Pembahasan Soal dan Jawaban SD Kelas 4 5 6 Belajar Di Rumah Bersama TVRI Kamis 30 April 2020, membahas Sejarah Kerajaan Tarumanegara. Kemendikbud menyelenggarakan program Belajar dari Rumah yang akan tayang di stasiun TVRI. Program ini merupakan upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat pandemi virus corona COVID-19.

Pembahasan Soal dan Jawaban SD Kelas 4 5 6 Belajar Di Rumah Bersama TVRI Kamis 30 April 2020, membahas Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Tema kali ini Tema belajar dari rumah di TVRI 30 April 2020 SD Kelas 4 5 6 adalah tentang : Sejarah Kerajaan Tarumanegara. Setelah menonton tayangan Belajar Dirumah TVRI SD Kelas 4 5 6 30 April 2020 siswa diharapkan dapat menjelaskan awal mula dan sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara.



Pertanyaan Pembahasan Soal dan Jawaban SD Kelas 4 5 6 Belajar Di Rumah Bersama TVRI Kamis 30 April 2020, membahas Sejarah Kerajaan Tarumanegara :

1. Jelaskan sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara!

2. Jelaskan yang menjadi bukti tentang berdirinya Kerajaan Tarumanegara!

Jawaban :

1. Kerajaan Tarumanegara dibangun oleh Raja Jayasinghawarman ketika memimpin pelarian keluarga kerajaan dan berhasil meloloskan diri dari musuh yang terus-menerus menyerang kerajaan Salakanagara. Kerajaan Tarumanegara atau dikenal dengan Kerajaan Taruma merupakan kerjaan Hindu tertua di Nusantara yang didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 SM.

Adanya Kerajaan Taruma bisa diketahui dan dibuktikan dengan adanya tujuh buah prasasti batu yang ditemukan yaitu Lima prasasti ada di Bogor, Satu prasasti ada di Jakarta, dan satu prasasti lagi ada di Lebak Banten. Dari prasasti-prasasti ini diketahui bahwa kerajaan dipimpin oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 M dan dia memerintah sampai tahun 382 M.



Keberadaannya juga diperkuat dengan kabar dari luar negeri, seperti dari Tiongkok yang menyebutkan Kerajaan To-lo-mo atau Tarumanegara. Kabar tentang Kerajaan Tarumanegara juga dibawa oleh Pendeta dari Khasmir, yaitu Gunawarman, yang menyebutkan bahwa masyarakat Tarumanegara menganut kepercayaan Hindu.

2. Bukti keberadaan Kerajaan Taruma diketahui dengan tujuh buah prasasti batu yang ditemukan. Lima di Bogor, satu di Jakarta dan satu di Lebak Banten.

Dari prasasti-prasasti ini diketahui bahwa kerajaan dipimpin oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 M dan dia memerintah sampai tahun 382 M.

Makam Rajadirajaguru Jayasingawarman ada di sekitar sungai Gomati (wilayah Bekasi). Kerajaan Tarumanegara ialah kelanjutan dari Kerajaan Salakanagara.

Lengkapnya adalah sebagai berikut :

Adanya tujuh buah prasasti batu yang ditemukan yaitu Lima prasasti ada di Bogor, Satu prasasti ada di Jakarta, dan satu prasasti lagi ada di Lebak Banten.

  1. Prasasti Kebon Kopi, dibuat sekitar 400 M (H Kern, 1917), ditemukan di perkebunan kopi milik Jonathan Rig, Ciampea, Bogor.
  2. Prasasti Tugu, ditemukan di Kampung Batutumbu, Desa Tugu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, sekarang disimpan di museum di Jakarta.
  3. Prasasti Cidanghiyang atau Prasasti Munjul, ditemukan di aliran Sungai Cidanghiyang yang mengalir di Desa Lebak, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten, berisi pujian kepada Raja Purnawarman.
  4. Prasasti Ciaruteun, Ciampea, Bogor
  5. Prasasti Muara Cianten, Ciampea, Bogor
  6. Prasasti Jambu, Nanggung, Bogor
  7. Prasasti Pasir Awi, Citeureup, Bogor



Demikian Pembahasan Soal dan Jawaban SD Kelas 4 5 6 Belajar Di Rumah Bersama TVRI Kamis 30 April 2020, membahas Sejarah Kerajaan Tarumanegara. Semoga bermanfaat.

Sumber : jakartastudio, tribunnews, kumparan

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Pembahasan-Soal-dan-Jawaban-SD-Kelas-1-2-3-–-Hari,-Bulan,-Dan-Jam-Belajar-Di-Rumah-Bersama-TVRI-Kamis-30-April-2020
Pembahasan Soal dan Jawaban SD Kelas 1 2 3 – Hari, Bulan, Dan Jam Belajar Di Rumah Bersama TVRI Kamis 30 April 2020

Hardiknas-2020,-Kemendikbud-Tayangkan-Belajar-dari-Covid-19-di-TVRI,-Sabtu-2-Mei-2020
Hardiknas 2020, Kemendikbud Tayangkan “Belajar dari Covid-19” di TVRI, Sabtu 2 Mei 2020

Kuliah-Secara-Online-Bisa-Daftar-ke-Bina-Nusantara-University-atau-Binus
Kuliah Secara Online Bisa Daftar ke Bina Nusantara University atau Binus

Close