Manfaat Musik Hip Hop Buat Anak. Musik Hip Hop ada manfaatnya lho buat anak. Musik memang bisa memengaruhi kinerja otak. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian. Musik memengaruhi empat lobus utama dari otak yakni frontal, parietal, temporal dan oksipital. Namun, hingga kini, peneliti masih mencari cara sebenarnya musik bisa memengaruhi otak.

Manfaat Musik Hip Hop Buat Anak

Lalu, bagaimana dengan musik hip hop? Inilah manfat musik Hip Hop :



1. Meningkatkan Kreativitas

Menurut The National Institute of Deafness and Other Communication Disorders, ada hubungan yang kuat antara emosional dengan tingkat kreativitas ketika menyanyikan atau mendengarkan lagu hip hop. Biasanya ketika seseorang menyanyikan lagu hip hop, ia akan menggunakan style-nya sendiri.

2. Memperkuat Ingatan

Karena dilafalkan dengan cepat, lirik lagu hip hop biasanya panjang. Ketika anak nyanyi lagu hip hop, mereka akan belajar mengingat-ingat liriknya, karena dilafalkan dengan cepat.

3. Pengaruhi Kemampuan Motorik

Seperti dengan kegiatan bernyanyi bersama, menyanyikan lagu hip hop atau rap pun bisa pengaruhi kemampuan motorik dan sensorik. Musik dapat membantu meningkatkan perkembangan sosial, intelektual, emosional, termasuk kemampuan motorik. Hal ini karena biasanya anak bernyanyi pasti badannya ikut bergerak alias joget.



4. Perkaya Bahasa

Lirik lagu hip hop yang panjang bisa memperkaya bahasa anak. Sebenarnya nggak cuma lagu hip hop saja, jenis genre musik lainnya asalkan ada lirik juga bisa memperkaya bahasa. Rangkaian kata yang terdapat di dalam lirik lagu sering kali lebih mudah diingat oleh anak. Semakin banyak daftar lagu yang diajarkan, semakin banyak kosakata yang dimiliki.

https://www.haibunda.com/parenting/20181004120325-61-26303/4


Read previous post:
Permodalan-Nasional-Madani-(PNM)-Mekaar
Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar 2021 Cair Rp. 2,4 juta

Close