Pengertian Virus Adenovirus, Radang Paru, Gejala, Cara Antisipasinya. Nagita Slavina baru-baru ini bercerita anaknya, Rayyanza, jatuh sakit hingga perlu dirawat inap di RS. Gejala awal yang mulanya dikeluhkan Rayyanza adalah demam tinggi tak kunjung turun.

Demamnya bahkan relatif sangat tinggi hingga 40 derajat Celcius. Setelah diperiksa lebih lanjut, anak Raffi Ahmad yang biasa dipanggil ‘Cipung’ itu ternyata terkena radang paru.

Pengertian Virus Adenovirus, Radang Paru, Gejala, Cara Antisipasinya

“Panasnya 40 terus, dari kemarin, sudah minum obat, turun, tapi balik lagi ke 40, akhirnya sama dokter disuruh rawat inap, dicek rontgen, ternyata ada radang paru,” beber Nagita dalam akun YouTube pribadinya.

Rayyanza Malik Ahmad alias Cipung dikabarkan sedang dirawat di rumah sakit akibat bakteri adenovirus di dalam paru-parunya. Hal itu semoat dikabarkan Nagita Slavina di channel YouTube Rans Entertainment.

Nagita mengungkap suhu badan Rayyanza mencapai 40 derajat Celcius. Kondisinya tak kunjung membaik dalam beberapa hari.

Pengertian Virus Adenovirus, Radang Paru, Gejala, Cara Antisipasinya

Lantas apa itu adenovirus?

Mengutip dari berbagai sumber, adenovirus adalah sekelompok virus umum yang menginfeksi lapisan mata, saluran udara dan paru-paru, usus, saluran kemih, dan sistem saraf.

Baca Yuk! :  SIM Keliling Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang Rabu 15 November 2023

Virus ini adalah penyebab umum demam, batuk, sakit tenggorokan, diare, dan mata merah. Infeksi virus ini lebih sering terjadi pada usia anak-anak seperti Rayyanza .

Biasanya penyebaran virus terjadi di tempat-tempat dengan perkumpulan anak dalam jumlah besar, misalnya pusat penitipan anak, playground, atau sekolah sekolah.

Virus ini menyebar ketika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin. Tetesan yang mengandung virus terbang ke udara dan mendarat di permukaan.

Kemudian anak-anak lain yang mulanya sehat akan tertular adenovirus ketika mereka menyentuh permukaan yang terkena paparan adenovirus.

Adenovirus sebetulnya virus umum yang memicu beragam infeksi mirip pilek atau flu.
Para peneliti mengidentifikasi sekitar 50 jenis adenovirus yang dapat menginfeksi manusia.

Pengertian Virus Adenovirus, Radang Paru, Gejala, Cara Antisipasinya

Siapa yang Rentan Terkena?

Adenovirus bisa menyerang segala usia. Penyakit ini paling sering terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. Penyebaran adenovirus pada bayi dan anak kecil sering terjadi saat mereka melakukan kontak dengan banyak orang.

Baca Yuk! :  Kode Redeem Game Undawn 23 November 2023 Terbaru

Mereka juga cenderung memasukkan benda ke dalam mulutnya saat tidak sering mencuci tangan.

Jika memiliki sistem kekebalan yang lemah, kemungkinan besar gejala imbas adenovirus berakhir berat.

Apa Saja Gejala Adenovirus?

Gejala infeksi adenovirus yang dialami bergantung pada bagian tubuh mana yang terinfeksi virus. Virus ini paling sering menginfeksi sistem pernapasan. Infeksi adenovirus pada saluran pernapasan dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan flu biasa. Gejala atau kondisi yang mungkin dialami antara lain:

  • Sakit tenggorokan
  • Mata merah
  • Infeksi telinga
  • Pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Radang paru-paru.

Adenovirus juga dapat mempengaruhi saluran pencernaan. Infeksi pada saluran pencernaan bisa menyebabkan diare.

Pengertian Virus Adenovirus, Radang Paru, Gejala, Cara Antisipasinya

Bagaimana Penularannya?

Adenovirus sangat menular. Mereka dapat dengan mudah menyebar melalui:

Kontak erat: Virus ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui jabat tangan, ciuman, atau pelukan.

Udara: Virus ini dapat menyebar melalui bersin dan batuk. Droplet pernapasan yang dikeluarkan saat bersin dan batuk dapat berpindah ke orang lain melalui udara.

Baca Yuk! :  Syarat Beasiswa¬†Megawati Fellowship, Simak Besaran Beasiswa, Peluang Mendidik Pemimpin Masa Depan

Permukaan dan benda: Setelah menyentuh permukaan yang terkontaminasi, Anda dapat tertular virus dengan menyentuh mata, hidung, atau mulut sebelum mencuci tangan.

Kotoran (tinja): Virus dapat menyebar melalui tinja orang yang terinfeksi. Misalnya, Anda bisa tertular saat mengganti popok bayi Anda.

Air: Virus dapat menyebar melalui air yang tidak mengandung klorin. Misalnya, jika seseorang yang terinfeksi adenovirus berenang di kolam renang tanpa klorin yang cukup, mereka dapat menyebarkan virus tersebut. Namun penyebaran seperti ini tidak umum terjadi.

Adenovirus resisten terhadap banyak desinfektan umum. Oleh karena itu, mereka dapat tetap menular pada permukaan benda untuk waktu yang lama.

Pengertian Virus Adenovirus, Radang Paru, Gejala, Cara Antisipasinya

Sumber : https://health.detik.com/


Tags : , ,

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming