Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Puncak Fenomena Super Strawberry Moon, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan bahwa pada Rabu 15 Juni 2022 pukul 06.21 WIB akan terjadi puncak fenomena langit Super Strawberry Moon.

Menurut BMKG, Strawberry Moon merupakan Bulan Purnama yang terjadi pada Juni. Peristiwa itu adalah fenomena biasa yang terjadi setiap tahun.

Baca Yuk :

Puncak Fenomena Super Strawberry Moon

Istilah tersebut biasanya dipakai di Amerika atau negara yang mengalami panen buah stroberi pada Bulan Juni. Bulan Purnama kali ini berdekatan dengan fenomena Supermoon, sehingga disebut dengan Super Strawberry Moon.

“Puncak Bulan Purnama terjadi pada 14 Juni 2022 pukul 18.51 WIB, sedangkan puncak Supermoon terjadi pada 15 Juni pukul 06.21 WIB,” papar BMKG dalam ungahannya di media sosial seperti yang dilihat Okezone, Rabu (14/6/2022).

Fenomena Full Strawberry Supermoon sendiri, merupakan Purnama yang terjadi setiap Juni. Definisi ini, juga dapat dipakai untuk fase Bulan Baru.

Dilansir dari EDUSAINSA BRIN (LAPAN), Selasa (14/6/2022), bukan berarti karena namanya Purnama Stroberi makan Bulan berwarna kemerahan dan agak lancip di ujungnya seperti stroberi.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangeran, menjelaskan bahwa asal-usul penamaan ini muncul karena dalam The Farmer’s Almanac (Almanak Petani Amerika), di mana menandakan buah stroberi dipanen pada bulan Juni.

“Penamaan ini semata-mata untuk menandai musim yang timbul pada waktu-waktu tertentu bagi penduduk asli Amerika,” kata Andi dalam keterangan resminya.

Andi menyampaikan, Bulan Purnama Stroberi kali ini terbilang istimewa karena bertepatan dengan Bulan Purnama Super (Full Supermoon) atau secara teknis disebut Perigeal Full Moon (Purnama Perige).

Fenomena Strawberry Moon memang biasa muncul pada Juni. Hanya saja, di Amerika Serikat bulan Juni identik dengan panen stroberi. Alhasil, istilah Strawberry Moon pun menyebar.

“Penamaan ini berasal dari The Farmer’s Almanac (Almanak Petani Amerika). Pada bulan Juni dilakukan panen stroberi, sedangkan pada bulan juli rusa jantan muda mulai tumbuh tanduknya.,” kata Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang.

Bulan purnama adalah fase bulan yang terjadi kira-kira sekali setiap bulan, ketika bulan terletak berlawanan dengan Matahari-Bumi.

Selama fenomena bulan purnama berlangsung, sisi Bulan yang menghadap ke Bumi terang seutuhnya, dan muncul menjadi pemandangan bulan dengan lingkaran sempurna.

Strawberry Moon sendiri merupakan satu dari tiga fenomena antariksa yang bisa dilihat jelas dari Bumi selama bulan Juni dan Juli. Melansir situs resmi BRIN, tiga fenomena tersebut yaitu Purnama Stroberi

Puncak Fenomena Super Strawberry Moon

Referensi:

  • BMKG: Puncak Fenomena Super Strawberry Moon Pagi Besok, okezone.com
  • Asal-Usul Nama Strawberry Moon yang Mungkin Belum Anda Ketahui,okezone.com
  • Strawberry Moon Sapa Jakarta, Sempat Berkilau Sebelum Tertutup Awan, cnnindonesia.com
  • June’s strawberry moon will light up the sky this week, cnn.com
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,