Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020. Selamat Hari Kebangkitan Nasional, setiap tanggal 20 Mei, diperingati Hari Kebangkitan Nasional atau biasa disingkat menjadi Harkitnas.

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020

Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei sebenarnya merupakan hari lahirnya sebuah organisasai bernama Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 atau 37 tahun sebelum Indonesia Merdeka. Jadi, Kebangkitan Nasional 20 Mei identik dengan Boedi Oetomo, sebuah nama dalam ejaan lama Bahasa Indonesia, yang kemudian ditulis menjadi Budi Utomo.



Pada saat itu, rakyat Indonesia mulai membuat berbagai pergerakan dan menjadi tanda tumbuhnya rasa kesadaran nasional sebagai ‘orang Indonesia’. Harkitnas ditetapkan sejak 1959 melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa kebangkitan nasional Indonesia.

Dipilihnya tanggal berdirinya Boedi Oetomo lantaran organisasi ini dinilai menjadi gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia. Lalu mengapa Budo Utomo menjadi begitu istimewanya sehingga organosasi itulah yang berhak menyandang predikat sebagai pelopor Kebangkitan Nasional?

Tak lain karena misi perjuangan mereka yang dengan sangat berani mendobrak kemapanan ketika pemeringah Hindia Belanda waktu itu menguasai Indonesia dengan memecah belah bangsa Indonesia melalui pembentukan kasta-kasta sosial.



Budi Utomo mempunyai tujuan mulia untuk memperjuangkan kesetaraan pendidikan bagi kaum pribumi atau rakyat jelata agar mendapat hak mendapatkan pendidikan yang sama dengan kaum priyayi atau elit. Budi Utomo kemudian melahirkan tokoh-tokoh sejarah seperti Goenawan Mangoenkoesoemo, Latumeten, dan Soetomo.

Yang jelas, Budi Utomo dianggap sebagai organisasi modern pertama di Indonesia yang mengawali tumbuhnya rasa nasionalisme.

Hari Kebangkitan Nasional merupakan momentum yang sangat baik bagi bangsa Indonesia untuk bergandengan sesama anak bangsa menghadapi Covid 19 ini. Bangsa ini harus tetap tegar dan kuat di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, Hari Kebangkitan Nasional harus mampu merekatkan kembali nilai-nilai kekeluargaan untuk saling tolong menolong. Virus corona tidak mengenal suku, agama, hingga status kaya dan miskin. Sehingga, semua pihak harus mampu tolong menolong guna bisa menghadapi musibah.



Selamat Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Daftar Politeknik SBMPN 2020
Daftar Politeknik SBMPN 2020

Download-Pendaftaran-Peserta-SBMPN-2020a
Download Pendaftaran Peserta SBMPN 2020

Pendaftaran SBMPN 2020
Pendaftaran SBMPN 2020 Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri 2020

Close