Philo Farnsworth Penemu Televisi Elektronik di Usia 14 Tahun. Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, di usia 14 tahun, ia menyadari bahwa teknologi elektronik dapat memindai gambar jauh lebih cepat dan halus dibanding perangkat mekanis apapun. Ia terus mengembangkan ciptaannya hingga pada tahun 1922 dan telah menyusun garis besar dasar televisi elektronik.

Philo Farnsworth adalah penemu televisi Amerika yang mengembangkan sistem televisi elektronik pertama. Farnsworth menemukan ide untuk membuat televisi saat sedang berladang.



Baca Yuk :

Philo Farnsworth Penemu Televisi Elektronik di Usia 14 Tahun

Pada tahun 1923, saat masih duduk di bangku SMA, Farnsworth juga masuk Universitas Brigham Young di Provo, Utah, sebagai mahasiswa istimewa. Namun, kematian ayahnya pada Januari 1924 menyebabkan dia harus meninggalkan Brigham Young dan bekerja untuk menghidupi keluarganya. Farnsworth harus menunda mimpinya mengembangkan televisi.

Pada tahun 1926, ia bekerja untuk penggalangan dana amal George Everson dan Leslie Gorrell. Dia meyakinkan mereka untuk menjalin kemitraan dalam memproduksi sistem televisinya. Farnsworth pindah ke Los Angeles dengan istrinya, Pem Gardner, dan mulai bekerja.

Farnsworth dengan cepat menghabiskan USD 31.000 atau sekitar 442 juta saat ini (kurs Rp 14.268) yang disiapkan oleh Everson dan Gorrell. Dia membuat transmisi televisi elektronik pertamanya yang sukses pada 7 September 1927 dan mengajukan paten untuk sistemnya pada tahun yang sama.

Philo Farnsworth Penemu Televisi Elektronik di Usia 14 Tahun



Farnsworth terus menyempurnakan sistemnya dan memberikan demonstrasi pertama kepada pers pada bulan September 1928. Pada tahun 1930, Radio Corporation of America (RCA) mengirim kepala proyek televisi elektronik mereka, Vladimir Zworykin, untuk mengevaluasi pekerjaan Farnsworth.

RCA menawarkan Farnsworth USD 100.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar untuk karyanya. Tapi Farnsworth menolak tawaran itu.

Sebaliknya, Farnsworth bergabung dengan pabrik radio Philadelphia Storage Battery Company (Philco) pada tahun 1931, tetapi asosiasi mereka hanya bertahan sampai tahun 1933.

Akhirnya pada 1937, Farnsworth membentuk perusahaannya sendiri, Farnsworth Television, dan membuat lisensi dengan American Telephone & Telegraph (AT&T). Didukung oleh kesepakatan AT&T, Farnsworth Television di-reorganisasi sebagai Farnsworth Television and Radio.

Philo Farnsworth Penemu Televisi Elektronik di Usia 14 Tahun

Tahun-tahun perjuangan dan kerja yang melelahkan telah melemahkan Farnsworth. Hingga pada tahun 1939, ia pindah ke Maine untuk memulihkan diri setelah mengalami gangguan saraf.

Sepeninggalnya di usia 65 tahun, Farnsworth telah berjasa pada perkembangan televisi elektronik yang kita temui selama ini.

Dilansir dari Science Focus, Philo Farnsworth merupakan penemu televisi elektronik yang sering terlupakan. Ia adalah cetak biru televisi elektronik perdana di dunia. Terima kasih atas jasamu, Farnsworth!

Philo Farnsworth Penemu Televisi Elektronik di Usia 14 Tahun

Sumber : detik.com

Baca Yuk :



Artikel Pilihan :


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Streaming Now