Pengertian Uranium, Zat Kimia yang Meledak di Pabrik Nuklir Rusia. Ledakan di pabrik pengayaan uranium itu terjadi sekitar pukul 09.00 pagi, waktu setempat, seperti diberitakan Kompas.com, Sabtu (15/7/2023).

Uranium adalah salah satu unsur kimia radioaktif. Dilaporkan, pabrik pengayaan uranium di wilayah Ural, Rusia, meledak pada, Jumat (14/7/2023).

Pengertian Uranium, Zat Kimia yang Meledak di Pabrik Nuklir Rusia

“Sebuah silinder dengan uranium heksafluorida yang sudah habis mengalami penurunan tekanan di sebuah bengkel di Ural Electrochemical Combine di Novouralsk,” menurut sebuah pernyataan dari, Rosatum, pemilik pabrik pengayaan uranium di Rusia yang terbesar di dunia.

Lantas, zat kimia seperti apa itu uranium?

Uranium merupakan unsur kimia radioaktif, yang dikodekan dengan huruf U, dan termasuk seri aktinoid dalam tabel periodik, dengan nomor atom 92.

Dikutip dari World Nuclear News, uranium adalah logam berat yang telah digunakan sebagai sumber energi terkonsentrasi yang jumlahnya cukup melimpah selama lebih dari 60 tahun.

Selain itu, uranium juga terdapat di sebagian besar batuan dengan konsentrasi 2-4 bagian per juta dan sama lazimnya dengan logam seperti timah, tungsten, dan molibdenum yang ada di kerak Bumi.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Lords Mobile 25 Maret 2024 Terbaru Valid

Pengertian Uranium, Zat Kimia yang Meledak di Pabrik Nuklir Rusia

Di mana kita bisa menemukan uranium?

Uranium adalah zat kimia yang terdapat dalam air laut, dapat diambil dari lautan.

Sementara itu, sejarah uranium mencatat bahwa mineral ini ditemukan pada tahun 1789 oeh Martin Klaproth, seorang ahli kimia asal Jerman, dalam mineral yang disebut pitchblende.

Nama mineral tersebut diambil dari nama planet Uranus, yang ditemukan 8 tahun sebelum uranium ditemukan.

Proses terbentuknya uranium, rupanya berasal dari ledakan supernova pada sekitar 6,6 miliar tahun yang lalu.

Kendati mineral ini tidak umum di Tata Surya, namun saat ini peluruhan radioaktif uranium yang lambat telah menjadi sumber utama panas di dalam Bumi, yang kemudian menyebabkan konveksi dan pergeseran benua.

Pengertian Uranium, Zat Kimia yang Meledak di Pabrik Nuklir Rusia

Baca Juga :  Kode Redeem Game Point Blank 25 Maret 2024 Update Terbaru Valid

Uranium mineral yang penting

Dikutip dari Britannica, uranium adalah bahan bakar nuklir yang cukup penting. unsur kimia ini membentuk sekitar dua bagian per juta kerak bumi.

Ada beberapa jenis mineral uranium yang penting, di antaranya pitchblende (U3O8 yang tidak murni), uranit (UO2), karnotit (kalium uranium vanadat), autunit (kalsium uranium fosfat), dan torbernit (tembaga uranium fosfat).

Bijih-bijih uranium dan jenis uranium lainnya dapat diperoleh kembali, merupakan sumber bahan bakar nulir, yang mengandung energi berkali-kali lipat lebih besar daripada semua deposit bahan bakar fosil yang dapat diperoleh kembali.

Dalam satu pon uranium, atau sekitar 500 gram, dapat menghasilkan energi sebanyak 1,4 juta kilogram (3 juta pon) batubara.

Pengertian Uranium, Zat Kimia yang Meledak di Pabrik Nuklir Rusia

Ledakan pabrik uranium Rusia

Sementara itu, meledaknya pabrik uranium di Rusia telah memberikan kekhawatiran.

Diberitakan kantor berita milik Pemerintah Rusia, RIA Novosti, yang mengutip sebuah sumber di layanan darurat menyebutkan, satu orang meninggal dunia dan tingkat radiasi di fasilitas itu normal.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis via Link DANA Kaget Terbaru 2024 Cepat Cair

Lebih lanjut Rosatom mengatakan, insiden meledaknya pabrik uranium tersebut segera diatasi dan ia menambahkan bahwa tidak ada risiko, terkait radiasi nuklir, bagi orang-orang yang tinggal di dekat pabrik.

“Pengukuran radiasi latar belakang dilakukan di lokasi. Jumlahnya mencapai 0,17 mikrosieverts, yang sesuai dengan nilai alamiahnya,” imbuh Rosatom.

Reuters melaporkan, mengutip Asosiasi Nuklir Dunia,rata-rata global untuk radiasi latar belakang yang terjadi secara alami adalah sebesar 0,17-0,39 microsieverts per jam.

Pengertian Uranium, Zat Kimia yang Meledak di Pabrik Nuklir Rusia

Sumber : https://www.kompas.com