Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Manfaat Mempelajari Bahasa Mandarin, Demi Potensi Karir dan Beasiswa Manfaat mempelajari Bahasa Mandarin ternyata sangat banyak sekali. Meski terbilang rumit untuk dipelajari namun ada banyak manfaatnya. Cek 5 manfaatnya untuk menambah semangat belajar.

Melansir laman resmi Bina Nusantara University di binus.ac.id, Selasa (26/10/2021), secara global banyak sekali Bahasa yang digunakan masyarakat dunia. Ragamnya tidak hanya Bahasa nasional namun juga Bahasa etnis.

Baca Yuk :

Namun dari sekian banyak bahasa asing, bahasa Mandarin tercatat sebagai bahasa tersulit di dunia. Hal ini karena bahasa Mandarin memiliki lebih dari sepuluh ribu karakter Hanzi dengan empat nada dasar.

Dalam bahasa Mandarin, nada sebuah katapun dapat mengubah arti. Sehingga untuk menguasai bahasa Mandarin maka harus dipelajari juga pelafalan katanya. Meski terbilang rumit, namun jumlah penutur bahasa Mandarin mencapai seperempat populasi di seluruh dunia.

Bahkan, selain digunakan sebagai bahasa resmi di Tiongkok, Macau, Hongkong, dan Taiwan, bahasa Mandarin juga digunakan Shanghai Cooperation Organization (SCO) dan termasuk satu dari enam bahasa resmi United Nations (PBB). Tak heran apabila di era globalisasi, bahasa Mandarin begitu diminati.

Agar motivasi belajar bahasa Mandarin semakin meningkat, berikut ini sejumlah alasan mengapa bahasa Mandarin penting untuk dipelajari sejak dini.

1. Merangsang Perkembangan Otak dan Mental
Sulitnya menghafal karakter Han Zi ternyata bermanfaat untuk merangsang perkembangan otak dan mental. Kamu akan tumbuh lebih cerdas dan terbiasa mengerjakan hal sulit. Ketika kamu mendapatkan tugas berat atau bekerja di bawah tekanan, kamu tidak merasa terbebani. Kamu justru tertantang untuk menyelesaikannya sebaik mungkin.

Tak hanya itu saja, ketahanan mental yang kuat akan membuat kamu tumbuh sebagai seorang pemberani. Kamu tidak takut mengambil keputusan yang berisiko. Kamu juga memiliki kepercayaan diri tinggi dan mampu mengontrol emosi dengan baik. Karakter seperti inilah yang banyak dibutuhkan di dunia kerja dan mampu bertahan di tengah persaingan.

2. Melancarkan Komunikasi
Apabila kamu menguasai bahasa Mandarin, kamu tidak akan kesulitan berkomunikasi dengan penutur lain. Hal ini sangat bermanfaat ketika kamu bepergian ke negara Tiongkok atau negara yang menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa resmi. Kemampuan berbahasa Mandarin akan memudahkan kamu membaca label makanan, memahami petunjuk di papan informasi, dan menghindari kesalahpahaman ketika berbicara dengan warga lokal.

3. Peluang Beasiswa Pendidikan Terbuka Lebar
Berbekal kemampuan bahasa Mandarin yang baik, kamu bisa mencoba China Government Scholarship (CGS) untuk jenjang pendidikan S1 sampai S3. Beasiswa yang tersedia, meliputi Bilateral Program, Great Wall Program, Chinese University Program, ASEAN University Network, dan World Meteorological Organization (WMO).

Selain gratis biaya kuliah, kamu akan mendapatkan jaminan asrama, asuransi kesehatan, dan uang saku bulanan dengan nominal bervariasi menyesuaikan jenjang pendidikan.

4. Peluang Karier Lebih Menjanjikan
Sebagaimana diketahui, Tiongkok didapuk sebagai salah satu negara yang memiliki pengaruh besar dalam ekonomi dunia. Hal ini menyebabkan banyak negara berlomba-lomba untuk menjalin kerja sama menguntungkan dengan Negeri Tirai Bambu, termasuk Indonesia.

Bahkan, jumlah perusahaan asal Tiongkok di tanah air telah mencapai angka ribuan. Jika kamu memiliki kemampuan bahasa Mandarin yang baik, maka kamu memiliki nilai lebih untuk bersaing di dunia kerja. Alhasil, peluang meraih karir bergaji tinggi pun terbuka lebar.

5. Urusan Bisnis Makin Lancar
Tak dapat dimungkiri bahwa Indonesia merupakan salah satu negara pengimpor barang asal Tiongkok. Selain harganya murah, barang asal Tiongkok juga memiliki kualitas baik dan disukai oleh konsumen.

Pesatnya pertumbuhan bisnis Tiongkok, secara tidak langsung membuka peluang bisnis baru yang menguntungkan. Kalau kamu tertarik bergelut di dunia bisnis, kemampuan berbahasa Mandarin akan memudahkan kamu berkomunikasi dan melancarkan proses kerja sama distribusi barang dari Tiongkok ke Indonesia maupun sebaliknya.

Itulah sejumlah alasan mengapa kamu sebaiknya mempelajari bahasa Mandarin. Apabila kamu tertarik, mulailah dengan mempelajari dasarnya lebih dulu. Mulai dari pengenalan huruf, penulisan romawi bahasa Mandarin (PinYin), hingga mempelajari empat nada bahasa Mandarin. Kamu bisa belajar bahasa Mandarin melalui buku, film dan drama Tiongkok, berita, dan lagu Mandarin.

 

Manfaat Mempelajari Bahasa Mandarin, Demi Potensi Karir dan Beasiswa

Sumber: https://www.sindonews.com/

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,

Streaming Now