Muhammad Agung siswa SMKN 1 Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur Juara LKSN Tingkat Provinsi Bidang Livestock Merawat Hewan Merawat Kehidupan. Itulah yang saat ini dilakukan oleh siswa SMKN 1 Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Muhammad Agung dalam Lomba Kompetisi Siswa Nasional (LKSN) Tingkat Provinsi Bidang Livestock.

Agung mengaku, dirinya sudah melakukan persiapan dengan matang. Selain berlatih dan mendapatkan bimbingan dari guru, ia pun memanfaatkan momen praktik kerja lapangan selama 6 bulan. “Sekolah juga mendukung banget, mulai dari kepsek hingga guru-gurunya,” ungkapnya.


Muhammad Agung siswa SMKN 1 Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur Juara LKSN Tingkat Provinsi Bidang Livestock Merawat Hewan Merawat Kehidupan

Kamu pasti pernah makan daging ayam, kan. Nah, sebelum jadi hidangan yang lezat, ada jasa peternak yang memastikan kamu mengonsumsi daging ayam sehat dan berkualitas. Siswa kompetensi keahlian agribisnis ternak hewan ini berhasil menjadi yang terbaik pada lomba tersebut. Tugasnya mulai dari membuat indukan, vaksinasi tetes dan mata pada unggas, mengambil sampel darah unggas, membedah bangkai hingga pemanenan.

Baca Juga :  KODE REDEEM FF 27 November 2022 Free Fire

Bagi siswa kelas XII ini, merawat unggas sama pentingnya seperti merawat diri sendiri. “Merawat unggas itu sangat penting, sama seperti merawat diri kita sendiri. Hewan juga punya perasaan, kan,” ucap siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke IPB ini.

Hal senada disampaikan guru sekaligus pembimbing Agung, Ratih Yulianingrum. Menurutnya, sektor pertanian dan peternakan akan selalu ada. “Prinsipnya sederhana, selagi manusia masih butuh makan, sektor pertanian (secara garis besar) dimana peternakan itu ada, harus berkembang karena itu (menyangkut) hajat hidup orang banyak,” tuturnya.

Keunggulan Agung, tambahnya, terletak pada disiplin dan rasa ingin belajar yang tinggi.

Kepala SMKN 1 Cikalongkulon, Jajat Sudrajat pun menyatakan bahwa prestasi tersebut menegaskan keunggulan sekolahnya di bidang agribisnis. Selain itu, prestasi yang diraih tak lepas dari kerja sama tim.

Baca Juga :  Kode Redeem Call of Duty Mobile CODM 27 November 2022, Klaim Segera Dapatkan Skin Terbaru

“Kami selalu bekerja secara teamwork. Karena sekalipun anaknya berbakat dan kita punya pembimbing yang hebat, tanpa dukungan unsur lain kita tidak akan jadi apa-apa,” tutupnya.

Muhammad Agung siswa SMKN 1 Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur Juara LKSN Tingkat Provinsi Bidang Livestock Merawat Hewan Merawat Kehidupan

Sumber : https://disdik.jabarprov.go.id


Tags : , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming