Profil Nugroho Setiawan Ahli Keamanan FIFA dari Indonesia, Pemilik Licensi FIFA Security Officer. Nugroho Setiawan merupakan orang Indonesia yang memegang lisensi FIFA Security Officer. Sebelumnya, Nugroho Setiawan juga pernah menjabat Kepala Departemen Infrastruktur, Keamanan, dan Keselamatan PSSI.

Dikutip dari laman PSSI, debutnya di dunia keamanan sepak bola terjadi kala ia dipercaya menjadi security officer tim Pelita Jaya pada 2008. Saat itu, Pelita Jaya jadi satu-satunya klub di Liga Indonesia yang resmi memiliki security officer. Pemegang FIFA dan AFC Security Officer, Nugroho Setiawan masuk dalam Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan. Berikut profil Nugroho Setiawan.


Profil Nugroho Setiawan Ahli Keamanan FIFA dari Indonesia, Pemilik Licensi FIFA Security Officer

Selain itu, Nugroho juga pernah bertugas di Asian Games 2018, Piala AFC U-16 dan U-19, serta masuk tim inti bidding dan persiapan Piala Dunia U-20. Setelah satu tahun bekerja di Pelita Jaya, Nugroho menjadi konsultan operator Liga Indonesia. Khususnya, ia biasanya dilibatkan dalam pertandingan seremonial dan pertandingan berstatus berisiko tinggi seperti laga Persib vs Persija atau Arema vs Persebaya.

Di samping sepak bola, Nugroho saat ini merupakan konsultan ahli di bidang manajemen pengamanan di beberapa perusahaan BUMN dan perusahaan-perusahaan penyedia jasa keamanan. Selain itu ia juga jadi pengajar sertifikasi untuk manajer keamanan.

Sebelumnya, Nugroho tak pernah berpikir akan fokus menekuni karier di dunia pengelolaan keamanan sepak bola. Jebolan Sastra Rusia Universitas Indonesia ini sebenarnya lebih suka dengan bidang seni gambar, dan punya cita-cita jadi seniman.

Baca Juga :  Rekomendasi Tempat Makan Seruit Kuliner Khas Lampung

Namun, ia tidak pernah menyesali langkah yang diambilnya. Hobinya tersebut malah erat hubungannya dan berguna dalam pekerjaannya saat ini. Salah satunya dalam hal membuat grand design perencanaan keamanan.

“Saya nilai pekerjaan saya saat ini adalah bagian dari seni. Tak ada yang impulsif, semua harus based on plan bagaimana memetakan petugas internal kita, pintu masuk penonton, titik keramaian penonton, hingga titik penjagaan pihak kepolisian. Itu seninya,” kata Nugroho pada 2018 silam dikutip dari laman PSSI.

Profil Nugroho Setiawan Ahli Keamanan FIFA dari Indonesia, Pemilik Licensi FIFA Security Officer

Pembentukan TGIPF dibentuk pada Senin (3/10/2022) diketuai Menko Polhukam Mahfud MD yang beranggotakan 13 orang mulai dari menteri, akademisi, jurnalis, mantan pengurus PSSI hingga mantan pemain Timnas Indonesia. Nama Nugroho Setiawan pun masuk didalamnya.

Nugroho Setiawan, eks Security Officer PSSI yang kini menjabat sebagai Security Officer di Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) tergabung ke dalam TGIPF yang mengusut Tragedi Kanjuruhan ini. Nugroho Setiawan bukanlah nama asing di sepak bola Indonesia. Lantas siapa Nugroho Setiawan? Simak profilnya berikut ini.

Profil Nugroho Setiawan dicari pasca kejadian suram di Stadion Kanjuruhan yang merenggut 125 nyawa pada Sabtu (1/10/2022) malam hari. Pemerintah pun membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk mengusut Tragedi Kanjuruhan.

Sebagai informasi peristiwa Kanjuruhan ini bermula dari laga Derby Jawa Timur, Arema FC melawan Persebaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) malam. Para suporter Arema turun ke lapangan dan terjadi kericuhan setelah petugas melakukan tembakan gas air mata ke arah tribun. Para suporter panik dan berdesakan saat keluar stadion yang menyebabkan banyak orang terhimpit dan sesak nafas. Peristiwa tersebut kini menjadi sorotan seluruh dunia.

