Manfaat belajar kelompok, apa keuntungannya? Di tengah pandemi covid-19 seperti ini, diam di rumah memang cara yang aman agar memutus penularan virus. Nah, untuk Sobat Phi yang tidak terbiasa belajar sendiri, masih bisa kok melakukan belajar kelompok secara daring. Sebab, belajar kelompok juga memiliki banyak manfaat. Berikut ulasannya.

Manfaat Belajar Kelompok, Apa Keuntungannya?

  1. Hilangkan Rasa Malas

Hayo siapa yang suka menunda-nunda mengerjakan PR hingga semalam sebelum dikumpulkan? Nah, belajar kelompok membantu kamu untuk menghilangkan rasa malas seperti itu. Karena kita bekerja sama dengan orang lain, maka ada dorongan untuk tidak membiarkan diri kita mengerjakan tugas dekat-dekat tenggat waktu.



  1. Belajar dari Perspektif Orang Lain

Ini yang akan sangat terasa saat Sobat Phi belajar kelompok. Akan ada yang namanya proses pertukaran ide dengan teman, sehingga kamu bisa belajar dari perspektif orang lain. Hal ini bisa membuat pemahaman kamu lebih kaya mengenai topik yang sedang dipelajari.

  1. Mengembangkan Kemampuan Bersosialisasi

Ketika belajar secara berkelompok, kita belajar hal lain selain pelajaran dari buku. Misalnya kemampuan berdiskusi, belajar menghargai pendapat orang lain, dan kesabaran. Kemudian, akan muncul sifat-sifat yang berkaitan dengan kemampuan organisasi. Seperti sifat memimpin, mengikuti arahan, patuh terhadap peran, mengelola waktu, dan sebagainya. Ini yang terkadang tidak kita temukan di dalam buku pelajaran sekolah.

  1. Mengurangi Stres

Jika Sobat Phi mengalami stres saat menghadapi ujian, menjelang ulangan, atau ketika mengerjakan tugas yang sulit, maka belajarlah secara berkelompok. Ternyata belajar kelompok bisa menurunkan stres kamu, lho. Karena kamu akan melihat teman seperjuangan yang sedang menghadapi hal serupa.

Manfaat Belajar Kelompok, Apa Keuntungannya?

Itulah 4 manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika belajar kelompok. Memang saat ini tidak memungkinkan untuk berkumpul langsung untuk belajar. Tapi Sobat Phi bisa memanfaatkan teknologi dengan belajar secara online bersama teman-teman.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
YouTube-Akan-Menurunkan-Kualitas-Video-di-Seluruh-Dunia
YouTube Akan Menurunkan Kualitas Video di Seluruh Dunia

Ketentuan-Ujian-Kelulusan-dan-Ujian-Kenaikan-Kelas-di-Seluruh-Jenjang-Pendidikan1
Ketentuan Ujian Kelulusan dan Ujian Kenaikan Kelas di Seluruh Jenjang Pendidikan

Keuntungan-Belajar-Sendiri-saat-Karantina-di-Rumah-3
Keuntungan Belajar Sendiri saat Karantina di Rumah

Close