Sekilas Tentang Herd Immunity. Era new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), menimbulkan berbagai spekulasi. Salah satunya mengenai Herd Immunity. Sobat Phi pasti sudah pernah dengar mengenai hal ini. Tapi sebetulnya apa sih Herd Immunity? PhiRadio sudah rangkum garis besarnya untuk kamu. Berikut ulasannya.



Sekilas Tentang Herd Immunity

  1. Konsep Kekebalan Kelompok

Dilansir dari situs Halodoc, Herd Immunity dapat diartikan sebagai kekebalan kelompok. Jadi, dalam satu kelompok, harus ada beberapa orang yang kebal terhadap suatu penyakit, sehingga kelompok tersebut kebal saat diserang oleh virus. Seluruh jenis virus akan membutuhkan inang, atau tempat untuk bertahan hidup, bisa dalam tubuh manusia maupun binatang.

Herd immunity merupakan salah satu konsep yang bisa dijalani oleh orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang baik, agar mampu melindungi orang-orang di sekitarnya dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. Jadi, jika ada cukup banyak orang dalam satu kelompok dengan sistem imunitas yang baik, maka virus tersebut akan hilang dengan sendirinya.

  1. Perlu Vaksin



Sebuah komunitas atau negara dapat mencapai kekebalan imunitas melalui vaksinasi. Sampai vaksin tersedia secara luas, para ahli merekomendasikan untuk memonitor virus melalui pengujian luas dan pelacakan kontak, kemudian mengisolasi orang yang terinfeksi dan siapa saja yang berhubungan dengan mereka. Seperti yang kita lakukan saat ini, Sobat Phi. Belajar di rumah, kerja di rumah, dan tidak keluar rumah jika tidak terlalu penting.

  1. Berakibat Fatal

Jika prosedur herd immunity dilakukan di Indonesia, bukan hal yang tidak mungkin jika akan terjadi kematian massal. Ancaman mematikan ini tidak hanya berlaku pada golongan orang-orang yang telah disebutkan, tapi juga untuk seseorang yang memiliki kesehatan jasmani yang baik. Jika memang langkah berbahaya ini diambil, bukan hal yang tidak mungkin jika Indonesia bisa saja kehilangan satu generasi produktif.



Nah, itulah sekilas penjelasan mengenai Herd Immunity. Diyakini oleh sebagian besar ilmuwan, Herd Immunity dapat terjadi bila sekitar 65 hingga 75 persen dari populasi telah terinfeksi. Karena covid-19 belum ada vaksin, untuk saat ini yang bisa kita lakukan adalah mengikuti protokol kesehatan dan diam di rumah. Setuju?

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Panduan Singkat AKB Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Pelajar
Panduan Singkat AKB Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Pelajar

gerhana bulan penumbra 2020
Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni 2020

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Minggu 7 Juni 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Minggu 7 Juni 2020

Close