Pesona Keindahan Gunung Rinjani Lombok, Gunung Rinjani Lombok merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl.

Pesona Keindahan Gunung Rinjani Lombok

ridwan kamazarove



Gunung Rinjani Lombok

Pesona Keindahan Gunung Rinjani Lombok

Pesona Keindahan Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani adalah gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung Rinjani merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani .

Pendakian Gunung Rinjani (puncak) merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung Rinjani sebagai gunung vulkanik yang masih aktif nomor 2 tertinggi di Indonesia.




Pesona unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani yang sangat prospektif adalah Danau Segara Anak, lokasi ini dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian yaitu jalur pendakian Senaru dan jalur pendakian Sembalun.

Untuk mengunjungi Danau Segara Anak dari jalur Senaru dibutuhkan waktu tempuh sekitar 7 – 10 jam berjalan kaki (± 8 Km) dari pintu gerbang jalur pendakian Sedangkan dari jalur pendakian Sembalun ditempuh dalam waktu 8 – 10 jam. Danau segara anak dengan ketinggian ± 2.010 m dpl dan kedalaman danau sekitar ± 230 meter mempunyai bentuk seperti bulan sabit dengan luasan sekitar 1.100 Ha.

Disekitar Danau Segara Anak terdapat lahan yang cukup luas dan datar, dapat digunakan untuk tempat berkemping/berkemah, juga pengunjung bisa memancing ikan di danau atau berendam di air panas yang mengandung belerang.

Salah satu keindahan alamnya berada di Danau Segara Anak yang danaunya berwarna amat biru seperti air laut.Terdapat pula Gua Susu atau Gua Payung Mas yang memiliki beberapa pemandian air panas.



Sejarah Taman Nasional Gunung Rinjani

Menurut sejarah kawasan ini tercatat 2 kejadian penting yaitu;

  • 17 Maret 1941 menurut Surat Keputusan SK No. 15 Staatblad Nomor 77. Pemerintah Belanda saat itu menyatakan status kawasan ini sebagai daerah Suaka Margasatwa Rinjani Wilayan Sunda Kecil.
  • 24 Maret 1990 Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 448/Kpts-II/1990 pada acara Pekan Konservasi Alam Nasional III di Mataram, NTB. Menyatakan bahwa status kawasan yang sebelumnya Suaka Margasatwa berubah menjadi Taman Nasional Gunung Rinjani dengan luas 40.000 ha menurut site resmi Balai TNGR. Ekosistem di Taman Nasional Gunung Rinjani adalah ekosistem hutan primer 40%, savana 40%, daerah tandus 10% serta semak belukar, hutan tanaman dan hutan sekunder 10%.




Tips saat Mendaki Gunung Rinjani

  • Siapkan Fisik dan mental
    Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Indonesia sehingga memerlukan persiapan yang matang sebelum mendakinya. Dibutuhkan waktu 4-5 hari untuk mendaki gunung rinjani  sehingga perlu persiapan fisik dan mental.
  • Hindari perjalanan malam
    Hindari perjalanan malam hari karena medan akan sulit dilalui apalagi udara di gunung Rinjani mencapai 5 derajat celcius. Jika tidak mengetahui medan yang akan dihadapi ada baiknya untuk menyewa porter atau guide untuk memandu perjalanan sehingga waktu yang ditempuh lebih efisien.
  • Daftarkan pada pos Informasi
    Pastikan nama terdaftar pada pos informasi sebelum memulai perjalanan mendaki sehingga keamanan saat mendaki bisa dijaga dengan maksimal.

Akses menuju Pulau Lombok selain dapat ditempuh melalui jalur darat menggunakan bus langsung Jakarta – Mataram dengan menyeberang menggunakan kapal ferry dua kali (Selat Bali dan Selat Lombok), juga dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang.



Kearifan lokal baik budaya maupun agama yang saling bersinergi menjunjungi tinggi rasa kebudayaan sehingga melengkapi keindahan gunung Rinjani. Sobat phi, Demikian artikel tentang Pesona Keindahan Gunung Rinjani Lombok, semoga bermanfaat.

Source: indonesiakaya.com, youtube ridwan kamazarove

Pesona Keindahan Gunung Rinjani Lombok

Read previous post:
tanaman aromaterapi
Tanaman Aromaterapi Untuk Relaksasi

Close