Manfaat Kerja Sama Perguruan Tinggi Seni Indonesia. Melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), mendatangkan banyak manfaat bagi perguruan tinggi maupun mahasiswanya. Salah satu manfaat program MBKM ini menjadikan dunia perkuliahan lebih fleksibel.

Manfaat Kerja Sama Perguruan Tinggi Seni Indonesia

Selain itu, mahasiswa juga bisa mengikuti beberapa kegiatan yang masuk dalam program ini. Mulai dari kesempatan mahasiswa mendalami studi yang diambil serta mahasiswa mendapatkan kesempatan terjun ke masyarakat melalui program Kampus Mengajar. Melalui program ini juga diharapkan mahasiswa lebih siap terjun ke dunia kerja setelah lulus.



Kerja sama 9 perguruan tinggi seni Indonesia

Dilansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) ada 9 Perguruan Tinggi Seni Indonesia yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Seni Indonesia (BKS-PTSI) menandatangani MoU terkait kerja sama penguatan implementasi Kampus Merdeka.

Penandatanganan MoU ini difasilitasi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung dan dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam dan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto. Penandatangan kerja sama ini diharapkan dapat menjadi tonggak penguatan dan perluasan kerja sama melalui implementasi Kampus Merdeka. Proses kerja sama ini juga melibatkan berbagai pihak, mulai dari:

  • Alumni
  • Peer teaching
  • Berbagai macam proses lainnya dalam upaya menambah wawasan serta keterampilan mahasiswa.

Bentuk kerja sama Perguruan Tinggi Seni Indonesia

Beberapa bentuk kerja sama dapat dijalin ke depannya setelah adanya kerja sama ini, antara lain: Join research Join publications  Aktivitas magang KKN Pengembangan soft skill untuk mahasiswa. Yuk simak bersama, 9 perguruan tinggi seni mana saja yang terlibat dalam kerja sama ini.

  1. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
  2. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh
  3. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Denpasar
  4. Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang
  5. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta
  6. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
  7. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua
  8. Institut Kesenian Jakarta
  9. Sekolah Tinggi Kesenian Wilmatikta (STKW) Surabaya

Manfaat Kerja Sama Perguruan Tinggi Seni Indonesia




Demikian 9 perguruan tinggi berbasis kesenian dan budaya yang melakukan kerjasama dalam program Kampus Merdeka. Dengan kerjasama ini, para mahasiswa yang berminat dalam bidang seni dan budaya juga akan mendapatkan kesempatan yang sama dengan mahasiswa kampus lainnya.

//sumber: https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/05/123947571/kerja-sama-9-perguruan-tinggi-seni-indonesia-ini-deretan-manfaatnya


Read previous post:
Ingin Kuliah Dapat Beasiswa, Cek Dulu 5 Lembaga Penyedia Beasiswa Berikut Ini!
Cara Memilih Jurusan Kuliah ala Akademisi Unpar

Close