Musim penghujan membuat hawa udara terasa lebih panas dari biasanya. Cuaca seperti inilah yang membuat kita ingin menikmati minuman dingin untuk memulihkan kesegaran tubuh. Ada 5 minuman segar populer yang sudah PhiRadio rangkum buat kamu. Check this out!

Minuman Segar Paling Populer

  1. Es Doger

Minuman yang berbahan dasar santan kelapa ini biasanya berisi tape, ketan hitam, alpukat, dan potongan daging kelapa. Biasanya juga ditambahkan potongan roti tawar dan sagu mutiara. Es yang satu ini berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Nama doger diambil dari dua kata yaitu “dorong gerobak” yang kemudian disingkat menjadi doger.

  1. Es Mambo

Es Mambo ini dibuat dari yogurt berbentuk batang. Es ini memang menjadi salah satu es paling ngetop di Bandung. Namun Es Mambo sudah jarang ditemui sekarang. SobatPhi harus mencarinya ke Lembang atau restoran tertentu yang menyajikan kudapan legendaris.

  1. Es Goyobod

Goyobod adalah adonan hunkue atau sagu aren yang kenyal. Dicampur dengan kuah santan, susu kental manis, dan diberi serutan es dengan beberapa tambahan pelengkap. Seperti, alpukat, kelapa muda, roti tawar, peyeum, pacar Cina, atau kolang-kaling.

  1. Es Dawet



Bahan dasarnya berasal dari tepung beras yang diolah, lalu diberi tambahan pewarna hijau dari daun suji. Es dawet berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Nah, tapi ada pula es dawet ireng. Bedanya, dawet ireng memiliki warna hitam yang diperoleh dari merang (abu bakar jerami). Uniknya, penyajian dawet ireng ini lebih banyak daripada kuahnya.

  1. Es Podeng

Sesuai namanya, “podeng” dalam bahasa Madura berarti putar. Es ini dibuat secara  tradisional dengan cara diputar. Es podeng sering disajikan dengan taburan kacang tanah yang dicincang kasar, meses, dan susu cokelat kental manis.

  1. Es Cendol

Es cendol merupakan minuman khas Sunda yang terbuat dari tepung hunkwe. Jika di Jawa, kita mengenalnya dengan nama es dawet. Nama cendol bermula dari orang-orang yang merasakan sensasi jendolan dari cendol nya. Sehingga disebut cendol.

Masih banyak jenis minuman segar lainnya, namun itu tadi yang paling populer. Harganya juga relatif murah dan dapat ditemukan dengan mudah. Apalagi sekarang bisa beli pakai jasa ojek online. Makin gampang dapat kesegaran yang hakiki!

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Indikator Penilaian SNMPTN
Indikator Penilaian SNMPTN

masalah Perundungan tanggung jawab bersama
masalah Perundungan tanggung jawab bersama

Jajanan Khas Bandung dan Arti singkatannya
Jajanan Khas Bandung dan Arti singkatannya

Close