Sejarah Hello World pada Program Komputer, Hello world atau Halo dunia biasanya digunakan pada program komputer dengan menampilkan pesan kata “Hello, World!”.

Sejarah Hello World pada Program Komputer

Baca Yuk :

“Hello, World!” adalah sebuah program yang sangat sederhana yang biasanya di gunakan di sebagain bahasa pemograman. “Hello, World!” seringkali digunakan menggambarkan sintaks dasar bahasa pemrograman dan biasanya  “Hello, World!” ini  merupakan program pertama yang ditulis oleh orang-orang yang belajar kode.

Sejarah Hello World pada Program Komputer, orang yang pertama kali menulis program “Hello World” adalah Brian Wilson Kernighan.

Brian Wilson Kernighan atau Brian Kernighan lahir 1942 di Toronto, Ontario, Kanada, Brian Kernighan adalah ahli ilmu komputer yang bekerja di Bell Labs bersama Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Singkatan ‘K’ dari K&R C dan ‘K’ dalam AWK merupakan singkatan dari ‘Kernighan’.

Nama Brian Kernighan terkenal setelah ia menulis buku The C Programming Language bersama Dennis Ritchie. Dia mengatakan bahwa dia tidak ikut bagian dalam pembuatan dan mendesain Bahasa C (“Itu semua adalah hasil kerja dari Dennis Ritchie”). Dia telah membuat banyak Unix program, seperti ditroff dan cron untuk sistem operasi Unix versi 7.

Brian Kernighan sebenarnya tidak ingat betul, mengapa beliau menggunakan kata Hello World. Namun, berdasarkan wawancara Forbes India, beliau menyatakan:

Memory is dim now. What I do remember is that I had seen a cartoon that showed an egg and a chick and the chick was saying, “Hello, world”

Ingatan saya sangat suram sekarang. Apa yang saya ingat adalah sebuah kartun yang menampilkan seekor telur dan anak ayam, dan anak ayam itu mengatakan “Hello, world!”

Itulah sejarah dan asal usul program Hello World yang terkenal hingga saat ini. Demikian artikel tentang Sejarah Hello World pada Program Komputer, semoga bermanfaat.

Source : Wikipedia, kamiwebdevelopment.com

Baca Yuk :