Sobat Phi, Olahraga elektronik alias e sports merupakan cabang olahraga yang dimainkan menggunakan PC, mobile smartphone, konsol dan gawai-gawai lainnya. Kita Bahas Yuk tentang Sejarah eSports di Indonesia.

Sejarah eSports di Indonesia

Sejarah eSports di Indonesia itu sendiri  muncul mengikuti perkembangan internet yang dimulai sejak tahun 1995. Saat itu, masyarakat sudah bisa menikmati berbagai jenis game online yang sebelumnya sudah digandrungi di luar negeri.



Game online yang yang menggunakan jaringan memungkinkan banyak orang dari berbagai negara mengakses sebuah permainan secara bersamaan. Inilah cikal bakal e sports sebagai cabang baru di dunia olahraga.

Munculnya warung-warung internet (warnet) juga semakin membuat masyarakat Indonesia familiar dengan game online. Secara resmi, e sports muncul pertama kali di tanah air pada tahun 1999. Saat itu, untuk pertama kalinya kompetisi game online diperlombakan.

sejarah esport di indonesia

Kompetisi e sport tersebut dipelopori oleh Liga Game yang merupakan wadah berkumpulnya para gamers di Indonesia. Quake II dan Starcraft merupakan dua jenis game yang diperlombakan untuk pertama kalinya.

Atlet e sports yang bermunculan pada saat ini dan mengikuti kompetisi tersebut sendiri berasal dari mereka yang merupakan gamers online yang berawal sejak menjamurnya warung internet (warnet).

Kompetisi e sports selanjutnya berlangsung pada tahun 2002. Saat itu, kejuaraan bertajuk world cyber game dilangsungkan di delapan kota besar di Indonesia. Saat itu, game yang dipertandingkan adalah FIFA World Cup, Age of Empires II, Counter-Strike, dan  StarCraft: Brood War.

Meski sempat terseok-seok di awal kemunculannya, kini e sports di Indonesia mulai mendapatkan tempatnya sebagai cabang olahraga bergengsi.

Pada April 2018 Indonesia sukses menggelar kompetisi e sports berkelas internasional bertajuk kejuaraan Indonesia Games Championship yang diikuti lebih dari 9.000 peserta dan ditonton oleh 13.000 pengunjung.

Di tahun yang sama, e sports juga mencetak sejarah baru di Indonesia ketika dipertandingkan dalam cabang olahraga eksibisi dalam pagelaran Asian Games. Demikian tadi tentang Sejarah e Sports di Indonesia , semoga bermanfaat. (Arya Baginda Pangestu)

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Kejuaraan Cabang BKC (Bandung Karate Club) Kota Bandung 2020
Kejuaraan Cabang BKC (Bandung Karate Club) Kota Bandung 2020

Persyaratan Radio Komunitas
Persyaratan Radio Komunitas

Inovasi Siswa SMKN 2 Tasikmalaya Ciptakan Lengan Robot Alat Bantu Disabilitas
Inovasi Siswa SMK Negeri 2 Tasikmalaya Ciptakan Lengan Robot Alat Bantu Disabilitas

Close