Mengenal Vertigo Secara Singkat. Vertigo adalah kondisi sakit kepala yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan bagi penderitanya. Umumnya, mereka yang mengalami vertigo akan mengalami pusing seperti berputar atau dunia di sekitarnya yang berputar. Penderita vertigo biasanya mengalami gejala seperti perasaan berputar, rasa ketidakseimbangan, dinia terasa bergoyang, lalu seperti ditarik ke satu arah

Mengenal Vertigo Secara Singkat

Vertigo disebabkan oleh masalah telinga bagian dalam. Adapun penyebab umum vertigo terbagi menjadi empat macam, yaitu benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), infeksi, penyakit meniere, dan migrain. BPPV merupakan penyebab paling umum dari vertigo. Kondisi ini memunculkan perasaan singkat yang intens bahwa penderitanya berputar atau bergerak yang dipicu oleh perubahan cepat pada gerakan kepala, seperti ada pukulan di kepala.



Kemudia penyebab lain dari vertigo adalah adanya infeksi. Biasanya, seseorang yang mengalami vertigo ada infeksi virus pada saraf vestibular, yang disebut neuritis vestibular. Lalu vertigoyang disebabkan oleh penyakit meniere yaitu kelainan telinga bagian dalam yang diduga disebabkan oleh penumpukan cairan dan perubahan tekanan di telinga.

Kondisi ini dapat menyebabkan vertigo bersamaan dengan telinga berdenging dan gangguan pendengaran. Selain itu, migrain juga termasuk salah satu penyebab vertigo. Sebagai informasi, vertigo karena migrain dapat berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam.

Tanda dan gejala BPPV bisa datang dan pergi. Akan tetapi, jika mengalami gejala lainnya, biasanya berlangsung kurang dari 1 menit. Dalam kasus penyakit Meniere, vertigo dapat berlangsung lebih dari 20 menit. Sementara, vertigo akibat migrain , vertigo dapat berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam.



Ada dua jenis vertigo, yakni vertigo perifer dan vertigo sentral. Vertigo perifer terjadi karena ada masalah di telinga bagian dalam atau saraf vestibular. Saraf vestibular menghubungkan telinga bagian dalam dengan otak. Sementara, vertigo sentral terjadi saat ada masalah di bagian otak. Penyebabnya mungkin termasuk stroke, cedera otak traumatis, infeksi, tumor otak, atau multiple sclerosis.

Jika Anda rentan terkena vertigo, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, seperti dikutip Mayo Clinic, yaitu:

  • Waspadai kemungkinan kehilangan keseimbangan Anda, yang bisa menyebabkan Anda terjatuh dan mengalami cedera serius.
  • Segera duduk ketika Anda merasa pusing.
  • Pakai lampu yang baik dan terang, langsung nyalakan lampu apabila Anda terbangun di malam hari.
  • Pakai tongkat untuk berjalan bila Anda memiliki risiko tinggi untuk terjatuh.
  • Sebaiknya Anda bekerja sama lebih dekat lagi dengan dokter Anda untuk mengatur gejala Anda secara efektif.

Untuk mengatasi sensasi “pusing tujuh keliling” yang bisa membuat Anda muntah, ada 4 “jurus” ampuh yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Manuver Epley

Kalau vertigo berasal dari telinga dan sisi kiri:

  • Duduklah di pinggir kasur Anda. Putar kepala Anda 45 derajat ke kiri. Taruh bantal di bawah Anda, jadi ketika Anda berbaring, bantal akan bertumpu di antara bahu dan bukan di bawah kepala Anda.
  • Segera berbaring, kepala menghadap kasur (tetap dalam sudut 45 derajat). Bantal harus berada di bawah bahu Anda. Tunggu 30 detik (untuk setiap vertigo agar berhenti).
  • Putar kepala Anda 90 derajat ke kanan tanpa mengangkatnya. Tunggu 30 detik.
  • Putar kepala dan tubuh Anda dari sisi kiri ke sisi kanan, jadi Anda bisa melihat lantai. Tunggu 30 detik.
  • Perlahan-lahan duduk lagi, tapi tetaplah di kasur selama beberapa menit.

Kalau vertigo berasal dari telinga kanan, Anda tinggal mengulang instruksi yang sama dengan di atas. Duduk di atas kasur, putar kepala Anda 45 derajat ke kanan, dan lanjutkan instruksinya lanjutannya. Lakukan gerakan ini tiga kali sebelum tidur setiap malamnya, sampai Anda tidak pusing lagi selama 24 jam.




Manuver Semont

Untuk pusing yang Anda rasakan dari telinga dan bagian kiri:

  • Duduk di pinggir kasur Anda. Putar kepala Anda 45 derajat ke kanan.
  • Segera berbaring ke sisi kiri Anda. Tunggu 30 detik.
  • Segera pindah posisi ke sisi yang berlawanan. Jangan ganti arah kepala Anda. Tetap jaga sudut 45 derajat dan tunggu 30 detik. Lihat ke lantai.
  • Kembali duduk secara perlahan dan tunggu beberapa menit.

Lakukan gerakan yang sama untuk telinga kanan. Dan lagi, lakukan gerakan ini 3 kali sehari sampai 24 jam dan Anda merasa vertigo Anda hilang.

Manuver Foster/Half Somersault

Beberapa orang menyatakan bahwa manuver ini lebih mudah untuk dilakukan:

  • Berlutut dan lihat ke atas menatap langit-langit untuk beberapa detik.
  • Sentuh lantai dengan kepala Anda dalam posisi sujud, tempel dahi Anda ke lantai. Tunggu 30 detik untuk berbagai vertigo agar berhenti.
  • Putar kepala Anda ke arah telinga yang bermasalah (kalau Anda merasa pusing di sisi kiri, putar wajah ke siku kiri). Tunggu 30 detik.
  • Angkat kepala Anda sedikit sampai posisinya lurus horizontal dengan punggung Anda. Jaga kepala Anda tetap pada sudut 45 derajat. Tunggu 30 detik.
  • Segera angkat kepala Anda sampai ke posisi teratas, tapi tetap jaga kepala Anda menghadap bahu pada posisi yang sama dengan telinga yang bermasalah. Lalu, pelan-pelan bangun.

Anda bisa mengulangnya beberapa kali untuk mengurangi pusingnya. Setelah ronde pertama, istirahatlah selama 15 menit sebelum lanjut lagi ke ronde kedua.



Follow Up

Setelah melakukan beberapa manuver tadi, coba untuk tidak menggerakkan kepala Anda terlalu jauh ke atas ataupun ke bawah. Jika Anda tidak merasa lebih baik selama seminggu setelah mencoba latihan di atas, bicarakan dengan dokter Anda lagi, dan tanya apa yang sebaiknya Anda lakukan selanjutnya. Anda mungkin tidak melakukan latihan tersebut dengan benar, atau mungkin ada sesuatu lainnya yang menyebabkan sakit kepala Anda.

Sumber :

Read previous post:
Tips Menjaga Anak Tetap Aman di Internet
Tips Menjaga Anak Tetap Aman di Internet

Close