Memperingati Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2021. Hari ini, 29 Juni 2021, diperingati sebagai Hari keluarga Nasional ke-28. Di hari istimewa ini, kita kembali diingatkan tentang peran penting keluarga untuk kehidupan anak dan bagaimana mendidik anak yang sehat.

Memperingati Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2021

Hari Keluarga Nasional diperingati setiap 29 Juni. Harganas diperingati untuk meningkatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.



Secara singkat, mengutip dari BKKBN.go.id, sejarah Hari Keluarga Nasional dilatarbelakangi gagasan yang diberikan kepada Presiden Suharto. Kala itu, Presiden Suharto menyetujui dan lahirlah Hari Keluarga Nasional setiap 29 Juni.

Terdapat sejarah di balik pemilihan tanggal dan bulan tersebut, Tentara Republik Indonesia (TRI) yang bergerilya dalam perjuangan melawan penjajah, masuk ke Yogyakarta, dan kembali ke keluarga masing-masing. Selain itu, 29 Juni 1970 menjadi puncak kristalisasi semangat perjuangan Keluarga Berencana (KB).

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, mengatakan bahwa keluarga memiliki peran penting untuk tumbuh dan kembang anak di masa depan. Menurutnya, keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat dan memiliki peran yang besar.

“Keluarga paling tidak mempunyai delapan fungsi, yakni agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan,” kata Ma’ruf, dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-28 yang disiarkan di YouTube BKKBN OFFICIAL, Selasa (28/6/21).

Ma’ruf menyampaikan, keluarga menjadi tempat di mana nilai-nilai agama diajarkan dan dipraktikkan. Selain itu, keluarga juga menjadi tempat di mana nilai kasih sayang diberikan secara langsung dari orang tua ke anaknya.

Tak hanya itu, keluarga pun berperan penting untuk mengajarkan anak mencintai lingkungannya. Keluarga punya peran peting dalam memperkenalkan ke anak tentang nilai-nilai sosial budaya serta cinta lingkungan, nilai-nilai saling menghormati dan toleransi bisa ditanamkan sejak dini di keluarga.

Ma’ruf mengatakan bahwa keluarga adalah sekolah pertama bagi anak. Bila orang tua berhasil mendidik anak dengan baik, maka hal ini bisa menjamin generasi yang lebih baik di masa depan.




“Keluarga menjadi tempat pertama seorang anak belajar bersosialisasi dengan orang lain, yakni dengan orang tua dan saudara-saudaranya,” ujarnya.

Pada Hari Keluarga Nasional tahun ini, pemerintah bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengusung tema Keluarga Keren Cegah Stunting. Ma’ruf Amin pun menjelaskan peran keluarga yang bisa mencegah stunting.

Memperingati Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2021

Sumber : https://www.haibunda.com/parenting/20210629110244-59-222896/hari-keluarga-nasional-wapres-ingatkan-peran-keluarga-penting-cegah-stunting


Read previous post:
Jadwal Tempat Layanan SIM dan STNK Keliling
Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bekasi, Bogor Rabu 30 Juni 2021

Close