Rein Vidya Banafsha Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Termuda 19 Tahun. Dikutip dari detik.com, Predikat tersebut ia dapatkan pada Upacara Wisuda Gelombang 3 Tahun Akademik 2021/2022, Selasa (7/6/2022). Sebelumnya saat masih menjadi mahasiswa baru, Rein juga disebut sebagai mahasiswa termuda di Unpad. Saat itu, usianya masih 15 tahun.

Sejak Rein duduk di bangku SMP, ia telah mengikuti kelas akselerasi atau percepatan di SMPN 5 Tasikmalaya dan berhasil lulus dalam kurun waktu 2 tahun. Lalu, ia masuk ke SMAN 1 Tasikmalaya, kembali mengikuti kelas akselerasi dan lulus dalam 2 tahun.


Rein Vidya Banafsha Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Termuda 19 Tahun

Rein Vidya Banafsha namanya, wisudawan termuda yang lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad). Rein menjadi wisudawan termuda di usia 19 tahun 4 bulan. Dikutip dari laman resmi Unpad, Rein resmi menjadi mahasiswa Unpad pada 2018 silam melalui jalur SBMPTN. Ia berhasil lulus pada Februari 2022 lalu dengan waktu 3,5 tahun.

“Lumayan susah belajar di FK, kalau dinikmati prosesnya akan bisa melewati itu semua,” ungkapnya.

Pada awalnya, Rein merasa ragu dan memiliki mindset kalau berkuliah di Kedokteran pasti berat. Namun pada akhirnya, ia berhasil melewati semua rintangan dan menikmati tiap detik masa-masa perkuliahannya.

Rein juga menjelaskan terkait kondisi pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 yang cukup berpengaruh. Menurutnya, terdapat perbedaan yang signifikan antara kuliah tatap muka dengan daring, terlebih saat praktikum.

“Karena praktik online, jadi kurang mengerti. Lebih menempel kalau offline,” ujar Rein.

Lebih lanjut, Rein memaparkan tentang tantangan-tantangan lainnya yang harus ia jalani saat pembelajaran daring. Ia mengatakan, pembelajaran daring membuatnya harus pintar-pintar mengatur waktu saat mengerjakan tugas di rumah.

Kendati demikian, banyaknya tantangan tidak membuat Rein patah semangat. Ia bahkan berhasil lulus lebih cepat dan menjadi wisudawan termuda di Unpad.

Setelah ini, Rein akan melanjutkan Pendidikan Profesi Kedokteran untuk meraih gelar dokternya. Ia sudah mantap memilih pendidikan Spesialis.

Nah, itulah kisah wisudawan termuda di Fakultas Kedokteran Unpad yang berhasil lulus di usianya yang masih menginjak 19 tahun. Semoga, cerita Rein Vidya Banafsha dapat menginspirasi buat kita semua.

Rein Vidya Banafsha Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Termuda 19 Tahun

Usia 15 Tahun, Rein Vidya Banafsha Sudah Jadi Mahasiswa Kedokteran Unpad

Rein Vidya Banafsha menjadi mahasiswa baru Universitas Padjadjaran tahun akademik 2018/2019 termuda di antara rekan-rekan seangkatannya. Perempuan asal Tasikmalaya yang diterima di Fakultas Kedokteran Unpad tersebut saat ini berusia 15 tahun 10 bulan.

Dikutip dari unpad.ac.id, Ditemui saat pelaksanaan registrasi administratif di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (7/8), Rein mengungkapkan, sejak duduk di bangku SMP, ia sudah mengikuti kelas percepatan. Ia pun menyelesaikan studi di SMPN 5 Tasikmalaya dalam waktu 2 tahun saja.

Masuk ke SMAN 1 Tasikmalaya, Rein juga mengikuti kelas percepatan dan kembali lulus dalam dua tahun saja. Saat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Rein mantap memilih program studi Kedokteran Unpad pada pilihan pertama.

“Terbayang banget bakal susah belajar Kedokteran, bakal banyak waktu yang harus dikorbankan. Tetapi, Insyaallah siap,” ujar Rein.

Saat ditanya mengapa memilih Kedokteran Unpad, Rein mengungkapkan bahwa kuliah di Kedokteran Unpad bebas dari biaya. Ia mengaku siap mengabdi sebagai dokter di wilayah mana saja, baik di Jawa Barat maupun di luar Jawa Barat.

Selain siap mengikuti aktivitas akademik, putri pasangan Pian Sopyan Nurochman dan Nenden Diana ini ingin aktif di kegiatan organisasi dan kemahasiswaan. Salah satu organisasi kemahasiswaan yang tertarik untuk diikutinya adalah Asian Medical Student Association (AMSA) di FK Unpad.

Rein yang memiliki hobi menggambar dan bernyanyi ini juga memiliki keinginan untuk bergabung dengan unit paduan suara di Unpad. “Prioritas utama adalah pendidikan, tetapi saya memiliki kesempatan untuk bebas berorganisasi, dan gak akan saya lewatkan,” ujar putri kelahiran Tasikmalaya, 3 Oktober 2002 ini.

Setelah lulus menjadi dokter nanti, Rein berencana melanjutkan studinya menjadi dokter spesialis saraf. Selain Rein, Najmah Shafa Zahirah juga tercatat menjadi mahasiswa baru Unpad di program studi Kedokteran Gigi dengan usia 15 tahun 10 bulan.

Rein Vidya Banafsha Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Termuda 19 Tahun

Sumber :

 


Tags : , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming