Memilih Gunting Baja Ringan untuk Berbagai Kebutuhan. Gunting baja ringan adalah alat konstruksi yang wajib kamu miliki di rumah. Tidak hanya untuk pekerja bangunan, gunting ini juga bermanfaat untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari seperti menggunting kawat atau seng.



Saat ini pemakaian material baja ringan pada konstruksi bangunan semakin marak digunakan. Biasanya material tersebut dimanfaatkan untuk membuat kerangka atap bangunan, kusen pintu serta jendela, kanopi dan lain sebagainya.

Memilih Gunting Baja Ringan untuk Berbagai Kebutuhan

Pemakaian baja ringan di bidang konstruksi kini semakin umum saja. Baja ringan adalah material yang diperlukan untuk membuat rangka genteng, kusen, kanopi, dan masih banyak lagi. Ini karena baja ringan memang memiliki berbagai keunggulan yang sulit ditemukan di produk yang lain. Baja ringan sangat kokoh namun tipis, juga awet dan tahan lama karena tidak bisa dimakan rayap. Tidak heran kini baja ringan lebih disukai ketimbang bahan kayu.

Namun untuk mengubah baja ringan menjadi kusen jendela atau kanopi tentu diperlukan beberapa penyesuaian dalam bentuk dan ukurannya. Agar komposisinya pas yang rangka terbentuk sempurna, baja ringan harus digunting dan dipotong-potong. Cara mengguntingnya tidak sembarangan lho.

Diperlukan gunting khusus baja ringan untuk memotong material ini. Gunting baja ringan terbuat dari bahan Chrome Vanadium atau CR-V yang banyak digunakan di negara-negara Eropa. Gunting baja berkualitas memiliki tingkat kekerasan tinggi hingga mencapai 60 HRC. Dibandingkan dengan gerinda mesin. Selain itu, harga gunting baja ringan jauh lebih terjangkau dan bisa melakukan fungsi yang sama.

Hal itu dikarenakan baja ringan memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk-produk lainnya. Berbeda dengan material kayu, baja ringan memiliki bentuk yang tipis namun kuat dan tahan lama serta tidak mengalami pelapukan.

Untuk mendapatkan bentuk dan ukuran tertentu, baja ringan memerlukan beberapa penyesuaian dan peralatan tertentu. Salah satu alat yang digunakan untuk memotong material tersebut menjadi beberapa bagian yaitu gunting khusus baja ringan.

Bagi kalian yang berminat untuk membeli perkakas tersebut, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa jenis dan mereknya. Nah, di bawah ini akan kami berikan rekomendasi gunting baja ringan terbaik lengkap dengan kelebihan beserta harganya.

Gunting Baja Ringan Terbaik dari Karakteristik, Keunggulan dan Harga

Karakteristik

Sebelelum membahas gunting baja ringan terbaik, sebaiknya kalian ketahui karakteristiknya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa karakteristik dari perkakas tersebut.

  • Memiliki ukuran sebesar 10 inchi.
  • Panjang keseluruhan dapat mencapai 25 cm.
  • Diameter gunting pada bagian kepala bisa mencapai 17 mm.
  • Lebar gerigi [ada bagian gunting sebesar 2 mm.
  • Berbahan dasar CR-V atau Chrome Vanadium.

Keunggulan

1. Praktis

Gunting baja ringan berbentuk mirip tang raksasa dengan mata pisau yang sangat tajam. Selain itu, gunting ini sangat fleksibel dan mudah dipindahkan. Jadi bisa dibawa kemana-nama tanpa kesulitan. Pada bagian pegangan gunting dilapisi bahan plastik yang halus agar tangan tidak terluka saat menggunakan gunting.

Gunting baja ringan juga bisa digunakan untuk memotong material lainnya seperti aluminium, kawat, seng, dan masih masih banyak lagi. Selain itu, bahan kulit juga bisa dipotong menggunakan gunting ini lho.

2. Hasil Potongan Rapi

Dengan penggunaan yang sangat efisien, gunting baja ringan memang membantu pekerjaan sehari-hari dan para pandai besi. Ada 3 jenis gunting baja ringan yang bisa ditemukan di pasaran. Yaitu gunting baja ringan mata lurus yang sangat umum, serta mata yang mengarah ke kiri atau kanan secara permanen untuk pemotongan sudut yang lebih presisi.

Soal harga, gunting baja ringan dijual dengan harga yang berbeda-beda tergantung dari ukuran mata pisaunya. Ketebalan material yang bisa dipotong oleh gunting baja ringan adalah 1.2 mm, sementara saat digunakan untuk memotong bahan stainless steel bisa mencapai ketebalan 0.7 mm.

3. Multifungsi

Meskipun memiliki sebutan sebagai gunting baja ringan, namun alat ini dapat kalian gunakan untuk memotong benda lainnya. Alat ini dapat kalian gunakan untuk memotong bahan seng, aluminium hingga kawat. Atau kalian juga bisa memanfaatkan alat ini untuk memotong bahan kulit.

Rekomendasi Gunting Baja Ringan untuk Berbagai Kebutuhan

1. Gunting Baja Ringan Hollow Camel 10

Camel 10 ini merupakan salah satu alat gunting baja ringan yang sudah terkenal dengan kualitas dan bahannya. Alat ini dirancang khusus dengan mata gunting yang tajam, mudah disimpan serta memiliki gagang yang terbuat dari bahan karet sehingga nyaman pada saat digunakan.

Selain itu, perkakas yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan kuncian sehingga sangat cocok untuk para tukang baja ringan serta tukang alumunium. Kalian bisa mendapatkan alat ini mulai dari harga Rp 34.900 sampai dengan Rp 49.000.

2. ekiro Aviation Snips

Tekiro Aviation Snips menjadi salah satu merek gunting baha ringan yang layak kalian beli. Pasalnya, alat ini dibuat dengan kekerasan dan tingkat presisi yang tinggi sehingga memiliki kualitas yang cukup baik.

Kalian bisa mendapatkan alat ini di pasaran dengan harga antara Rp 70.000 sampai dengan Rp 85.000. Perlu kalian ketahui, alat ini sudah dilengkapi dengan kuncian tuas agar aman pada saat tidak digunakan.

3. Krisbow

Bagi kalian yang bergelut di bidang konstruksi pasti sudah tidak asing lagi dengan merek Krisbow. Saat ini perusahaan tersebut juga sudah menyediakan gunting baja ringan yang sudah terjamin kualitasnya.

Gunting merek ini memiliki mata gunting yang tajam dan kuat karena terbuat dari bahan chrome molydenumalloy steel. Alat ini memiliki daya potong untuk besi rol sebesar 1.2 mm dan untuk stainless steel sebesar 0.7 mm.

Oleh karena itu, produk ini sangat cocok untuk kalian gunakan, baik untuk keperluan sehari-hari ataupun untuk kebutuhan bangunan. Gunting merek krisbow ini bisa kalian dapatkan dengan harga mulai dari Rp 122.500 hingga Rp 150.000.

4. Wipro 250MM

Gunting baja ringan terbaik selanjutnya yaitu datang dari merek Wipro 250mm. Alat ini memiliki bentuk yang praktis sehingga dapat diginakan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari.

Perkakas yang memiliki mata pisau membengkok ke arah kiri ini memiliki tebal sekitar 2.050 mm. Biasanya produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp 122.500 sampai dengan Rp 246.000.

5. Fukuda

Apabila kalian memiliki dana antara Rp 32.000 sampai dengan Rp 53.000, mungkin gunting baja ringan Fukuda dapat menjadi opsi terbaik. Fukuda 10 derajat ini sudah dirancang dengan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan pada saat digunakan.

Namun, jika kalian tidak hati-hati perkakas ini dapat menyebabkan tangan menjadi cedera. Selain digunakan untuk memotong BESI HOLLOW, alat ini juga bisa kalian gunakan untuk keperluan pekerjaan rumah tangga sehari-harinya.

Perlu diingat, harga-harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya, baik itu toko material ataupun situs jual beli online. Jadi, bisa saja harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu pada setiap daerah tanpa pemberitahuan sebelumnya.




Jika kamu berpikir bahwa memiliki perlatan seperti gunting baja ringan, tang, obeng, dan lain sebagainya itu tidak penting, kini saatnya kamu mengubah pikiran tersebut. Alat-alat ini akan sangat berguna buat berbagai kebutuhan yang tidak terduga.

Tips Memilih Gunting Baja Ringan untuk Berbagai Kebutuhan

Sumber : https://www.coilgalvalume.com/tips-memilih-gunting-baja-ringan-untuk-berbagai-kebutuhan/


Read previous post:
game terbaru
Kode Redeem Mobile Legends 6 Juni 2021 ML Terbaru

Close