Salah satu bagian dari pendidikan karakter siswa adalah mempelajari pendidikan sejarah perjuangan bangsa secara mendetail baik kronologi maupun pemahaman makna-makna perjuangan dan pengorbanan. Potongan – potongan sejarah perjuangan bangsa yang disampaikan pada para siswa harusnya bisa menjadi benih – benih kecintaan, kebanggaan dan penghormatan pada Negara ini.

Pentingnya Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa

Sepak terjang perjuangan para pemuda hingga kisah – kisah heroik dan teladan para pendiri bangsa dimasa penjajahan dan perang kemerdekaan harus bisa dimaknai salah satunya sebagai nasihat – nasihat berharga bagi para generasi penerus bangsa.



Mempelajari pendidikan sejarah perjuangan bangsa juga mendidik para siswa untuk bisa menghargai apa yang sudah dilakukan oleh para pendiri bangsa dengan salah satu perwujudannya adalah selalu berfikir untuk kepentingan bersama dan kemajuan bangsa. Tidak mementingkan diri sendiri atau kelompoknya juga nilai – nilai yang harus meresap kedalam jiwa setiap para siswa di Indonesia.

Pendidikan sejarah perjuangan bangsa juga mengajarkan pemahaman tentang apa dan bagaimana berkorban demi kepentingan yang lebih besar. Para siswa diharapkan selain memahami nilai – nilai pengorbanan juga mampu berfikir kritis apa yang bisa dilakukannya bagi negeri ini. Tidak hanya sekedar tulisan, pidato atau retorika, namun dalam bentuk aksi yang nyata.

Mata pelajaran sejarah perjuangan bangsa harusnya mempunyai peranan yang penting dalam membentuk karakter para siswa agar menjadi siswa yang memiliki karakter yang kuat dan teguh pada prinsip  dan nilai yang dianut oleh Negara Indonesia. Peran guru tentunya sangat signifikan dalam menginterpretasi dan menyampaikan nilai – nilai yang terkandung dalam mata pelajaran sejarah perjuangan bangsa.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Mahasiswa UNS Buat Ruang Penyemprot Disinfektan Untuk Mencegah Corona
Mahasiswa UNS Buat Ruang Penyemprot Disinfektan Untuk Mencegah Corona

Saluran Komunikasi Dan Informasi LTMPT
Saluran Komunikasi Dan Informasi LTMPT

pendidikan-karakter
Pendidikan Karakter

Close