Perangkat setiap radio, baik itu FM, AM ataupun streaming, pada dasarnya sama saja. Namun semuanya kembali kepada kebutuhan dari stasiun radio itu sendiri. Berikut ini  Perangkat Dasar Radio FM yang biasa digunakan pada stasiun radio Yuk kita simak sobat phi!

Perangkat Dasar Radio FM

  1. Audio Mixer
    Perangkat Dasar Radio FM berupa Audio Mixer, Audio Mixer adalah alat untuk mengatur sinyal elektrik dari microphone studio, tape recorder, dan sinyal prosesor. Operator menggerakan isarat ini dengan knob/tombol, kemudian mengarahkan kembali sinyal ke tape recorder, sinyal prosesor, dan monitor power amplifier.



  1. Microphone
    Perangkat Dasar Radio FM selanjutnya adalah Microphone. Microphone  digunakan untuk menghantarkan getaran suara kepada out speaker. Maka ujung tombak pengeras suara adalah microphone. Istilahnya ada yang mono dan stereo, berkaki dua dan empat, basic dan wireless, microphone classic dan modern, microphone buat rekaman hingga microphone yang sering digunakan untuk adzan di musola.
  1. Komputer
    Komputer tentu saja Perangkat Dasar Radio FM, Komputer berguna untuk memasukan input dan memproses data dengan mengeluarkan hasil output yang kita inginkan dan bekerja secara otomatis. Dikerjakan dengan software atau applikasi dan tersimpan melalui media penyimpanan data.
  1. Software
    Perangkat Dasar Radio FM selanjutnya adalah Software.Ada banyak jenis perangkat lunak untuk keperluan penyiaran radio FM. Salah satunya adalah Matrix. Paket software ini terdiri dari enam. Di antaranya Modul OnAir, Modul Traffic, Modul Music Director, Modul Produksi, Modul SMS dan Modul News.
  1. Headphones
    Headphone juga merupakan Perangkat Dasar Radio FM yang dibutuhkan untuk siaran radio fm, Fungsi headphone adalah untuk mendengarkan aktifitas yang sedang mengudara. Penyiar biasanya diwajibkan untuk menggunakan headphones saat siaran berlangsung. Headphones juga digunakan untuk mengantisipasi brooming jika kita menggunakan speaker control yang biasa, mengingat dalam ruangan tersebut microphone juga aktif ketika siaran.
  1. Hybrid Telepon
    Hybrid adalah Perangkat Dasar Radio FM, Hybrid adalah sebuah alat yang mengkonversi sambungan telepon biasa ke mixer siaran. Hal ini membuat penyiar bisa berkomunikasi langsung dengan pendengar. Penyiar harus bisa mengenali alat tersebut, biasanya hybrid diaktifkan sebelum fader mixer digeser ke atas, untuk mengantisipasi adanya bunyi yang tidak diinginkan terdengar oleh pendengar.
  1. Antena
    Perangkat Dasar Radio FM yang dibutuhkan selanjutnya adalah Antena, Sebuah antena adalah bagian vital dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal radio FM ke udara. Fungsi antena adalah untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik, lalu meradiasikannya.

Itulah 7 Perangkat Dasar Radio FM,  dalam keperluan penyiaran radio FM. Masih banyak perangkat pelengkap lainnya untuk memenuhi kebutuhan teknis. Namun, 7 poin di atas adalah hal yang paling mendasar. (Cili Tami)

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Omnibus Law Di Berbagai Negara
Omnibus Law Di Berbagai Negara

Hari Kusta Internasional 2020
Hari Kusta Internasional 2020

Live Interview With Gail Satiawaki Single This Is All About You
Live Interview With Gail Satiawaki Single This Is All About You

Close