Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Mob Mentality Budaya Ikut-Ikutan Yang Perlu Dihindari, Mob Mentality adalah sebuah pola pikir dimana seorang individu cenderung mengintimidasi atau meniru keadaan sekitar.

Dalam psikologi terdapat istilah Mob Mentality, mob mentality merupakan pola pikir manusia yang dipengaruhi teman-tamannya untuk meniru perilaku, mengikuti tren dan atau membeli barang tertentu.

Baca Yuk :

Mob Mentality Budaya Ikut-Ikutan Yang Perlu Dihindari

Biasanya seseorang akan kehilangan siapa dirinya saat menjadi bagian dari sebuah kelompok karena ia ingin di terima di kelompok tersebut. Kebiasaan suka mengikuti tindakan yang dilakukan orang lain ternyata dapat membawa dampak negatif pada diri kita.

Kebiasaan ikut-ikutan apa ini bisa disebut sebagai mob mentality. Mob mentality dapat diartikan sebagai pola pikir yang cenderung mengikuti tindakan yang dilakukan oleh orang-orang di sekitar.

Orang yang terpengaruh oleh mob mentality ini biasanya tidak memiliki pendirian dan hanya ikut-ikutan orang sekitar. Beberapa penyebab mob mentality misalnya adanya tekanan dari lingkungan sosial, krisis identitas, hingga pengendalian emosi yang kurang baik.

Jika ha tersebut selalu dilakukan akan membawa dampak negatif. Kita akan menjadi seseorang yang tidak berpendirian, senang mengikuti dan bergantung pada keputusan orang lain sehingga  kita tidak bisa menentukan sikap kita sendiri.

Berikut  tips untuk menghindari perilaku mob mentality, yaitu:

  • Bersikap tegas pada diri sendiri
    Hal paling utama yang harus dilakukan agar kita tidak terpengaruh mob mentality adalah dengan bersikap tegas kepada diri sendiri. Jangan sampai karena ikut-ikutan orang lain, kita justru menyusahkan diri sendiri dan membuat hidup kita bergantung pada keputusan orang lain.
  • Berpegang teguh pada prinsip
    Orang yang memiliki prinsip tidak akan mudah goyah dan tergoda untuk ikut-ikutan apa yang dilakukan oleh orang lain. Prinsip ini juga berhubungan dengan perilaku kita dalam menyikapi berbagai fenomena sosial yang terjadi sekarang ini. Banyak anak muda yang terjebak mob mentality dan hanya ikut-ikutan tren tertentu karena viral, tanpa mempertimbangkan baik buruknya.
  • Jangan takut dianggap berbeda
    Selama apa yang kita pertahankan dan lakukan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, tidak perlu merasa takut untuk dianggap berbeda. Biarkan saja orang lain memandang kita tidak mengikuti tren, kuper atau kurang pergaulan, dan sejenisnya jika memang apa yang sedang menjadi tren bukan sesuatu yang baik. Menjadi berbeda bukanlah sesuatu yang aneh. Kita harus bisa membedakan mana yang memberi dampak baik dan mana yang hanya menimbulkan dampak buruk.
  • Jangan mudah terpengaruh hal buruk
    Memiliki pendirian teguh, memiliki prinsip hidup, serta berusaha menjaga itu semua dengan cara tidak mudah terpengaruh pada hal-hal buruk. Sebelum mengikuti tren atau sesuatu yang sedang dilakukan orang banyak, ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apakah memang hal tersebut memberi dampak positif atau justru berdampak negatif.

Dilansir WebMD, mob mentality atau sering juga disebut herd mentality adalah pola pikir di mana individu cenderung mengikuti atau meniru sekelompok orang. Singkatnya, seseorang hanya mengikuti keputusan dari mayoritas walaupun dia tidak mengerti hal tersebut salah atau benar.

Seseorang dengan mob mentality  tidak memiliki alasan atas keputusan yang dia ambil. Fenomena ini mungkin sering kita temui atau mungkin kita alami sendiri. Hal ini sebenarnya adalah sifat alamiah manusia, di mana mengikuti lingkungan sekitar dirasa lebih aman daripada berbeda sendiri.

Salah satu alasan seseorang memiliki mob mentality adalah tekanan sosial. Kamu mungkin berfikir bahwa pilihan yang paling banyak diambil orang adalah pilihan yang paling benar.

Orang yang memiliki pandangan berbeda sering dianggap aneh dan salah. Maka dari itu, seseorang tetap mengambil keputusan yang paling banyak diambil orang lain, walapun dia tau keputusan tersebut tidak sejalan dengan kepercayaannya.

Mob mentality juga bisa terjadi karena krisis identitas, kurang kuatnya prinsip hidup dan tidak mau mencari informasi terlebih dahulu. Misalnya, investasi sedang menjadi tren saat ini. Semua orang terutama anak muda berbondong-bondong melakukan investasi.

Lalu, kita sebagai orang awam juga ikut-ikutan berinvestasi, padahal tidak mengerti tentang hal tersebut, yang penting tidak ketinggalan tren. Padahal, alangkah lebih baik kalau kita mencari informasi telebih dahulu agar mengerti resikonya.

Memiliki mentalitas “ikut-ikutan” ini bisa saja berbahaya karena kamu hanya mengikuti pilihan yang ditentukan oleh sekelompok orang. Jika sekelompok orang tersebut mengalami musibah, merugi atau celaka, maka kamu juga akan merasakannya. Pola pikir ini sering dimiliki oleh remaja yang masih labil dan belum memiliki pendirian tetap.

Pola pikir ini sebenarnya bisa dihindari, namun prosesnya mudah. Kamu harus terbiasa untuk jadi berbeda dan konsisten dengan pendirianmu, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah. Tak sedikit orang yang takut dijauhi dan dikucilkan lingkungannya karena berusaha menghindar dari mob mentality.

Untuk itu, kita Jangan takut berpegang pada prinsip hidup meski prinsip tersebut tak sejalan dengan orang lain. Tidak apa-apa jika kamu berbeda dari teman-temanmu asalkan pilihan tersebut membuatmu nyaman. Jangan gegabah sebelum mengambil suatu keputusan, cari informasi terlebih dahulu untuk meminimalisir kesalahan.

Sebenarnya, mob mentality tidak selalu berdampak negatif bagi kehidupan. Dalam artian jika mengikuti keputusan orang lain tidak selamanya buruk, asalkan tujuannya positif.

Setiap orang pasti pernah memiliki mindset ini, membiarkan dirinya terjebak kedalam hal-hal negatif dan pilihan yang tidak dia inginkan hanya untuk menjadi sama dengan sekelompok orang. Jika memang kamu merasa kelompok tersebut membuat kamu kehilangan diri, jangan ragu untuk meninggalkannya.  Mulai sekarang, jangan takut untuk jadi berbeda.

Mob Mentality Budaya Ikut-Ikutan Yang Perlu Dihindari

  • What Is Mob Mentality?,webmd.com
  • The Psychology of Mob Mentality,psychologytoday.com
  • 5 Fakta Mob Mentality, Pola Pikir Berbahaya!,idntimes.com
  • 4 Cara Menghindari Mob Mentality, Budaya Ikut-ikutan yang Marak di Masyarakat, yoursay.suara.com
  • instagram riliv
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,