Sejarah Hari Bhakti Postel yang Diperingati 27 September 2021 Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi (Postel) akan jatuh pada esok, 27 September 2021. Tahukah kalian bagaimana sejarah Hari Bhakti Postel yang diperingati setiap  tanggal 27 September?

Tak banyak yang mengetahui bahwa sejarah Hari Bhakti Postel 27 September ini sebenarnya dilatarbelakangi peristiwa perebutan kantor Jawatan Pos, Telegraf, dan Telepon, pada era pemerintah Jepang. Peristiwa itu terjadi sesaat setelah deklarasi kemerdekaan Indonesia.


Sejarah Hari Bhakti Postel 27 September

Kejadian berawal ketika ada keresahan dari putra-putri Angkata Muda Pos Telegrap dan Telepon, atau dikenal dengan AMPTT, yang merasa bahwa kantor Jawatan Pos, Telegraf, dan Telepon yang masih dikuasai Jepang harus segera diambil alih.

AMPTT mengadakan pertemuan pada tanggal 3 September 1945 untuk menyusun strategi perebutan kantor PTT Jepang. Hasilnya adalah bahwa kantor PTT Jepang harus sudah berbendera Indonesia selambat-lambatnya akhir September 1945.

Awalnya pimpinan PTT Jepang mengisyaratkan bahwa penyerahan PTT harus dilakukan oleh Sekutu. Namun AMPTT tidak menyerah, dan mengajukan perundingan. Tanggal 23 September 1945, perundingan pertama dilakukan namun menemui jalan buntu.

Perundingan kembali terjadi sehari setelahnya, namun tak juga menemui hasil sepakat. Akhirnya pada tanggal 26 September 1945, Soetoko, selaku penggerak AMPTT, melakukan koordinasi dengan pemuda dan pemudi dari berbagai golongan untuk menyerang kantor PTT Jepang. Mas Soeharto, yang berposisi sebagai yang dituakan menyetujui hal ini.

Penyerbuan dilakukan pada tanggal 27 September 1945, dan petugas PTT Jepang menyerah tanpa perlawanan. Mereka kemudian menyerahkan kantor PTT tersebut pada AMPTT, yang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran lagu Indonesia Raya.

Peristiwa penyerbuan ini yang kemudian jadi dasar peringatan dan sejarah Hari Bhakti Postel 27 September. Jadi, hari besar untuk telekomunikasi dan pos secara nasional benar-benar memiliki nilai sejarah dan perjuangan yang besar pada masa tersebut.

Peringatan Hari Bhakti Postel kemudian ditetapkan pada tanggal tersebut, dan hingga sekarang diperingati setiap tahunnya.

Itulah sedikit sejarah Hari Bhakti Postel yang diperingati setiap tanggal 27 September di atas. Semoga bisa jadi pembuka wawasan yang berguna agar kaum muda juga memahami sejarah bangsanya.

Sejarah Hari Bhakti Postel yang Diperingati 27 September 2021

Sumber: https://www.suara.com


Tags : , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming