Sobat Phi, tahukah kamu ternyata ada lho Perbedaan Radio Online dan Radio Streaming, Di zaman yang serba daring ini, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Streaming.

Meskipun sudah lama ada, radio streaming belum terlalu populer. Namun, seiring berjalannya waktu, radio streaming mengalami perubahan dan perbaikan yang semakin menarik.

Perbedaan Radio Online dan Radio Streaming

Inilah tiga perbedaan mendasar radio online dan radio streaming. Simak sama-sama, yuk!

  1. Radio Online Versi Lain dari Offline
    Pada dasarnya, prinsip kerja radio online dan radio streaming hampir sama. Yang membedakan adalah, jika Radio Online adalah radio yang juga memiliki radio offline, jadi pendengarnya bisa mendengarkan program siaran tersebut melalui radio online maupun radio offline, seperti AM maupun FM. Dan biasanya apa yang disiarkan di radio online sama dengan yang disiarkan di radio offline.
  1. Radio Streaming Butuh Perangkat Khusus
    Nah, radio streaming adalah stasiun radio yang menyediakan radio yang hanya bisa didengarakan melalui gawai, laptop/komputer melalui internet yang diubah menjadi data digital.
    Untuk mendengarkan radio streaming, kamu perlu terhubung dengan jaringan internet. Jadi meskipun kamu berada di luar jangkauan sinyal FM/AM, selama ada koneksi internet, kamu masih bisa mendengarkan radio kesayangan melalui smartphone, atau laptop.
  1. Ada yang Gratis dan Berbayar
    Radio streaming
    atau radio online juga menawarkan kemudahan yang saat ini belum dapat digantikan oleh media lain. Pada umumnya, radio menyediakan pilihan lagu dari berbagai genre, musisi, dan asal negara yang beraneka ragam.
    Dalam platform streaming dan online, lagu-lagu ini dapat diakses dimana pun, kapan pun, melalui gawai yang terhubung via internet.



    Namun beberapa radio online juga menyediakan fasilitas untuk mendengarkan lagu secara offline sehingga pengguna tidak harus bergantung pada jaringan internet.
    Beberapa radio online juga terbagi tiga golongan mengenai biaya yang dikenakan, yakni

  • Gratis sepenuhnya,
  • Gratis dalam beberapa fasilitas untuk mendapatkan layanan lebih pengguna diminta melakukan pembayaran, dan
  • Ada juga yang hanya menyediakan layanan berbayar.

Itulah tiga perbedaan mendasar radio online dan streaming. Pada dasarnya, radio online dan radio streaming sama-sama membutuhkan internet untuk dapat didengarkan pendengarnya. Asalkan perangkat gawainya memadai, maka kamu bisa mendengarkan radio kesayangan di manapun kamu berada.***Cili Tami

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Peringkat Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia
Peringkat Perguruan Tinggi Terbaik Di Indonesia

Stop Penggunaan Kemasan Plastik di Lingkungan Kemendikbud
Stop Penggunaan Kemasan Plastik di Lingkungan Kemendikbud

Aplikasi Gratis Radio Streaming
Aplikasi Gratis Radio Streaming

Close