Perubahan Pelaksanaan UTBK – SBMPTN 2020 Pada Masa Pandemi. Ujian masuk PTN lewat Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK SBMPTN 2020 bakal segera diadakan. Tapi, pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi di tengah pandemi COVID-19.

Perubahan Pelaksanaan UTBK – SBMPTN 2020 Pada Masa Pandemi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai penyelenggara telah melakukan beberapa perubahan. Mulai dari alur pendaftaran sampai materi yang akan diujikan.



Ada beberapa hal yang perlu dicatat baik-baik buat calon mahasiswa sebelum mengikuti UTBK SBMPTN 2020. Simak di bawah ini, ya!

Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyampaikan beberapa perubahan dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 yang harus ditempuh guna menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.

Melansir akun Instagram @ltmptofficial, pelaksanaan UTBK 2020 akan tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dengan beberapa perubahan, yakni:

  1. Materi tes disederhanakan, yaitu hanya tes potensi skolastik (TPS). Akan disesuaikan faktor pembobotan sub-tes berdasarkan program studi yang diambil.
  2. Setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil 1 kali tes.
  3. Tes dilaksanakan 4 sesi setiap hari (kecuali hari Jumat 2 sesi).
  4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan secara bersamaan (selain memilih lokasi tes pusat UTBK, juga langsung memilih PTN dan prodi).



Alur Pendaftaran UTBK 2020:

  1. Peserta mendaftar UTBK melalui laman portal (SSO).
  2. Peserta memilih pusat UTBK di kota masing-masing.
  3. Peserta melakukan pembayaran melalui bank mitra (jika peserta memiliki nomor pendaftaran KIP-Kuliah dan ada flag bebas bayar biaya UTBK, akan langsung mendapat nomor peserta).
  4. Peserta mendapatkan nomor peserta.

Alur Pendaftaran SBMPTN 2020:

  1. Setelah mendaftar UTBK, peserta dapat mendaftar SBMPTN.
  2. Pilihan prodi tidak boleh lintas PTN SN-SB dengan politeknik (pilihan 1 prodi anggota SN-SB/non-politeknik dan pilihan 2 prodi anggota SN-SB/non-politeknik. Pilihan 1 prodi politeknik dan pilihan 2 prodi politeknik).
  3. Peserta meng-upload portofolio (apabila disyaratkan oleh prodi).
  4. Peserta melakukan konfirmasi dan simpan permanen.
  5. Setelah simpan permanen, peserta dapat mengunduh kartu tanda peserta UTBK- SBMPTN.

Materi dalam UTBK 2020 adalah tes potensi skolastik (TPS), yaitu:

  1. TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di pendidikan tinggi atau sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.
  2. Dalam TPS, yang akan diuji adalah kemampuan penalaran umum pengetahuan, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.
  3. Kemampuan kuantitatif mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.
  4. Sebagian soal disajikan dalam bahasa Inggris.

Pendaftaran UTBK – SBMPTN dilaksanakan tanggal 2-20 Juni 2020, pengumuman (25 Juli 2020), dan pelaksanaan UTBK (5-12 Juli 2020). Sesi I dijadwalkan pukul 08.00-10.15 WIB dan sesi II pukul 13.30-25.45 WIB.

Perubahan Pelaksanaan UTBK – SBMPTN 2020 Pada Masa Pandemi



“Dipahami baik-baik ya para calon mahasiswa. Tetap semangat dan jaga kesehatan agar kalian dapat menjalani tes semaksimal mungkin dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Keterbatasan kondisi jangan sampai menjadi penghalang bagi kalian untuk meraih cita-cita.Jika ingin menonton siaran ulangnya, kalian bisa akses di akun Youtube LTMPT OFFICIAL,” tulis akun Instagram @ltmptofficial.

Perubahan-Pelaksanaan-UTBK---SBMPTN-2020-Pada-Masa-Pandemi-a

sumber : http://disdik.jabarprov.go.id/news/2175/pelaksanaan-utbk—sbmptn-2020-dalam-kondisi-pandemi

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Pengertian Apa itu New Normal?
Pengertian Apa itu New Normal?

5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Dibutuhkan
5 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Dibutuhkan

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 28 Mei 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 28 Mei 2020

Close