Pengertian Saliva Pengganti Swab Test. Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengatakan tes Covid-19 dengan metode swab test atau usap akan diganti dengan Saliva. Saat ini sejumlah lembaga tengah melakukan penelitian terhadap metode baru tersebut.

Pengertian Saliva Pengganti Swab Test

Bambang Brodjonegoro menjelaskan, metode Saliva merupakan pengetesan spesimen Covid-19 yang dikembangkan menggunakan air liur. Berbeda dengan swab yang memerlukan cairan dari permukaan tonsil atau dinding posterior faring, metode Saliva tidak memerlukan ekstraksi atau pemurnian dari asam nukleat atau RNA virus.



Menurut bapak Menristek metode Saliva tidak memerlukan ekstraksi atau pemurnian dari asam nukleat atau RNA virus. Maka itu, hasil tes menggunakan metode ini diklaim lebih cepat dan nyaman ketimbang tes swab.

Beliau berharap metode Saliva ini bisa segera diimplementasikan di Indonesia. Sehingga tingkat testing meningkat dengan biaya yang lebih murah dan nyaman. Beliau memastikan bahwa sejumlah negara telah menggunakan teknik Saliva.

Semoga artikel Pengertian Saliva Pengganti Swab Test bermanfaat sobatphi.

Sumber : https://economy.okezone.com/read/2021/01/30/320/2353610/swab-test-akan-diganti-saliva-apa-itu

Read previous post:
Program-Insentif-Kartu-Prakerja
Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12

Close