Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Pohon Tertua di Dunia ditemukan di Chile, Tumbuhnya di Zaman Batu 5.000 Tahun yang Lalu, yaitu pohon Alerce Milenario, Ilmuwan memperkirakan usia pohon Alerce Milenario atau Gran Abuelo di Chilemencapai 5.484 tahun dan merupakan pohon tertua di dunia. Pohon Alerce Milenario terletak di Taman Nasional Alerce Costero.

Usia pohon itu melebihiusia pohon tertua sebelumnya yang ada di Methuselah, pohon pinus berjenis bristlecone di California timur, yang berusia 4.853 tahun. Studi terbaru ini dilakukan oleh Jonathan Barichivich, seorang ilmuwan asal Chile.

Baca Yuk :

Pohon Tertua di Dunia ditemukan di Chile, Tumbuhnya di Zaman Batu 5.000 Tahun yang Lalu

Para peneliti di Chile menemukan pohon kuno yang diperkirakan berusia 5.484 tahun. Pohon tersebut memiliki batang setebal empat meter.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh Dr Jonathan Barichivich, seorang peneliti Chile di Laboratorium Ilmu Iklim dan Lingkungan di Paris, menunjukkan bahwa pohon itu, cemara Patagonian, juga dikenal sebagai alerce milenario, diperkirakan berumur 5.484 tahun.

Pohon kuno itu menjulang di atas lembah yang sejuk dan lembab di taman nasionalAlerceCostero, celah-celahnya yang berbonggol-bonggol melindungi lumut, lumut kerak dan tanaman lainnya.

Tapi sayangnya, pengunjung masih dapat menginjak akar pohon, yang menurut Barichivich menyebabkan kerusakan pada pohon, selain juga karena faktor perubahan iklim yang ikut mengancam kelestarian daerah tersebut.

Para ilmuwan menggunakan proses yang disebut dendrochronology, yaitu menggunakan bor berbentuk-t untuk menentukan usia pohon dengan cara menemukan jumlah cincin pertumbuhan yang dimilikinya.

Karena ketidakmampuan untuk mencapai pusat pohon dengan bor, Barichvich beralih ke metode lainnya. Ia menggunakan metode statistik untuk menentukan usia penuh dari pohon Alerce Milenario.

Barichvich menggunakan inti lengkap dari pohon Alerce lain dan informasi tentang bagaimana faktor lingkungan dan variasi acak mempengaruhi pertumbuhan pohon untuk mengkalibrasi model yang mensimulasikan kisaran kemungkinan usia pohon pada awal periode yang dicakup oleh inti parsial, bersama dengan probabilitas untuk setiap usia.

Metode ini menghasilkan perkiraan usia keseluruhan adalah 5.484 tahun, dengan kemungkinan 80% bahwa pohon itu telah hidup selama lebih dari 5.000 tahun.

Pohon Tertua di Dunia ditemukan di Chile, Tumbuhnya di Zaman Batu 5.000 Tahun yang Lalu

Referensi:

  • Pohon Tertua di Dunia Ditemukan di Chile, Seperti Apa?, kompas.com
  • Ditemukan Pohon Tertua Berumur 5.484 Tahun, Ini Penampakannya, cnbcindonesia.com
  • 5,000-year-old giant: How long does the world’s oldest tree have left?, euronews.com
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,