Salah satu keunggulan makanan khas Sunda adalah cita rasanya yang bisa diterima oleh semua lidah orang Indonesia. Sayangnya, ada beberapa makanan khas Sunda yang terancam punah karena semakin sulit ditemukan.

Berikut ini adalah makanan khas sunda yang legendaris diantaranya adalah:

  1. Geco
    geco

Jika SobatPhi datang ke daerah Cirebon ataupun Cianjur, biasanya tauco selalu disajikan dalam bentuk botolan untuk teman makan seperti layaknya sambal. Nah, geco merupakan singkatan dari toge dan tauco. Geco adalah toge goreng yang dilumuri dengan bumbu tauco.

  1. Bapatong
    bapatong

Makanan khas Sunda memang sering disingkat. Salah satunya bapatong, yaitu bakso ketupat gentong. Untuk bisa menikmati kuliner yang satu ini, SobatPhi bisa datang ke Jalan Surya Kencana, Bogor. Bapatong disajikan dengan potongan ketupat yang dipotong seperti dadu serta potongan iga sapi yang nikmat ditambah dengan kaldu sapi, tahu, bakso, dan mie kuning. Membayangkannya saja bikin ngiler, ya!



  1. Cungkring
    Cungkring

Bisa jadi Warga Bogor sendiri kurang mengenal kuliner yang satu ini. Cungkring merupakan salah satu olahan dari daging sapi yang cocok untuk dinikmati pada saat pagi hari maupun pada saat sore hari. Cungkring menggunakan bahan dasar kulit bagian kaki sapi namun tidak ditusuk seperti sate. Melainkan disajikan dengan kuah bumbu kacang potongan keripik tempe dan juga cabai serta ditambahkan dengan potongan lontong.

  1. Kadedemes
    kadedemes

Kadedemes adalah olahan tumis kulit singkong. Iya, kulitnya! Sesuai dengan namanya kadedemes yang berarti sayang untuk dibuang. Artinya kulit singkong pun masih bisa diolah menjadi makanan yang nikmat dan lezat tanpa harus menjadi limbah yang dibuang begitu saja.

  1. Galendo
    galendo

Beralih ke daerah Ciamis, terdapat salah satu oleh-oleh populer yang menggunakan bahan utama kelapa, yaitu galendo. Harga galendo rata-rata lebih dari Rp50.000 per kg lebih mahal dibandingkan dengan minyak kelapanya sendiri. Galendo ternyata berasal dari residu pembuatan minyak kelapa. Cita rasa Galendo manis dan gurih yang menjadi salah satu kudapan istimewa dari kota Ciamis.

Makanan Khas Sunda yang Legendaris berikut tadi ada yang sudah pernah dengar belum sobat phi? yuk cobain sobat phi.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Merdeka Belajar Ala Nadiem Makarim
Merdeka Belajar Ala Nadiem Makarim

Kompetisi Global Youth Summit Melbourne 2020 di Raih oleh Pelajar SMP Malang
Kompetisi Global Youth Summit Melbourne 2020 di Raih oleh Pelajar SMP Malang

Joaquin Phoenix Joker Meraih Oscar 2020 Sebagai Aktor Terbaik

Close