Sekolah Kedinasan Yang Boleh Pakai Kacamata, Cek Syaratnya. Adapun syarat fisik untuk mendaftar sekolah kedinasan ini diberlakukan agar siswa tidak mengalami kesulitan saat mengikuti pembelajaran maupun setelah lulus dan bekerja.

Namun bagi siswa yang mengalami gangguan kesehatan mata, ada beberapa sekolah kedinasan yang memperbolehkan calon siswanya menggunakan kacamata. Tentunya ada batas maksimal gangguan mata yang diderita oleh siswa tersebut.


Sekolah Kedinasan Yang Boleh Pakai Kacamata, Cek Syaratnya

Syarat fisik berupa tinggi badan hingga kesehatan mata menjadi hal penting saat mendaftar sekolah kedinasan. Contoh sekolah kedinasan yang mensyaratkan pendaftarnya memiliki kondisi mata yang bagus dan tidak berkacamata adalah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip), Politeknik Imigrasi (Poltekim), dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Sekolah kedinasan boleh pakai kacamata

Selain itu, ada juga sekolah kedinasan yang mewajibkan operasi lasik setelah resmi diterima sebagai peserta didik antara lain Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

Melansir dari masing-masing laman sekolah kedinasan, berikut sekolah kedinasan yang boleh pakai kacamata saat mendaftar. Berikut sekolah kedinasan yang boleh pakai kacamata dan gangguan kesehatan mata yang masih diperbolehkan saat siswa mendaftar. Informasi ini bisa kamu gunakan untuk mendaftar sekolah kedinasan 2023/2024.

Baca Juga :  Bagaimana Tes Kesehatan Ketika Perpanjang SIM Online

Sekolah Kedinasan Yang Boleh Pakai Kacamata, Cek Syaratnya

1. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

Sekolah kedinasan milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini pada penerimaan siswa baru 2022/2023 tidak mensyaratkan kesehatan mata calon pendaftarnya.

Syarat fisik yang diajukan STAN berupa bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.

Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).

2. Politeknik Siber dan Sandi Negara (SSN)

Dalam persyaratan taruna taruni baru 2022/2023, SSN memperbolehkan calon pendaftar menggunakan kacamata. Dengan batas maksimal ukuran 1 baik plus (+) atau minus (-) serta tidak silindris. Selain itu pendaftar SSN tidak buta warna parsial maupun total.

Syarat fisik lainnya untuk mendaftar di SSN berupa tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki dan 160 cm untuk perempuan, berat badan seimbang, dibuktikan dengan surat hasil pemeriksaan dari dokter puskesmas setempat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban SD Kelas 1 2 3 4 5 6 BDR TVRI Senin 15 Maret 2021

Tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik/bekas tindik pada bagian tubuh yang tidak lazim bagi perempuan, dan bagian tubuh manapun bagi laki-laki, kecuali yang disebabkan ketentuan agama/adat.

Sehat jasmani dan rohani, tidak cacat fisik dan mental, tidak memiliki penyakit bawaan dan atau menular yang dapat mengganggu proses belajar.

3. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN merupakan salah satu sekolah kedinasan yang boleh pakai kacamata. Dalam pendaftaran siswa 2022/2023 STIN mensyaratkan siswanya apabila berkacamata, maksimal ukuran 1 baik + (plus) atau – (minus).

Namun siswa tidak boleh buta warna. Syarat fisik lainnya untuk mendaftar di STIN antara lain berat badan seimbang menurut ketentuan berlaku dan tinggi badan minimal laki-laki 165 cm dan perempuan 160 cm dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

Sehat jasmani, rohani, dan tidak pernah mengalami patah tulang. Tidak bertato dan atau memiliki bekas tato.

4. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

Sekolah kedinasan berikutnya yang boleh pakai kacamata adalah STMKG. Siswa yang mendaftar di sekolah kedinasan milik BMKG ini diperbolehkan berkacamata dengan lensa spheris maksimal minus 4 D dan lensa silindris maksimal minus 2 D. Selain itu pendaftar tidak buta warna.

Baca Juga :  Bagaimana Ciri Terinfeksi Omicron, Gejalanya Muncul Lebih Cepat

Bersedia untuk melakukan pengobatan laser-assisted in situ keratomileusis (LASIK) dengan biaya sendiri apabila diterima/lulus seleksi.

Syarat fisik lainnya untuk daftar di SSN adalah sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan. Tinggi badan minimum 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita, dengan berat badan seimbang.

Sekolah Kedinasan Yang Boleh Pakai Kacamata, Cek Syaratnya

5. Politeknik Statistika STIS

Satu lagi sekolah kedinasan yang boleh pakai kacamata yakni Politeknik Statistika STIS. Dalam syarat mendaftar STIS 2022/2023, calon pendaftar tidak buta warna (baik total maupun parsial).

Untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri.

Syarat fisik lainnya untuk mendaftar di STIS yakni sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), bebas narkoba.

Sekolah Kedinasan Yang Boleh Pakai Kacamata, Cek Syaratnya

Demikian 5 sekolah kedinasan boleh pakai kacamata yang bisa dimanfaatkan para siswa yang berencana mendaftar sekolah kedinasan 2023/2024.

Sumber : https://www.kompas.com

 


Live Streaming