Greeone

Sejarah Hari Olahraga Nasional 9 September 2021. Olahraga Nasional atau Haornas tahun ini akan diselenggarakan pada Kamis, 9 Setember 2021. Tujuan peringatan ini adalah dalam rangka peningkatan, pembinaan, dan perkembangan olahraga, serta untuk meningkatkan rasa sportivitas di tanah air.

Tepat pada tanggal 9 September Pada tahun ini Hari Olahraga Nasional (Haornas) memperingati hari jadinya yang ke-38 tahun.

Baca Yuk :

Dikutip dari kemenpora.go.id, pada tahun ini Hari Olahraga Nasional mengangkat tema “Menuju Indonesia Maju”.

Bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali juga akan meluncurkan desain besar olahraga nasional (DBON).



Sejarah Hari Olahraga Nasional 9 September

Mengutip dari Kemenpora.go.id, desain besar olahraga nasional (DBON) ini diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo, dan menjadi fondasi olahraga Indonesia.

Paradigma Indonesia dalam DBON ini juga sudah jauh menatap ke depan, bukan hanya mengejar prestasi pada level SEA Games maupun Asian Games.

Harapannya olahraga di Indonesia sudah berorientasi pada Olimpiade maupun Paralimpiade.

Dalam DBON, juga ditegaskan terdapat 14 cabang olahraga prioritas yang ditargetkan untuk bisa meraih medali di level Olimpiade ataupun Paralimpiade.

Sejarah Hari Olahraga Nasional

Melansir dispora.sumutprov.go.id, Hari Olahraga Nasional ini diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan rasa sportivitas di tanah air.

Pada awalnya Hari Olahraga Nasional dicetuskan saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I pada 9 – 12 September 1948 di kota Surakarta, Jawa Tengah.

Pada 9 September 1948 menjadi pembukaan ajang olahraga tersebut dan ditetapkan pula untuk setiap tahunnya sebagai Hari Olahraga Nasional oleh warga Indonesia.

Pada saat itu PON I digelar karena pada tahun 1948 atlet-atlet Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi olahraga dunia Olimpiade XIV/1948 di kota London, Inggris.



Hal ini disebabkan pada saat itu kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia belum belum diperoleh pengakuannya oleh dunia serta paspor Indonesia pun juga tidak diakui oleh Pemerintah Inggris, namun mereka bisa berpartisipasi dengan ajang kompetisi dunia tersebut jika menggunakan paspor Belanda.

Walaupun begitu, putra-putri terbaik Tanah Air hadir di ajang tersebut sebagai perwakilan Indonesia.

Penolakan tersebut membuat Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi dalam negeri yang diberi nama Pekan Olahraga Nasional.

Hal ini sebagai bukti untuk menunjukkan kepada mata dunia bahwa bangsa Indonesia sanggup mengadakan acara olahraga dengan skala nasional.

Maka hingga saat ini tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional.

Sejarah Hari Olahraga Nasional 9 September

Sumber : https://www.tribunnews.com/nasional/2021/09/09/sejarah-hari-olahraga-nasional-lengkap-dengan-logo-twibbon-dan-desain-haornas-2021

Baca Yuk :

Streaming Now