Sekolah di Masa Pandemi? Penuhi Dulu Syarat Berikut Ini. Dari Protokol Kesehatan, hingga Fasilitas di Sekolah. Penerapan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) akan mulai dijalankan pada Juni mendatang. Termasuk di fasilitas belajar siswa, yaitu sekolah. Meski begitu, AKB tidak bisa langsung dijalankan begitu saja. Ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi sekolah. Di antaranya sebagai berikut.

Sekolah di Masa Pandemi? Penuhi Dulu Syarat Berikut Ini



  1. Penyesuaian Jam Belajar

Salah satu ide pengaturan new normal di sekolah yakni menghilangkan jam istirahat dan mengurangi jam belajar hanya menjadi 4 jam saja. Ide tersebut merupakan rekomendasi yang diusulkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dalam perumusan protokol new normal di sekolah.

  1. Perubahan Jam Masuk dan Pulang

Rekomendasi lainnya yakni jam masuk dan pulang antar kelas diberlakukan berbeda. Hal ini supaya anak-anak tidak berkerumun saat tiba di gerbang sekolah serta saat akan pulang. Berkaca dari pengalaman Australia yang sudah mulai menyekolahkan siswa-siswi mereka, saat ini tidak semua kelas langsung kembali bersekolah. Mereka hanya dua kelas dulu untuk uji coba, termasuk menyiapkan siswa, guru, tenaga pendidik dengan new normal ini

  1. Sanitasi dan Sabun

Selain itu, fasilitas untuk mencuci tangan dengan sabun juga harus diperbanyak oleh sekolah agar tidak terjadi antrean anak-anak yang akan mencuci tangan. Hal ini bisa diterapkan dengan ide belajar pula. Misalnya mengajari siswa membuat hand soap dan hand sanitizer di rumah. Kemudian membuat kerajinan berupa ember atau wadah untuk menampung air.



  1. Protokol Kesehatan Standar

Dalam era AKB, dari mulai gerbang hingga masuk kelas dan keluar kelas harus ada alat pendukung untuk penanggulangan covid-19. Seperti perlengkapan cuci tangan dan sabun. Kemudian, ada pengatur suhu, juga menyediakan hand sanitizer dan setiap dua hari sekali kelas harus disemprot dinsinfektan. Siswa wajib gunakan masker, tidak bersalaman, guru pun bergantian masuk sekolah. Kursi dan meja pun, akan diatur jaraknya, berjarak satu meter atau satu setengah meter dengan kursi dan bangku siswa lainnya.

Sekolah di Masa Pandemi? Penuhi Dulu Syarat Berikut Ini



Itulah beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin memberlakukan AKB di sekolah dan lingkungannya. Perlu kamu ketahui Sobat Phi, berdasarkan tahapan pembukaan sejumlah tempat di wilayah new normal Jabar, sekolah menjadi tahapan terakhir. Sebab, Pemprov Jabar ingin memastikan tidak ada ancaman besar bila sekolah kembali dibuka.

*sumber: detik.com

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Jumat 5 Juni 2020
Materi Dan Pembahasan Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Jumat 5 Juni 2020

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Jumat 5 Juni 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Jumat 5 Juni 2020

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada awal Juni 2020 akan mulai dibuka secara online
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada awal Juni 2020 akan mulai dibuka secara online

Close