Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Robot Hewan Tercanggih Terinspirasi Dari Hewan, Sejak zaman dahulu, di era robot masih jadi penemuan revolusioner. Perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang industri,mengambil inspirasi wujud robot dari mahluk hidup alami. Di mana pendekatannya terinspirasi dari  alam untuk pemecahan masalah dan desain ini disebut dengan “biomimikri,”, membuat robot dalam bentuk hewan adalah salah satunya.

Robot Hewan Tercanggih Terinspirasi Dari Hewan

Baca Yuk :

Di dunia robotik modern, biologi sendiri sangat diterapkan untuk pergerakan robot dan perilaku yang lebih alami dalam berinteraksi dengan dunia. Inspirasi biologis pun diambil, mulai dari cara terbang kelelawar, hingga cara berenang ikan.

Robot yang telah diciptakan dengan bentuk atau fungsi mirip beberapa jenis binatang. Robot tersebut juga memiliki kegunaan yang bermacam-macam. Beragam robot tersebut diantaranya sebagai berikut:

Pleurobo

Salamander dijuluki fosil hidup oleh para ilmuwan. Hal ini disebabkan oleh salamander merupakan spesies awal yang hidup di muka Bumi.

Seperti para ilmuwan di Ecole Polytechnique Federale de Lausanne di Swiss, yang menghabiskan waktu untuk mengamati amfibi tersebut berjalan lewat citra sinar X, mereka berhasil membuat robot bernama Pleurobo, robot berbentuk seperti rangka yang bisa melakukan pergerakan di rerumputan tinggi layaknya salamander.

Penemuan robot ini dipercaya akan jadi jembatan untuk menemukan revolusi di dunia neuroprosthetic, yang merupakan antarmuka mesin yang menyatu dengan otak. Hal ini dilakukan salamander yang punya koneksi kuat antara tulang belakang dan otak.

Octobot

Manuver super licin dari cephalopoda seperti gurita dan cumi-cumi, telah menjadi inspirasi robotik yang sangat penting. Tercurah dari robot produksi Soft Robotic di Harvard serta robot buatan UC San Diego berupa robot yang bisa berjalan di bebatuan.

Octobot adalah penemuan yang cukup mutakhir dari apa yang terinspirasi dari keluarga gurita. Karena Octobot yang dibuat dari para ilmuwan Harvard, meniru tekstur dari gurita dan menerapkan komponen-komponen ’empuk’ untuk robot ini agar bisa berjalan dengan halus.

Robot ini adalah hasil cetakan 3D Printer yang disematkan sirkuit di dalamnya. Pergerakan robot ini ada berkat reaksi kimia hidrogen-peroksida yang bisa mengisi dan mengosongkan udara di dalam sebuah ruang berisi udara yang berfungsi seperti ban dalam.

Robot kura-kura

Para ilmuwan robot di Swiss Federal Instituteof Technology menciptakan robot bawah air terinspirasi kura-kura.Julukannya adalah Naro Tartaruga.

Robot dari bahan alumunium ini dapat seperti kura-kura, akan tetapi dengan kecepatan lebih tinggi. Ia juga mampu berenang hingga sampai 300 kaki. Robot ini di tujukan untuk menguji kedalaman lautan, dan menggunakan  remote control sebagai system pengendalinya.

Robot ular

Robot  ular buatan OC Robotics yang berbasisdi Inggris, Robot sepanjang 30 cm tersebut akan membantu dokter melakukan operasi bedah penyakit tumor. Ia dikendalikan untukmenjangkau bagian tubuh yang sulit dicapai.

Cassie

Para ilmuwan dari Oregon State University, membuat sebuah robot yang juga memiliki dua kaki, namun terinspirasi dari burung besar yang tak bisa terbang yakni burung unta.

Keunikan dari burung unta ketimbang anatomi robot mirip manusia adalah kemampuan berlari dengan akselerasi luar biasa, dengan keseimbangan yang juga luar biasa. Kunci keseimbangan yang baik terdapat di bagian tubuhnya yang seakan-akan membagi beban ke bagian depan.

Robot burung elang

Robot buatan Clear Flight Solutions’ Robobirds. Mengambil bentuk burung elang sebagai inspirasinya, robot ini yang dirancang agar terlihat semirip mungkin dengan aslinya dengan harapan bahwa memiliki burung-burung robot ini bisa cukup untuk menghentikan burung-burung sebenarnya yang tersesat dari dan ke jalur penerbangan pesawat.

Yume neko smile

Robot canggih yang satu ini memang benar benar mirip sekali dengan kucing sungguhan. Bukan hanya dari sisi tampilannya saja yang serupa.

Semua tingkah dari si robot memang dirancang menyerupai prilaku hewan lucu dan menggemaskan tersebut. Bahkan, kucing asli pun bisa terkecoh dibuatnya dan menganggap si robot bagian dari mereka.

Pada dasarnya robot kucing ini diciptakan untuk keperluan menemani lansia di hari tuanya. Namun, robot ini dapat dimiliki oleh siapa saja.

Beberapa fitur istimewa hewan menjadi inspirasi untuk membuat robot dengan kemampuan sangat mengesankan, yang mampu melakukan hal-hal menakjubkan.

Demikian tadi informasi tentang Robot Hewan Tercanggih Terinspirasi Dari Hewan, semoga bermanfaat.

(idntimes.com, merdeka.com)

Robot Hewan Tercanggih Terinspirasi Dari Hewan

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , ,

Streaming Now