbot Whatsapp.

Baca Yuk :

Sertifikat Vaksin Covid-19 Kini Bisa di Cek Lewat WA, Berikut Caranya

Sekarang, masyarakat bisa menggunakan chatbot WhatsApp aplikasi PeduliLindungi untuk cek sertifikat vaksin Covid. Simak caranya berikut ini.

Cek Sertifikat Vaksin Covid Lewat Chatbot Whatsapp

Chatbot Whatsapp Kemenkes RI digunakan untuk melayani keluhan pengguna PeduliLindungi. Dilansir dari situs Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, untuk mengakses layanan chatbot ini, masyarakat bisa menghubungi Whatsapp Kemkes RI pada nomor 081110500567.

Walaupun menggunakan platform media sosial, pemerintah menjamin bahwa setiap data yang dikirimkan aman. Hal ini karena masyarakat akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi dan kode OTP terlebih dahulu sebelum memberikan datanya.

“Semua kemudahan ini tentunya didesain dengan proses verifikasi dan tingkat keamanan yang mencukupi agar data dan privasi pengguna tetap terjaga dengan baik,” kata Chief of Digital Tranformation Office (DTO), Kementerian Kesehatan, Setiaji.

Setiaji menambahkan bahwa model pengaman chatbot Whatsapp ini sudah didesain dengan proses verifikasi dan end to end encryption. Jadi, pada saat masyarakat mengirim pesan, sudah terenkripsi sehingga data privasi dari pengguna akan tetap terjaga.

Termasuk Cek Sertifikat Vaksin Covid, Ini Fitur Chatbot Whatsapp

Platform layanan baru ini dihadirkan Kemenkes untuk mengakomodir

kebutuhan masyarakat terkait kesesuaian data vaksinasi COVID-19. Selain untuk cek sertifikat vaksin Covid, terdapat 2 menu utama lainnya yang bisa digunakan masyarakat.

Berikut adalah 3 menu utama chatbot Whatsapp Kemenkes:

  1. Download Sertifikat
  2. Status Vaksinasi
  3. Ubah Info Diri

Masyarakat yang belum mendapatkan sertifikat vaksin atau ada kendala untuk mengakses sertifikat vaksin di Aplikasi PeduliLindungi bisa memilih menu Download Sertifikat. Pengecekan status vaksinasi juga dapat dilakukan melalui menu Status Vaksinasi. Sementara itu, menu Ubah Info Diri diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengubah data nama pada sertifikat vaksin agar sesuai KTP dan nomor telepon terdaftar di aplikasi PeduliLindungi

Sertifikat Vaksin Covid-19 Kini Bisa di Cek Lewat WA, Berikut Caranya

Sumber : https://news.detik.com/

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , ,

Streaming Now