Sejarah Hari Anak Perempuan Sedunia 2022 dan Kumpulan Link Twibbon. Dikutip dari situs resmi PBB, Hari Anak Perempuan Sedunia ini pertama kali dirayakan pada 2012. Sedari pertama kali kemunculannya, perayaan ini digunakan untuk meningkatkan perhatian masyarakat terhadap hak-hak asasi anak perempuan dan berbagai tantangan yang dihadapi anak perempuan di seluruh dunia.

Kendati demikian, tidak dapat dimungkiri COVID-19 telah memberikan dampak cukup negatif bagi perkembangan mereka. Pasalnya, berbagai tantangan yang mereka hadapi turut berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental mereka.


Sejarah Hari Anak Perempuan Sedunia 2022 dan Kumpulan Link Twibbon

Hari Anak Perempuan Sedunia atau International Day of the Girl Child diperingati setiap 11 Oktober. Tahun ini, perayaan yang menggunakan tema “Our time is now-our rights, our future” ini jatuh pada Selasa (11/10/2022).

Setelah 10 tahun, PBB melihat sudah ada perhatian yang lebih baik dari pemerintahan, perancang undang-undang, hingga masyarakat umum terkait isu anak perempuan. Selain itu, anak perempuan juga mendapat lebih banyak kesempatan untuk menyuarakan aspirasi mereka di kancah internasional.

Kendati demikian, tidak dapat dimungkiri COVID-19 telah memberikan dampak cukup negatif bagi perkembangan mereka. Pasalnya, berbagai tantangan yang mereka hadapi turut berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental mereka.

Sejarah Hari Anak Perempuan Sedunia 2022 dan Kumpulan Link Twibbon

Sejarah 11 Oktober Hari Anak Perempuan Sedunia dan Temanya Tahun 2022

Hari Anak Perempuan Sedunia diperingati masyarakat global tiap 11 Oktober sejak 2012, atau tepat yang ke-10 pada Selasa (11/10/2022) besok. Bagaimana sejarah munculnya Hari Anak Perempuan Sedunia, dan apa temanya pada tahun ini? Simak selengkapnya di sini.

Dikutip dari situs web UNICEF, Hari Anak Perempuan Sedunia 2022 atau International Day of The Girl 2022 diperingati pada Selasa 11 Oktober. Hari Anak Perempuan Sedunia diperingati setiap tahun sejak 2002. Tujuannya ialah untuk menyerukan hak-hak anak perempuan di seluruh dunia.

Berdasarkan informasi dari situs PBB, Hari Anak Perempuan Sedunia berawal dari Konferensi Dunia tentang Perempuan di Beijing, Cina tahun 1995. Perwakilan negara-negara secara bulat mengangkat Deklarasi Beijing untuk memajukan hak-hak perempuan, termasuk anak-anak perempuan. Deklarasi tersebut menjadi yang pertama dalam menyerukan hak-hak anak perempuan.

Lalu, pada 19 Desember 2011, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadopsi Resolusi 66/170 dan menetapkan tanggal 11 Oktober sebagai Hari Anak Perempuan Sedunia. Peringatan tersebut bertujuan untuk pengakuan terhadap hak-hak anak perempuan di seluruh dunia.

Menurut situs web United Nation, Hari Anak Perempuan Sedunia berawal dari konferensi tentang perempuan di Beijing, Cina, pada 1995. Dalam konferensi itu, perwakilan negara-negara secara bulat mengangkat Deklarasi Beijing untuk memajukan hak-hak perempuan, termasuk anak-anak perempuan.

Deklarasi tersebut menjadi yang pertama dalam menyerukan hak-hak anak perempuan. Enam tahun kemudian, pada 19 Desember 2011, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadopsi Resolusi 66/170 dan menetapkan tanggal 11 Oktober sebagai Hari Anak Perempuan Sedunia.

Peringatan tersebut bertujuan untuk pengakuan terhadap hak-hak anak perempuan di seluruh dunia. Hari Anak Perempuan Internasional juga memusatkan perhatian untuk mengatasi tantangan yang dihadapi anak perempuan, mengkampanyekan pemberdayaan anak perempuan, dan pemenuhan hak asasi mereka.

“Gadis remaja memiliki hak atas kehidupan yang aman, terdidik, dan sehat, tidak hanya selama tahun-tahun pembentukannya, tetapi juga saat mereka dewasa menjadi wanita,” tulis situs web un.org.

Jika didukung secara efektif selama masa remaja, un.org menuliskan, anak perempuan punya potensi untuk mengubah dunia, baik sebagai anak perempuan yang berdaya hari ini maupun sebagai pekerja, ibu, pengusaha, mentor, kepala rumah tangga, hingga pemimpin politik masa depan.

Sejarah Hari Anak Perempuan Sedunia 2022 dan Kumpulan Link Twibbon

Tema Hari Anak Perempuan Sedunia 2022

Dikutip dari unicef.org, tema Hari Anak Perempuan Sedunia 11 Oktober 2022 adalah “Our time is now-our rights, our future” atau “Waktu kita adalah sekarang-hak kita, masa depan kita”.

Dalam 10 tahun terakhir, isu-isu yang penting bagi para anak perempuan terus berkembang. Namun, pemenuhan hak-hak anak perempuan di dunia masih terbatas. Mereka masih menghadapi berbagai tantangan demi mengakses pendidikan, kesehatan fisik dan mental, serta hidup layak tanpa kekerasan.

Untuk semakin meningkatkan perhatian terhadap anak perempuan di seluruh dunia, Anda dapat mengunduh dan mengunggah beberapa twibbon Hari Anak Perempuan Sedunia.

1. Link Twibbon Hari Anak Perempuan Sedunia 2022 1

2. Link Twibbon Hari Anak Perempuan Sedunia 2022 2

Berikut cara memasang twibbon Hari Anak Perempuan Sedunia 2022 melalui ponsel.

1. Ketuk salah satu twibbon yang ingin dipakai dari tautan di atas.
2. Setelah masuk ke lama Twibbonize, klik ‘Pilih Foto’ atau ‘Choose a Photo’.
3. Pilih foto yang akan digunakan, lalu klik OK.
4. Foto yang dipilih akan muncul di Twibbon Hari Anak Perempuan Sedunia 2022.
5. Usap layar untuk menggeser foto kemudian klik ‘Crop’. Pastikan fotomu sudah terlihat bagus dan presisi di dalam twibbon tersebut.
6. Twibbon Hari Anak Perempuan Sedunia 2022 sudah jadi dan dapat digunakan.
7. Untuk menggunakan, klik ‘Download’. Setelah itu, foto akan terunduh ke galeri ponsel.

Sejarah Hari Anak Perempuan Sedunia 2022 dan Kumpulan Link Twibbon

Sumber : https://www.detik.com


Tags : , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming