Salju Turun di Arab Saudi Saat Tahun Baru 2022, wilayah Tabuk di dekat perbatasan Yordania menemukan pasir gurun yang tertutup selimut salju putih.

Salju turun di daerah gurun pasir di Arab Saudi pada 1 Januari 2022. Dilansir dari France 24, hujan salju terjadi di barat laut Arab Saudi di Kota Jebel al Lawz di Provinsi Tabuk.

Baca Yuk :

Salju Turun di Arab Saudi Saat Tahun Baru 2022

Arab Saudi dikenal dengan iklim gurun yang kering. Namun suhu bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya karena bentang alam yang beragam yang mencakup gunung, pulau, gurun, gua, dan lembah.

Pusat Meteorologi Nasional telah mengeluarkan prakiraan badai petir disertai angin kencang dalam beberapa hari mendatang. Salju bisa turun di wilayah Asir, Jazan, Al-Madinah, Hail, perbatasan utara dan Al-Jawf, dan wilayah Tabuk.

Fenomena Arab Saudi bersalju bukan pertama kali terjadi. Salju biasanya turun di daerah pegunungan utara Turaif, Tabuk, Arar, dan Rafha.

Di barat daya yaitu di wilayah Asir juga terlihat sedikit salju. Asir adalah wilayah pegunungan Soudah yang tertutup juniper, puncak tertinggi di Arab Saudi, menjulang lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut.

Pusat Meteorologi Nasional telah mengeluarkan prakiraan badai petir disertai angin kencang dalam beberapa hari mendatang di Asir, Jazan, Al-Madinah, Hail, perbatasan utara dan Al-Jawf, dan wilayah Tabuk. Di wilayah tersebut lebih banyak salju diperkirakan akan turun.

Suhu di bawah 0 derajat celcius, terutama ketika malam hari, itu yang membuat cuaca di Jabal al-Jawz bisa berubah menjadi salju.

Suhu minimum yang tercatat di wilayah utara Arab Saudi yang berbatasan dengan Yordania, termasuk Tabuk, adalah -12 derajat celcius, terjadi pada tahun 1950. Ketika itu turun hujan salju yang signifikan dan ketebalan salju sekitar 1 inci atau 2,6 cm.

Namun sejak 1950 itu salju tak pernah turun lagi di wilayah tersebut, sebelum akhirnya fenomena itu kembali terjadi pada 14 Februari 2016. Dilanjut pada 18 Februari 2021, dan terakhir pada 1 Januari 2022.

Referensi: Republika.co.id, kumparan.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , ,

Streaming Now