Baca Juga :  Rekomendasi Tempat Makan Seruit Kuliner Khas Lampung

Nugroho Setiawan menjadi salah satu orang yang mengomentari atas terjadinya Tragedi Kanjuruhan setelah laga Arema FC melawan Persebaya. Pemilik lisensi FIFA Security Officer ini sempat diwawancarai oleh ABC News terkait dengan peristiwa tersebut.

Profil Nugroho Setiawan Ahli Keamanan FIFA dari Indonesia, Pemilik Licensi FIFA Security Officer

Nugroho Setiawan ditanya mengenai permasalahan sepak bola Indonesia dan ia menjawab, “Sebenarnya masalahnya itu-itu saja, dan usaha (perbaikan) ke arah situ sering terlupakan karena sibuk untuk menggelar pertandingan dan kompetisinya, mengejar klasemen, dan mengejar revenue barangkali ya,”

Ia menyebut bahwa pemangku kebijakan sepak bola Indonesia seharusnya bekerja sama untuk membuat budaya suporter sepak bola lebih baik melalui prosedur pengamanan dan  infrastruktur yang harus tetap dikawal.

Nugroho Setiawan pernah menjabat sebagai Security Officer Pelita Jaya pada tahun 2008. Setelah itu, ia menjadi Head of Infrastructure, Safety and Security PSSI. Ia disebut sebagai satu-satunya security officer dari Indonesia yang mengantongi lisensi dari FIFA. Nugroho sering kali terlibat dalam pertandingan seremonial dan pertandingan dengan status risiko tinggi.

Tak hanya sebagai seorang ahli dalam keamanan sepak bola, Nugroho menjadi konsultan manajemen pengamanan di beberapa perusahaan, salah satunya adalah PLN.

Lulusan Sastra Rusia Universitas Indonesia (UI) ini juga mengajar sertifikasi manajer keamanan. Ia tidak lagi menjabat sebagai pengurus PSSI sejak tahun 2020.

Baca Juga :  Rekomendasi Tempat Makan Seruit Kuliner Khas Lampung

Muncul spekulasi atas ketidakhadirannya dalam federasi sepak bolah tanah air ini. Salah satu warganet di Twitter menjelaskan bahwa Nugroho Setiawan dipecat dari federasi karena alasan ketidaksukaan.

Dulu Pak Nug juga sering membekali polisi soal SOP keamanan bola. Dan karena alasan ketidaksukaan dipecat oleh federasi,” imbuh warganet tersebut.

 Sementara dalam wawancara dengan ABC News, Nugroho mengatakan alasannya keluar dari PSSI lantaran ada situasi politik organisasi yang mana membuat dirinya harus menyingkir. Detilnya, ia tidak menjelaskan.

Profil Nugroho Setiawan Ahli Keamanan FIFA dari Indonesia, Pemilik Licensi FIFA Security Officer

Daftar Anggota TGIPF

Ketua: Menko Polhukam Mahfud MD

Wakil Ketua: Menpora Zainuddin Amali

Sekretaris: Dr. Nur Rochmad (mantan Jampidum/mantan Dep. III Kemenko Polhukam)

Anggota:

  • Prof. Dr. Rhenald Kasali (Akademisi UI)
  • Prof. Dr. Sumaryanto (Rektor UNY)
  • Akmal Marhali (pengamat olahraga/Koordinator Save Our Soccer)
  • Anton Sanjoyo (jurnalis olahraga – Harian Kompas)
  • Nugroho Setiawan (AFC Security Officer)
  • Letjen TNI (Purn.) Doni Monardo (mantan Kepala BNPB)
  • Mayjen TNI (Purn.) Dr. Suwarno S.IP,M.Sc (Wakil Ketum 1 KONI)
  • Irjen Pol (Purn.) Sri Handayani (mantan Wakapolda Kalimantan Barat)
  • Laode M. Syarif, S.H., LLM., Ph.D (Kemitraan)
  • Kurniawan Dwi Yulianto (mantan pemain timnas/APPI)

Demikian ulasan seputar profil Nugroho Setiawan, pemegang lisensi security officer FIFA yang kini tergabung ke dalam TGIPF yang mengusut Tragedi Kanjuruhan.

Profil Nugroho Setiawan Ahli Keamanan FIFA dari Indonesia, Pemilik Licensi FIFA Security Officer

Sumber :


Tags : , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming