Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes. Jika menderita diabetes, mungkin sulit untuk mengetahui jenis makanan apa yang aman untuk mengontrol gula darah. Daripada memikirkan makanan apa yang harus dihindari, lebih baik untuk fokus pada makanan yang bisa dan harus dikonsumsi lebih banyak.

Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Makanan utama untuk dikonsumsi penderita diabetes ini adalah pembangkit tenaga penuh nutrisi yang dapat membantu mengontrol gula darah tetap sehat.



Apa saja makanan yang ramah bagi penderita diabetes.

1. Kayu manis

Bumbu harum ini telah terbukti menurunkan kolesterol dan menjaga gula darah lebih stabil.

Gunakan kayu manis dengan menaburkannya ke dalam smoothie, yogurt, oatmeal, atau bahkan kopi.

2. Kacang kenari

Kacang kenari secara khusus telah terbukti membantu melawan penyakit jantung dan dapat meningkatkan kadar gula darah, semua berkat kandungan lemak tak jenuh ganda yang tinggi pada kenari.

3. Oatmeal

Biji-bijian utuh, seperti gandum, baik untuk gula darah (serat membantu meminimalkan lonjakan) dan sebenarnya dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Oat mengandung serat dalam bentuk beta-glukan, ini merupakan serat larut yang menyebabkan gandum mengembang dalam bentuk cair.

4. Produk susu

Selain menyediakan kalsium dan vitamin D untuk kesehatan tulang, makanan olahan susu merupakan sumber protein yang sangat baik untuk mencegah rasa lapar.

Susu, keju, dan yogurt telah terbukti membantu menstabilkan kadar gula darah.

Mengonsumsi banyak produk susu ini dapat mengurangi risiko diabetes.

5. Kacang

Kacang sarat dengan serat dan protein untuk membuat rasa kenyang.

Kacang juga merupakan sumber karbohidrat, dengan sekitar 20 gram karbohidrat per porsi setengah cangkir.

Sebuah penelitian di Kanada menunjukkan bahwa orang yang menambahkan secangkir atau lebih kacang ke dalam makanan setiap hari, memiliki kontrol yang lebih baik terhadap gula darah dan menurunkan tekanan darah mereka.

6. Brokoli

Brokoli dan makanan silangan lainnya, seperti kangkung, kembang kol, dan kubis Brussel, semuanya mengandung senyawa yang disebut sulforaphane.

Senyawa anti inflamasi ini membantu mengontrol gula darah dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang berhubungan dengan diabetes.

7. Quinoa

Mungkin kita masih asing dengan biji-bijian ini.

Quinoa kaya protein dan sangat cocok untuk menggantikan pasta putih atau nasi putih.

Ini mengandung 3 gram serat dan 4 gram protein per 1/2 cangkir porsi quinoa yang dimasak.

Quinoa dicerna dengan lambat, yang membuat kamu kenyang dan menghentikan peningkatan gula darah.

8. Bayam

Bayam adalah salah satu sumber magnesium terbaik, yang membantu tubuh menggunakan insulin untuk menyerap gula dalam darah dan mengelolanya dengan lebih efisien.

Daun hijau ini juga kaya vitamin K dan folat, di antara nutrisi penting lainnya.

9. Minyak zaitun

Tidak perlu takut lemak dari minyak zaitun.

Meskipun lemak memiliki lebih banyak kalori daripada karbohidrat, lemak juga membantu tetap kenyang, meminimalkan lonjakan gula darah, dan memungkinkan tubuh menyerap nutrisi utama, seperti vitamin A dan E.


10. Salmon

Salmon tidak hanya tinggi protein, tetapi juga kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat membantu kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol.

Jenis ikan berlemak lain yang mengandung asam lemak omega-3, seperti tuna, mackerel, dan sarden, juga dapat memberikan efek perlindungan ini.

Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Sumber : https://www.grid.id/read/042635604/kabar-bahagia-untuk-penderita-diabetes-ini-10-makanan-yang-aman-dikonsumsi-dijamin-tidak-sebabkan-komplikasi?page=all


Read previous post:
Formasi CPNS 2021 dan PPPK Inilah Rinciannya
Pendaftaran CPNS 2021

Close